Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anamerrryAvatar border
TS
anamerrry
Penyebab turunnya trombosit darah
Trombositmerupakan satu bagian dari komponen darah manusia. Didalamnya terkandung senyawa dan butiran yang berfungsi untuk membekukan darah saat terjadi cedera. Setiap 10 hari sekali akan beregenerasi dan diganti dengan sel yang baru. Dan trombosit rendah bisa disebabkan oleh leukimia atau obat tertentu yang mengakibatkan kekebalan tubuh menjadi terganggu.

Dalam keadaan normal, jumlah trombosit normal adalah 150.000 sampai 450.000 trombosit untuk setiap mikro liter darah. Dengan demikian jumlah trombosit turun yang sampai tergolong rendah jika kadarnya kurang dari 150.000 trombosit per mikro liter darah. (Sumber mediskus.com)
Adapun beberapa penyebablain trombosit menurun, karena :
Produksi trombosit menurun
Bisa disebabkan oleh anemia dan leukimia yang mempengaruhi sumsum tulang belakang. Selain itu infeksi HIV, alkohol, kemoterapi dan bahan kimia juga dapat mempengaruhi sumsum tulang belakang.
Akibat limpa
Limpa berfungsi untuk menyaring darah dan melawan infeksi, saat limpa membesar hal tersebut menandakan bahwa ia terjebak dan ada trombosit didalamnya.
Rusaknya trombosit abnormal
Kehamilan dan ITP dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan trombosit. Selain itu penyakit autoimun, rheumatoid arthritis, lupus, infeksi virus DBD dapat menyebabkan trombosit turun.
GEJALA :

  • Mudah atau memar yang berlebihan (purpura)
    Perdarahan superficial ke dalam kulit yang muncul sebagai ruam bintik merah keunguan seukuran peniti (petechiae), biasanya pada kaki bagian bawah
    Pendarahan luka yang berkepanjangan
    Pendarahan dari gusi atau hidung
    Darah dalam urin atau tinja
    Arus menstruasi yang luar biasa banyak
    Kelelahan
    Limpa membesar
    Penyakit kuning
Apabila trombosit turun, maka dianjurkan untuk melakukan: mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih hangat, istirahat cukup, konsumsi vitamin B12, asam folat, omega 3, vitamin, mineral, hindari akfititas penyebab pendarahan dan obat tertentu.
Buah delima Buah delima mengandung zat besi yang tinggi, zat besi mampu membantu meningkatkan kadar trombosit dalam dara dan sel darah merah.Tidak hanya itu, buah delim juga kaya mineral dan vitamin yang bisa melawan serta sebagai ketahanan terhadap invasi patogen asing. Kondisi tersebut dapat memecahkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan kekurangan kadar trombosit darah.


Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat, salam sehat~
0
2K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan