karikai04Avatar border
TS
karikai04
LPAI: Afi Harus Dibina agar Tak Bunuh Diri seperti Amanda Todd
Quote:

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Afi Nihaya Faradisa kembali membuat kehebohan di media sosial. Setelah mendapat pujian dari berbagai pihak lantaran tulisannya yang dianggap menumbuhkan semangat nasionalisme dan persaudaraan, kini remaja itu harus menerima kenyataan pahit yang membuatnya depresi.

Hal itu setelah diketahui bahwa tulisannya tersebut adalah hasil plagiarisme. Ia pun melampiaskan perasaan yang dialaminya melalui sebuah video yang menjadi kontroversial.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia Reza Indragiri Amriel mengatakan bahwa masyarakat saat ini sudah terlanjur mencap Afi sebagai seorang plagiator.

“Baik tulisannya maupun melalui rekaman video,” kata Reza kepada Kriminalitas.com, Selasa (11/7/2017).

Menurut dia, dalam sebuah studi dikatakan bahwa sebutan yang masyarakat berikan terhadap Afi itu ternyata memiliki akar pada kepribadiannya.

Namun, Reza tak mau menjelaskan apa nama dari kondisi kepribadian tersebut. Dia menyatakan tak mau menambah stigma terhadap Afi.

“Saya tidak akan sebut nama kondisi kepribadian tersebut karena berisiko menambah stigma bagi Afi,” tuturnya.

Yang terpenting, kata dia, Afi dapat kembali seperti sedia kala, remaja itu perlu dilakukan pembimbingan.

“Afi perlu diperkuat kepercayaan dirinya, kepedulian pada sesama, daya tahannya dalam berproses, serta dieksplorasi bakat dan minatnya yang sesungguhnya,” imbuhnya.

Ia pun mengkhawatirkan bila terus dibully dan tidak segera ditangani Afi akan melakukan hal seperti Amanda Todd yang bunuh diri karena tidak tahan dibully.

Pasalnya, tindakan itu sebagai Copycat Suicide atau melakukan bunuh diri yang dilatarbelakangi ingin meniru kasus bunuh diri sebelumnya.

“Itu yang jangan sampai terjadi,” ucapnya yang juga Psikolog Forensik ini.

Untuk itu, dia mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Sosial untuk agar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua Umum LPA Indonesia Seto Mulyadi bisa menemui Afi.

“Beberapa hari lalu saya komunikasi dengan agar Mensos dan Kak Seto bisa menemui Afi. Tapi ada kabar bahwa Afi sudah berusia pasca anak-anak,” tutupnya.

Quote:

haiyaaah resiko pak resiko, resiko dia jadi orang tenar
Dienya sendiri nggak langsung ngaku kalo dia plagiat, setelah kena bully bejibun2 baru ngaku, kenapa ndak gentle aja ngaku tinggal isi sumber aja kok repot,
menurut ane, ini anak kayanya kurang perhatian deh, dia pengen banget diakui and diperhatiin orang, bikin kontroversi sana sini,
ane nnton vidionya die bukannya malah simpati malah jadi eneg, yang ane heranin ini anak orang tuanya kemana yah emang ndak bisa si Afinya diajak ngobrol biar ndak ngulang kelakuannye mulu, didampingin, soalya mw dia berlaku baik pun stereotype doi plagiat uda nempel, ya jadi yang tambah dibully,
tunjukkan lah dengan prestasi, dia msih muda punya waktu banyak, tuh ampe bikin video baru, kenapa ndak dipake wktunya buat hal lebih bermanfaat, emoticon-Cape d...
0
22.6K
216
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan