Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

casensitiveAvatar border
TS
casensitive
[Field Report] Review Newbie Awam Moto E3 Power
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

emoticon-Salaman


Halo agan dan sista semua. Kali ini ane mau sedikit reviewMoto E³ Power yang diluncurkan secara resmi pada hari Rabu (26 Oktober 2016) yang lalu di Empirica, Sudirman Central Business District atau yang biasa kita sebut SCBD. Perhelatan “hellomoto moto e³ POWER The Power for Being Different” yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut bisa ane bilang ‘kaya gizi’ akan product knowledge dari smartphone yang akan kita bahas kali ini: Moto E³ Power. Kebetulan ane mendapat kesempatan untuk hands on produknya secara langsung. Senengnya adalah kita bisa grepe-grepe secara legal Moto E³ Power sebelum produk ini resmi dijual di http://www.lazada.co.id/moto-e3-powe...-10767472.html 27 Oktober 2016 (satu hari setelah tanggal launching), jadi mudah-mudahan review ane bisa buat pertimbangan agan dan sista sebelum memutuskan untuk membelinya.

Oh ya, jika agan dan sista membeli Moto E³ Power yang dibanderol Rp1.899.000 ini di Lazada, maka agan sista sekalian berhak memperoleh cashback senilai Rp100.000 lho. Lumayan banget buat di tanggal tua seperti ini. Dan free shipping berlaku sampai dengan 80% cakupan wilayah Lazada. Selain itu agan dan sista bisa memperoleh starter pack XL dengan free paket data sebesar 1GB setiap bulannya selama 1 tahun (khusus pelanggan XL) dan juga voucher dari Nida Rooms. Beuh, banyak banget ya bonusnya. Lebih banyak dari pemberian mantan pacar.

emoticon-Ultah


source: Community SPV




BATERAI DAN FAST CHARGING
Oke, pertama kita mulai dari aspek baterai. Sesuai dengan nama yang disandangnya, Moto E³ Power menjanjikan sebuah “Power in Your Hand” yang salah satu maknanya adalah baterai yang awet. Dipersenjatai dengan 3.8V Lithium Ion (Li-Ion) Polymeter Battery berkapasitas 3500 mAh, smartphone ini bisa bertahan selama seharian jadi agan dan sista nggak perlu back and forthmengisi daya. Smartphone ini mendukung pengisian daya dengan cepat (fast charging) sehingga menjanjikan baterai yang bisa bertahan sampai dengan 5 jam (tentunya dengan pemakaian normal ya gan sis) dengan syarat pengisian daya hanya selama 5 menit. Ya, 5 menit saja agan dan sista sekalian. Lebih cepat daripada si dia ngobrol ngalur ngidul terus end up bilang minta putus. Kalau pengisian daya bisa cepat seperti ini, sepertinya agan dan sista sudah tidak perlu lagi menggunakan Power Bank. Kalau dipakai untuk travelling juga cocok banget sih mengingat kendala yang dihadapi traveller pada umumnya adalah minimnya sarana untuk men-charge baterai gawai yang dibawanya.

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

By the way, kalau di smartphone merk pabrik sebelah bisa meledak, tidak halnya dengan Moto E³ Power ini, dengan catatan kebijakan pengguna perlu diterapkan ya.

Spoiler for Baterai:


PROCESSOR, RAM, MEMORI INTERNAL
Moto E³ Power dipersenjatai dengan Prosesor 64-bit Mediatek 1GHz dengan CPU Quad-Core yang sudah cukup mumpuni dengan RAM 2GB yang pastinya nggak bikin smartphoneber-operating system Android ini mengalami lag. Waktu ane mencoba Moto E³ Power kemarin, terasa banget smooth dan lancar jaya saat antar perpindahan menu.

Memori internal 16GB rasa-rasanya sangat cukup untuk Moto E³ Power, apalagi sifatnya yang expandable dengan adanya slot microSD sampai dengan 32GB untuk menyimpan banyak foto gebetan. Gebet sana gebet sini. Ehhhhhh hehehehe.

KAMERA UTAMA DAN DEPAN
Sebagai bagian dari Millenial Generation, agan dan sista sekalian pasti suka sekali dengan swafoto atau selfie. Jangan khawatir agan dan sista, Moto E³ Power ini didukung dengan kamera utama 8 MP dengan LED Flash ditambah kamera depan 5 MP dengan mode beautification selfie, jadi foto-foto selfie sista sekalian bisa tampak cling.

emoticon-Motret emoticon-Peluk emoticon-Angel emoticon-Kiss emoticon-Peluk emoticon-Angel emoticon-Kiss

Kebetulan ane sudah mencoba kamera Moto E³ Power kemarin (bukan untuk selfie ya), hasilnya cukup memuaskan walau hasil foto tidak sempat ane peroleh dan ane tidak bisa tunjukin ke agan dan sista sekalian karena keterbatasan waktu yang ane miliki. Tapi yang jelas fitur standar seperti HDR dan Panorama bisa digunakan pada smartphone ini.

Oh ya, tentu saja kamera bisa digunakan untuk merekam video sampai dengan 30 frame per second (fps).

FORM FACTOR
Waktu ane menyempatkan diri grepe-grepe, terasa banget gan sis, kalau smartphone atraktif ini nyaman di grip, gak bakal slippery alias “mrucut” atau gampang lolos dari pegangan tangan kita. Hal ini bisa terjadi karena tekstur back yang kesat. Logo “M” khas Motorola juga terpajang gagah di tengah-tengah pada bagian belakang body smartphone besutan Lenovo ini.



Moto E³ Power ini bersifat splash-resistantyang artinya percikan air hujan ringan, tertumpah air mineral dalam kemasan atau tidak masalah, no problem buat produk Lenovo satu ini, asal jangan dibawa berenang sampai ke tempat dalam ya. Kalau agan sista lihat di bagian belakang Moto E³ Power yang kesat, itulah yang dinamakan nano coating water repellent. Cairan yang akan melekat pada body smartphone terasa seperti “menolak”. Seperti air di daun talas gitu deh.

Spoiler for Bagian Belakang:


Spoiler for Bagian Belakang Lagi:


OPERATING SYSTEM/PLATFORM
Dibekali dengan Android 6.0 Marshmallow, rasa-rasanya tidak sulit bagi agan dan sista untuk mengoptimalkan baterai sehingga bisa mengurangi konsumsinya. Sesuai dengan namanya Marshmallow yang putih, empuk, dan manis, di Play Store tersedia banyak sekali aplikasi yang agan dan sista bisa unduh dan install. Segala social media dan ribuan aplikasi termasuk transportasi daring yang biasa agan sista pakai tentunya tersedia di Play Store dan so pasti gratis. Android gitu lho.

Spoiler for Operating System:


TEKNOLOGI JARINGAN DAN KONEKTIVITAS
Moto E³ Power yang mendukung dua slot kartu SIM ini sudah mengusung konektivitas 4G LTE, sehingga agan dan sista bisa menikmati pengalaman streamingdan browsing dengan kecepatan ngebut berkat LTE Cat4 150/50 Mbps yang terbenam di dalamnya. Bluetooth v4.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, A-GPS, dan hotspot juga sudah tersedia kok di smartphone ini. Sensor accelerometer juga piawai banget saat digunakan memainkan game Real Race Asphalt saat ane dan kawan-kawan Kaskuser coba kemarin.

emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games

USER INTERFACE, DISPLAY DAN KENYAMANAN DILIHAT
Smartphone Moto E³ Power ini memiliki layar sentuh 5” High Definition resolusi 720 pixels x 1280 pixels dengan dukungan layar anti gores Corning Gorilla Glass yang digadang-gadang meminimalisir goresan yang meninggalkan cacat. Warna-warna menu khas Android tersaji dengan lembut bahkan di tempat dengan cahaya menyilaukan. Tampak ikon-ikon aplikasi yang ada yaitu Calculator, Calendar, Camera, Chrome, Clock, Contacts, Device Help, Downloads, Drive, File Manager, FM Radio (HOORAY!!emoticon-Angkat Beer ), Gmail, Google, Hangouts, Instagram, LINE, Maps, Messenger, Path, Phone, Photos, Play Movies & TV, Play Music, Play Store, Settings, SHAREit, SIM Toolkit, WhatsApp, YouTube. Kemudian ada 3 games yang terbenam di dalamnya antara lain Real Boxing 2, Real Race Asphalt, dan War Dragon.

emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games emoticon-Games

Spoiler for User Interface I:


Spoiler for User Interface II:


WHAT’S IN THE BOX?



Dalam paket pembelian Moto E³ Power, selain tentunya sebuah unit Moto E³ Power itu sendiri, agan dan sista akan memperoleh Motorola Mobility Limited Warranty for Mobile Phonesalias kartu garansi, manual book, baterai, earphone putih, USB Power Adapter, kabel, bahkan screen protector juga ada di dalamnya jadi agan dan sista nggak perlu capek-capek cari screen protector ke toko sebelah. Tinggal minta penjual untuk memasangkannya atau pasang aja sendiri kalau memang sudah jago.

PROS:
+ Harga affordable alias terjangkau kocek agan dan sista sekalian, nggak nyampai 2 juta sudah bisa bawa pulang gadget ini.
+ Personally sih, ane suka fitur FM Radio karena kebetulan ane suka mendengarkan radio saat terjebak di kemacetan Jakarta. Tinggal colok earphone yang sekaligus berfungsi sebagai antena.

CONS:
- Tidak cukup membeli cuma 1 unit, musti beli lagi buat papa, mama, kakak, adik, suami dari sista, istri dari agan (bagi yang sudah kimpoi emoticon-Kimpoi), pacar, dan kerabat handai taulan sanak saudara. emoticon-Peace emoticon-present





KESIMPULAN
Smartphoneini memang bukan flagship dari Motorola. Ibaratnya sebelum masuk ke pertandingan yang sesungguhnya, Moto E³ Power ini adalah ajang pemanasan sekaligus mengumumkan bahwa Moto is Back. Sudah bisa diprediksi kalau beberapa waktu yang akan datang Motorola pasti akan mengeluarkan produk-produk yang high end. Kita tunggu saja. Anyway, kalau agan dan sista ingin mencari smartphone di level middle dengan harga terjangkau, fitur yang standar untuk penggunaan social media, kamera cukup berkualitas untuk swafoto, konektivitas 4G, dan Android yang baru, Moto E³ Power ini bisa menjadi pilihan agan dan sista. Tabik.

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
Diubah oleh casensitive 28-10-2016 06:41
0
10.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan