gakbolehcutiAvatar border
TS
gakbolehcuti
5 Pelajaran untuk Menemukan Kembali Jalur Karir Agan


Adit datang ke Jakarta dengan mimpi untuk bekerja di dunia teknologi. Ia sudah belajar coding, tapi perkembangan dunia teknologi yang cepat bikin pekerjaannya menjadi melelahkan dan bikin frustasi. "Kalau harus terus belajar otodidak biar gak ketinggalan perkembangan teknologi, surem bangeeet" pikirnya. Maka ia mencari tempat untuk belajar agar bisa mengubah lajur karirnya dan mempelajari digital skill untuk bisa mendapatkan masa depan yang lebih cerah.

Untuk orang seperti Adit yang pekerjaannya bisa berubah dengan cepat sering berjalannya waktu, belajar kemampuan digital menjadi bagian besar untuk masa depannya Gan. Nyatanya, studi yang dilakukan oleh Capital One and Burning Glass Technologies pada tahun 2015 menyatakan bahwa sekitar 78% dari pekerjaan kelas menengah di angkatan kerja sekarang ini gak membutuhkan gelar sarjana, tapi digital skill.

Teknologi berkembang dengan cepat dalam pekerjaan kita dan jenis pilihan karir yang tersedia juga semakin berkembang, Hal ini menginspirasi banyak orang untuk memikirkan ulang jalan yang mau dipilih dan menginvestasikan masa depan mereka dengan mempelajari keterampilan-keterampilan baru yang bisa membantu mereka tetap kompetitif dalam bursa kerja saat ini.

Ada 5 langkah bisa Agan bisa membangun karir yang cerah di era digital saat ini.

1. Tetaplah Penasaran



Kalau Agan suka bongkar-bongkar barang waktu kecil, nah rasa penasaran kayak gitu yang harus terus dipertahankan dan dikembangkan. Misalnya Agan suka membongkar komputer dan mencoba memahami cara kerjanya. Rasa penasaran bisa menuntun Agan menemukan hal-hal baru dan mungkin karir baru yang lebih menarik di masa depan. Saat Agan sudah menemukan apa yang suka Agan lakukan, Agan bisa menyelami lebih dalam mengenai bagaimana menjalani karir itu, dan bisa menemukan langkah yang menarik untuk mencapai mimpi Agan.

2. Berinvestasi di Digital Skill



Apakah Agan terinspirasi untul membuat aplikasi yang keren? Atau pernah bermimpi untuk memiliki start up sendiri? Kalau iya, Agan sebaiknya belajar coding, atau ikutan seminar mengenai sosial media untuk bisnis. Menginvestasikan masa depan Agan adalah dengan beradaptasi dengan dunia digital masa sekarang ini Gan. Dunia digital itu makin kompleks dan banyak banget hal baru yang bisa Agan pelajari. Berinvestasi untuk menambah ilmu Agan dalam dunia digital gak ada ruginya Gan, malah akan sangat bermanfaat banget di masa depan. Agan bisa ikutan seminar, atau kelas untuk belajar digital skill.

3. Beradaptasi dengan Cepat



Menjadi ahli dalam teknologi dan memahami sistem teknologi gak hanya bisa bikin Agan lancar saat menghadapi innterview pekerhaan, tapi bahkan Agan jadi berkesempatan untuk jadi pemimpin dalam tim. Kalau Agan beradaptasi dengan cepat dan belajar hal-hal baru dibandingkan yang lain, maka Agan bisa memimpin tim.

4. Berpikir seperti Entrepreneur



Seorang entrepreneur haruslah kreatif dalam memcahkan masalah dan berpikir untuk mencari solusi-solusi yang mungkin gak terpikir orang lain. Berpikir seperti seorang entrepreneur juga berarti jalan Agan menuju kesuksesan semuanya bergantung pada diri Agan sendiri, terlepas Agan memiliki bisnis sendiri atau gak. Meskipun Agan gak punya bisnis sendiri (kerja sama orang lain), memposisikan diri Agan seperti seorang entrepreneur tetap menjadi hal bagus Gan. Fokus pada pemecahan masalah, belajar jualan, atau mengatur keuangan bisa meningkatkan karir Agan juga loh.

5: Fleksibel



Fleksibel terhadap tantangan yang mungkin Agan temui menjadi hal penting dalam membangun karir Agan. Kadang Agan harus melihat tantangan yang ada dengan perspektif yang berbeda. Alihkan fokus agan pada hal-hal yang bisa memacu Agan lebih baik dan jalan terus Gan!

Jadi, udah siap menghadapi jalur karir yang baru? Gak ada waktu yang lebih tepat selain sekarang juga. Dengan kerja keras dan cara berpikir kreatif, Agan bisa loh! Semangat!

sumur
0
13.2K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan