roberthwAvatar border
TS
roberthw
Kontroversi Film Dokumenter "Kau Adalah Aku yang Lain" yang Dituding Menyerang Islam


Film pendek berjudul 'Kau Adalah Aku yang Lain' karya sineas asal Semarang, Anto Galon berhasil menjuarai ajang tahunan Police Movie Festival ke-4 yang digelar oleh Polri. Saat di-posting pada akun Facebook Divisi Humas Polri sejak 24 Juni lalu, video berdurasi 6 menit 55 detik itu menuai pro kontra. Banyak yang menilai film tersebut menyudutkan umat Islam yang digambarkan anti toleransi.

Dalam satu adegan digambarkan perdebatan antara seorang polisi dan beberapa anggota jamaah pengajian yang menjaga jalan. Ambulans tak bisa lewat karena ada acara pengajian. Padahal, ambulans tersebut sedang membawa pasien kritis yang kebetulan beragama Nasrani.

Polisi meminta diberi jalan karena ini menyangkut nyawa orang. ”Seharusnya polisi menjaga warga yang sedang beribadah. Jangan malah mengganggu. Dosa kamu!,” kata sang anggota jamaah yang disapa "Mbah". ”Pak, saya lebih baik berdosa membantah omongan Bapak daripada saya berdosa membiarkan orang mati di sini,” jawab polisi. Beberapa jamaah lain pun akhirnya mendukung agar ambulans tersebut melintas. Singkat cerita akhirnya ambulans diizinkan melintas dan pasien pun tertolong jiwanya.





Anto Galon sebagai pembuat film mengaku mendapatkan inspirasi saat ia melintasi jalan yang ditutup karena gelaran pengajian. "Pernah suatu ketika saya lewat di suatu jalan di Jakarta dan tertutup massa pengajian. Terus saya berpikir kira-kira jika yang lewat ambulans gimana ya?" kata pria bernama asli Sugianto ini kepada GATRAnews, Senin (26/6).

Lewat potongan adegan itu, Anto berupaya menggambarkan pentingnya kemanusiaan dalam hidup bermasyarakat, jauh di atas nilai-nilai lain. "Saya mencoba menggambarkan bahwa Islam itu lembut, Islam itu toleransi, Mbah tokoh dalam film saya itu adalah gambaran sifat dari manusia bahwa di kelompok-kelompok tertentu masih ada orang yang kolot seperti itu," lanjutnya.

Menurut pria yang juga berprofesi sebagai aktor ini ada oknum yang digambarkan sebagai Mbah dalam film tersebut kemudian disadarkan oleh warga yang lain. Di akhir film ini pada akhirnya ambulans dikasih jalan dan tidak ada satupun massa pengajian yang menolak ambulans lewat.

"Bahkan si Mbah akhirnya sadar dan membantu ambulans lewat. Si Mbah adalah contoh Islam yang enggak bener, warga yang lain adalah contoh Islam yang benar menurut saya," jelasnya.

Dalam film yang dibuatnya tahun ini, Anto juga menggandeng Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlah, Tembalang, Kota Semarang, Kyai Budi Harjono. Bahkan sebagian adegan diambil di pondok itu. "Saya sodorkan naskah film, lalu beliau (Kyai Budi) langsung setuju. Bahkan yang memberi judul film ini adalah Kyai Budi," tuturnya.

Sumber: https://www.gatra.com/entertainment/...-menutup-jalan




Ini video filmnya gan, coba silakan ditonton dulu dengan kepala dingin:






Tanggapan Publik (Kontra):
Quote:



Tanggapan Kepolisian:
Quote:



Tanggapan TS (Pribadi):

Ada ironi yang aneh dan janggal menurut ane melihat reaksi pihak yang kontra terhadap film ini. Karena film ini sejatinya bertujuan untuk memberikan pesan tentang toleransi dan kebhinekaan, bahkan inti dari film ini sesungguhnya memberitahu bahwa ummat Islam itu sangat toleran, baik, penuh kasih (hanya ada 1-2 oknum saja yang pikirannya masih belum terbuka). Lalu kenapa film ini sampai bisa menyulut emosi dan menuai hujatan? Masa film yang ingin memberi pesan "toleransi" malah dituding film "anti toleransi"?

Quote:


Quote:


Quote:



TS pribadi berharap agar kita semua dalam menyikapi segala sesuatu selalu objektif, rasional dan berimbang. Jangan terlalu terburu-buru menghakimi atau terpancing emosi hanya karena provokasi 1-2 pihak tanpa menyelidiki kebenarannya secara utuh. Agama hanya diturunkan kepada mahluk berakal, jadi gunakan selalu nalar dan akal sehat. Salam damai emoticon-Smilie

Diubah oleh roberthw 04-07-2017 02:46
0
27.8K
304
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan