Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

track.kaskus107Avatar border
TS
track.kaskus107
Track Kaskus Reg Bogor ngaprak ke Desa Wisata Ciasmara


Hola, warga Kaskus. Gimana kabarnya? Mudah-mudahan tetep diberi kesehatan ya di cuaca yang menggalau kayak gini. Eit, biarpun cuacanya kadang ujan kadang nggak kayak sekarang, anak Trac[K] tetep capcus ke acara open tripnya di tanggal 12 Februari 2017 kemaren lho. Di tanggal tersebut, kami berangkat menuju Desa Wisata Ciasmara, Pamijahan, Bogor yang terkenal dengan obyek wisata air panas dan beberapa curugnya. Pengen tahu keseruan acara ngaprak kemaren? Yuk simak FR-nya di bawah..

Di hari keberangkatan, hujan gerimis sudah turun dari Subuh, sehingga beberapa peserta ada yang tidak jadi ikut. Dari belasan peserta tersisalah 10 orang yang rela menerjang hujan untuk pergi ke TKP. Kebanyakan peserta yang hadir ternyata merupakan peserta yang ikut trip dengan komunitas Trac[K] untuk pertama kalinya. Wih salut deh buat agan sista yang tetep meluncur di kondisi cuaca yang labil ini.

Sekitar pukul setengah 8, kami semua memulai perjalanan kami dari mepo pertama Stasiun Bogor. Kami mengambil rute Stasiun Bogor – Sindang Barang – Bubulak – Dramaga – Cemplang – Pamijahan – Ciasmara. Sempat mampir sejenak ke pom bensin dan minimarket di Sindang Barang untuk membeli perbekalan. Lalu lanjut sampai IPB Dramaga untuk menunggu dua peserta lagi (om Danny and his Son). Selepas dari IPB ini ternyata cuaca mulai mendukung alias ga ujan, jalanan juga ga ada kemacetan yang berarti, namun itu tak berlangsung lama karena sesampainya kami di pertigaan Cemplang (pertigaan setelah Cibatok), ujan mulai turun lagi.

Dari Cemplang ini kami mulai masuk jalur perkampungan, untungnya kondisi jalanan 99% mulus karena beberapa jalan terlihat baru diaspal atau baru dicor. Sampai kemudian kami sampai di plang Selamat Datang di Desa Ciasmara, dari sini pemandangan persawahan nan indah mulai terlihat. Btw, setelah sampai di Desa Ciasmara, untuk menuju Desa Wisatanya harus belok kiri di jalan sebelum Indomaret ya. So, kalo kalian udah ngelewatin Indomaret, berarti jalannya itu udah kelewat. Soalnya ga ada papan penunjuk jalan jadinya kudu hati-hati, rombongan Trac[K] aja kemaren kelewatan, padahal udah pernah ke sini sebelumnya. Hihi..

Nah, sehabis masuk jalan kecil itu, baru ada plang Desa Wisata Ciasmara ke arah kanan. Mulai dari sinilah jalanan berubah menjadi jalur bebatuan meskipun ada beberapa jalan yang udah dicor juga. Kami pun terus mengikuti jalan ini sampai ketemu cabang kami belok kanan lagi, siksaan pun belum berakhir, jalur yang dilalui makin menanjak tapi untung kami disuguhi pemandangan yang keren di kanan kiri. Di pertengahan jalan juga, kami sempat melihat ada curug tinggi dari kejauhan. Makin semangat jalan nih, terus saja kami pacu kendaraan hingga jalanan menyempit sampe hanya cukup satu motor dan ketemulah plang Air Panas yang berarti kami sudah sampai di Desa Wisata Ciasmara.

Di kawasan Air Panas Karang Endah ini ternyata ada beberapa pondokan atau bale-balenya lho. Kami pun memarkir kendaraan di sekitar bale-bale itu, dan disambut oleh si Abah selaku pengurus di sana. Kami juga dipersilakan masuk dan beristirahat dahulu di bale-balenya. Karena kami berangkat dari pagi dan belum sempat sarapan, kami pun memesan mie rebus ke warung satu-satunya yang berada di situ. Sambil menunggu mie rebus matang, kami mulai berkenalan satu sama lain dan saling sharing tempat wisata yang pernah didatangi. Terus juga kami sempat mendengarkan si Abah bercerita tentang daerahnya. Kata si abah, ternyata dari Ciasmara ini bisa tembus ke Cikidang Sukabumi lho! Malah bisa sampai ke PT Chevron juga yang terkenal dengan Curug Sentralnya. Kami juga mulai bertanya ke si Abah soal tempat wisata yang ada di sekitar sini, kata si Abah mah ada Curug Saderi, Curug Cimanglid, Curug Cijambe, Cikawah, Cireundeu, dll. Ada banyak, tapi berhubung hujan, si Abah ga ngijinin rombongan kami ke Curug Cijambe atau Cikawah karena perjalanan cukup jauh dan jalurnya lumayan ekstrim. Jadi dia hanya mengijinkan kami pergi ke Cipanas Karang, Curug Cimanglid, dan Curug Saderi.

Mie rebus pun sudah jadi, kami segera menyerbu masakan itu. Eh, pas banget selesai makan, hujan berhenti. So, saatnya eksplor wisata alamnya. Dari bale-bale tadi kami mulai menyusuri jalan setapak yang mulai blusukan diantara pepohonan rindang. Sekitar 10 menit berjalan penampakan Curug Cimanglid pun mulai terlihat. Meski aliran curugnya kecil, tapi lumayan tinggi juga lho, mungkin sekitar 30 meteran. Lanjut jalan, kami pun sampai di sebuah aliran sungai yang di seberangnya terdapat sebuah batu karang berwarna cokelat kemerahan yang mengeluarkan asap. Ternyata inilah yang disebut Cipanas Karang. Untuk menuju batu tersebut, kami harus menyeberang sungai kecil dan memanjat batunya. Dari atas batu ini terdapat genangan kecil yang terbentuk dari air panas yang keluar dari dalam batu tersebut. Keren sekali! Cuma hati-hati ya, airnya panas banget, jadi jangan nyelupin kaki atau tangan kalian deh kalo ga mau melepuh *lebay* hehehe.

Puas mengeksplor Cipanas Karang, kami turun lagi untuk menuju Curug Cimanglid yang terlihat tadi. Pas banget kami sampai di Curug, ujan turun lagi. Untungnya udah pada pake setelan siap basah-basahan jadi tetep have fun di TKP. Dan karena aliran airnya ga gitu gede, kami pun ga khawatir ada air bah yang tiba-tiba muncul. Wuhuu, ternyata Curug Cimanglid memang lebih keren diliat dari deket bray. Soalnya di pinggiran curug itu juga terlihat tebing nan kokoh yang cocok bingit buat obyek foto. Belum lagi aliran airnya yang super seger dan sangat pas buat maen air. Ajib bener lah! Tak terasa waktu Zuhur pun tiba, kami memutuskan untuk kembali ke bale-bale dulu untuk istirahat, sholat, dan makan siang sebelum melanjutkan ke destinasi terakhir Curug Saderi.

Sampai di bale-bale, si ibu warung yang sebelumnya kami minta untuk masakin buat rombongan kami pun mulai mengeluarkan hasil masakannya. Masakannya sih sederhana, cuma nasi, ikan mas goreng, tumis kangkung, sambal goreng, dan lalaban. Tapi tahukah kalian, semua bahan masakannya itu baru diambil atau dipetik barusan alias masih fresh gitu lho. Ajib-ajib-ajiiib... Beres makan, beberapa peserta ada yang mandi, ganti baju, dan sholat.. Tadinya setelah ini kami mau langsung meluncur ke Curug Saderi, ternyata hujan malah turun. Jadinya lanjutin istirahatnya dulu deh.

Baru sekitar jam 3, ujan udah reda. Tapi ternyata kebanyakan peserta pada mager, jadinya yang lanjut ke Curug Saderi cuma 3 orang aja. Haha.. Btw, Curug Saderi ini udah dikelola oleh warga, ada htmnya. Berapa? Only 2rb sajah per orang. Ahay. Makanya jalur ke Curug ini lebih jelas dan terawat. Malah di deket parkiran ada kolam yang sengaja dibendung dari aliran sungai untuk berenang yang dalemnya sekitar 1,5 m aja. Dari kolam ini, tinggal menyusuri jalan sepanjang sungainya selama 15 menitan untuk sampai ke Curug Saderi. Ternyata Curug ini jatuhan airnya lebih besar euy. Jadinya kalo ngedeketin pasti kena tampias atau saweran airnya. Mana lebih dingin pula airnya. Mantap pisan lah tempatnya. Sepertinya juga masih jarang yang ke sini karena beberapa jalur ada yang mulai ketutupan ilalang, terus di batu-batunya masih banyak yang licin karena lumut. Dan yang pasti masih bersih. So, buat yang ke sini jangan sampe nyampah ya!

Beres eksplor curug terakhir, balik lagi ke check point awal, dan rombongan kami pun bersiap untuk pulang. Setelah semua siap, kami pun berpamitan kepada si Abah selaku pengurus desa wisata sambil memberikan sedikit uang terima kasih. Nuhun pisan nya, Bah. Mudah-mudahan nanti rombongan Trac[K] bisa ke sana lagi buat eksplor curug yang belum sempet dikunjungi (wishlist Curug Cijambe dan Cikawah). Oh iya, terima kasih juga buat para peserta yang rela berbasah-basahan dari berangkat sampai pulang. Kalian luar biasaaa... Mohon maaf jikalau selama trip masih banyak kekurangan ya. See u on next trip, dan... Kapan Kita Kemana?


Sponsored by: xcamus03


Kunjungi Basecamp kami: https://www.kaskus.co.id/thread/5404...egional-bogor/
Diubah oleh track.kaskus107 14-02-2017 10:41
anp50
adhiet6
adhiet6 dan anp50 memberi reputasi
2
22.1K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan