omegasoftwareAvatar border
TS
omegasoftware
5 Peluang Usaha Potensial Bagi Bisnis UKM Untuk Pasar Indonesia.
Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang subur serta keanekaragaman budayanya, banyak menyimpan nilai dan potensi bisnis yang menguntungkan. Di tambah terus bertambahnya jumlah pelaku Usaha Kecil dan Menengah atau UKM, peluang bisnis dengan nilai yang potensial tentu akan segera terwujud.

Menariknya, pasar Indonesia kini menjadi salah satu pasar yang potensial, khususnya di wilayah Asia Tenggara dan dunia pada umumnya. Untuk itu, perlu kejelian dan perhatian yang lebih dari para pelaku UKM agar mampu mengambil peluang bisnis yang ada

Untuk itu, mengetahui potensi pasar dan perkembangan trend bisnis terkini mutlak diperlukan bagi pelaku bisnis UKM agar jangan salah dalam menentukan arah dan bidang bisnis yang akan ditekuni.

Seperti 5 bisnis berikut ini yang bisa menjadi referensi bagi bisnis UKM yang ingin masih bingung menentukan jenis usaha yang inign ditekuni sesuai dengan trend dan pasar Indonesia saat ini.


1. Bisnis Kreatif




Di zaman dengan kemajuan teknologi informasi yang canggih seperti saat ini, industri kreatif mendapatkan porsi lebih untuk menjadi industri yang mempunyai nilai bisnis potensial. Industri kerajinan seperti mebel dari kayu, daur ulang bahan limbah, fotografi, jasa desain grafis hingga industri digital seperti penyedia software, program bisnis, software toko dan program restoran. Jika memutuskan untuk menekuni bidang industri kreatif ini, ada baiknya melihat potensi yang ada di sekeliling terlebih dahulu, sumber daya yang ada serta potensi yang dimiliki. Bisa kemampuan secara personal, ketersediaan modal maupun sumber daya penunjang lainnya.


2. Bisnis Kuliner




Bisnis yang relatif kebal terhadap berbagai kondisi perekonomian ini masih menjadi bisnis favorit yang banyak dijalankan oleh pelaku bisnis UKM. Adanya kemudahan dalam sistem bisnis, seperti bisnisn franchise misalnya, semakin membuat bisnis kuliner kian menjamur dimana - mana. Ada beberapa yang menjalankan bisnis dengan pola kemitraan, pembelian lisensi merk hingga bisnis mandiri.


3. Agrobisnis dan Bisnis Hasil Pertanian




Suburnya alam di indonesia menjadi nilai lebih yang sangat potensial dalam menghasilkan aneka jenis hasil bumi dalam bisnis pertanian. Ketersediaan lahan yang cukup serta kemudahan untuk memperoleh aneka jenis bibit sebagai modal awal dalam membangun bisnis berbasis pertanian ini, merupakan faktor utama untuk mencapai kesuksesan. Bisa juga dengan menyediakan produk pertanian organik yang dapat menjadi nilai tambah bagi bisnis tersebut.


4. Bisnis Fashion




Demam bisnis pakaian atau produk fashion yang sedang tren di media sosial bisa menjadi alternatif bagi mereka yang inign mempunyai bisnis mandiri. Kebanyakan para pelaku bisnis UKM melalui tahapan ini sebelum berubah menjadi sebuah usaha yang bisa disebut sebagai bisnis Menengah. Media online masih menjadi alat pemasaran yang efektif bagi bisnis fashion ini. Tidak menutup kemungkinan bisnis lainnya pun juga menggunakan media serupa untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.


5. Bisnis Perikanan




Menjamurnya usaha restoran maupun rumah makan yang berbasis makanan laut yang banyak terdapat di indonesia merupakan peluang yang sangat potensial untuk dikembangkan. Ditambah sebagian besar wilayah Indoenesia yang merupakan negara kepulauan dengan sumber daya perairan yang melimpah, potensi bisnis di sektor perikanan ini sangat potensial untuk mendatangkan keuntungan.


SUMUR
0
2.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan