Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

capoboyAvatar border
TS
capoboy
Mengapa Steel String Jangan Dipasang di Gitar Nylon?
Mengapa Steel String Jangan Dipasang di Gitar Nylon?

Boleh nggak sih pasang steel string pada gitar nylon?

Bracing (rangka) di balik top gitar (bagian atas gitar, yang ada lubangnya) untuk gitar nylon dan gitar steel string berbeda. Bracing di gitar steel string banyak bentuk X, bisa dilihat sendiri pada gitarnya, bentuk lebih kuat karena tension steel string lebih besar.

Gitar nylon banyak yg bentuk rangkanya fan brace, lebih lemah, namun suara lebih ulem/empuk. Takutnya kalau dipasang steel string di gitar nylon, menyebabkan soundboard rusak karena tension yang berlebihan. Mungkin kalau jangka pendek tidak terlalu terlihat, tapi kayu di dalam rusak perlahan-lahan karena ditarik tension yang berlebihan. Bayangkan saja, dibuat untuk ditarik senar nylon, sekarang ditarikkan senar besi...

Analogi cerita:
Bayangkan triplek 1 lembar tebal 5mm tujuan untuk menahan berat beberapa orang, lalu diberi mobil di atasnya, mungkin kalau 5 menit tidak terlihat/agak melengkung, namun lama-lama setelah tidak dapat menahan lengkungan, akan patah triplek tersebut. Sama seperti soundboard/top gitarnya.

Jarak antar senar pada kedua jenis gitar pun berbeda, karena konstruksi ukuran diameter senar yang berbeda maupun ukuran fingerboard yang berbeda.

Sooo, kesimpulannya
Lebih baik tidak memasang steel string pada gitar nylon/klasik karena selain suara steel string nggak bisa maksimal keluar di gitar nylon, tension steel string dapat menyebabkan kerusakan parah pada struktur gitar nylon.

Sumber: pengalaman pribadi gan, kerja di DMP Musik Surabaya. Cekidot!
0
25K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan