shiigateAvatar border
TS
shiigate
:: TEMPE BONGKREK :: Tempe Berbahan Dasar Ampas Kelapa
Please No Junk No Spam
Baca Dulu Sebelum Berkomentar
Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca Trit Ini



emoticon-Rate 5 StarTerima Kasihemoticon-Rate 5 Star


Spoiler for No Repost:


Apa Itu Tempe Bongkrek?

Spoiler for Tempe Bongkrek 1:


Tempe bongkrek dibuat dari ampas kelapa, yang diperoleh dari sisa pembuatan minyak kelapa, sisa pembuatan dodol, atau bungkil kelapa dari pabrik. Cara pembuatan tempe bongkrek sederhana, yaitu ampas kelapa atau bungkil kelapa direndam semalam, setelah itu dicuci, diperas airnya, dan dikukus selama kurang lebih 1 jam.
Selesai dikukus ampas kelapa dicampur dengan tempe yang mengandung kapang tempe atau kapang bongkrek : Rhizopus oligosporus atau Rhizopus oryzae. Campuran ini kemudian dibungkus dengan daun pisang atau dihamparkan diatas nyiru yang ditutup dengan daun pisang. Setelah dibiarkan 2 hari, ampas kelapa akan ditumbuhi kapang tempe.

Spoiler for Tempe Bongkrek 2:


Selama proses fermentasi tempe ampas kelapa, diperkirakan banyak jenis bakteri yang tumbuh dan terlibat dalam proses fermentasi tempe ampas kelapa diantaranya adalah bakteri asam laktat dan beberapa ragi. Masih sangat terbatas penelitian mengenai mikroflora dalam tempe ampas kelapa. Namun demikian bakteri yang penting untuk dibahas disini khususnya yang tumbuh pada tempe ampas kelapa dan mampu membentuk racun yang membahayakan kesehatan manusia. Meskipun wabah keracunan tempe ampas kelapa sudah dikenal sejak 1895 tetapi penelitian penyebabnya baru dimulai tahun 1930-an.

Spoiler for Tempe Bongkrek:


Keracunan Tempe Bongkrek

Tempe bongkrek mematikan karena ter-kontaminasi oleh sejenis bakteri gram negatif yang tumbuh lebih cepat daripada kapang bongkrek. Bakteri yang mengeluarkan racun itu adalah Pseudomonas cocovenenans (cocovenenans artinya racun dari kelapa). Bakteri tersebut bekerja antagonistis tehadap kapang tempe, karena itu bila kapangnya tidak tumbuh dengan baik, kemungkinan besar ampas kelapa mengandung racun.
Pada udara yang sangat lembab akan lebih menguntungkan pertumbuhan bakteri ampas kelapa, sedang sebaliknya udara kering menguntungkan bagi pertumbuhan kapang. Yang pertama kali mempelajari penyebab keracunan tempe bongkrek adalah Mertens dan van Veen dari Institut Eijkman.

Spoiler for Pseudomonas cocovenenans:


Bakteri bongkrek hanya dapat tumbuh pada tempe bongkrek dan membentuk racun jika bahan dasar tempe adalah kelapa parut, ampas kelapa atau bungkil kelapa, sedangkan tempe dari kedelai atau oncom dari bungkil kacang tanah tidak beracun walaupun ditulari bakteri itu.
Namun bungkil kacang tanah yang belum diberi ragi oncom, bisa beracun jika ditulari bakteri itu. Tempe bongkrek yang dibuat dari bungkil kelapa pabrik jarang ditumbuhi bakteri mematikan itu karena kadar lemaknya rendah. Tempe bongkrek yang terbuat dari kelapa parut dan ampas kelapa sisa perasan penduduk sendiri sering ditumbuhi bakteri itu karena masih mengandung banyak lemak.

Spoiler for Ampas Kelapa:


Orang yang termakan racun ini bisa mabuk bahkan banyak yang tewas. Kematian 34 orang warga Kecamatan Lumbir, Banyumas, Propinsi Jawa Tengah, akibat keracunan tempe bongkrek tahun 1988 menjadi cerita kelam yang terus terkenang. Sejak peristiwa itu, banyak papan larangan memproduksi, mengonsumsi, dan menjual tempe bongkrek terpasang di berbagai pasar.



Spoiler for Kasus Keracunan Tempe Bongkrek:


Atas alasan pengendalian keamanan, pembuatan tempe bongkrek sekarang dilarang di Indonesia, meskipun di beberapa tempat di Jawa orang masih membuatnya secara sembunyi-sembunyi. Kasus kematian karena asam bongkrek ini setiap tahun masih terus dilaporkan.

Mungkinkah tempe bongkrek akan beredar kembali dipasaran, mungkinkah ada dugaan nantinya para produsen tempe bahan baku kedelai akan beralih menjadi bahan baku ampas kelapa karena mahalnya harga kedelai, kemungkinan ini bisa saja terjadi bila pemerintah tidak segera mengambil langkah bijak untuk mengatasi mahalnya harga kedelai dipasaran, sehingga bahaya laten tempe bongkrek tidak terulang kembali yang dikuatirkan akan menimbulkan banyak korban jiwa akibat keracunan tempe bongkrek

Spoiler for Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Tempe Bongkrek ::


Kalo ada sodara, tetangga, atau keluarga agan dan sista yang terkena racun tempe bongkrek, ini ada ramuan herbalnya gan:
Spoiler for ramuan obat herbal keracunan tempe bongkrek ::


Oyaa gan, di film Sang Penari malah ada cerita mengenai keracunan tempe bongkrek yang menjadi pembuka film ini. Kasus tempe bongkrek yang terjadi di Dukuh Paruk membuat Srintil merasa bertanggung jawab untuk menebus aib keluarganya saat dewasa dengan menjadi ronggeng. emoticon-Matabelo

Spoiler for Sang Penari:


Spoiler for Sang Penari (ups...):


Spoiler for Sumber:



emoticon-Blue Guy Cendol (L):: Ane masih nubie nih, kalo threadnya berkenan, bagi cendolnya dong gan :: emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Yang silent rider ngasih komeng dong emoticon-Sorry
Diubah oleh shiigate 19-06-2013 10:02
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
38.5K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan