Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrikfkAvatar border
TS
andrikfk
Tameng Kawat Bukan Tren, Tapi Terpaksa



Jakarta, KompasOtomotif - Pemasangan tameng kawat di kaca bus diklaim bukan sebagai modifikasi atau tren. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi para sopir dan perusahaan otobus (PO) dalam menghadapi aksi pelemparan batu yang sering terjadi di daerah operasionalnya.
Selain untuk perlindungan sopir, pemasangan kawat di kaca bus juga berguna untuk melindungi keselamatan penumpang dan pengendara lain disekitarnya. Karena sudah banyak kasus pelemparan di kaca bus yang berujung pada kecelakaan baik untuk bus itu sendiri atau melibatkan pengguna jalan lainnya.
"Penggunaan tameng itu bukan lagi tren tapi karena terpaksa untuk perlindungan. Kalau dari sisi sopir sebenarnya memasang tameng kawat di kaca tersebut sangat melelahkan, kenapa karena pandangannya terhalang sehingga membutuhkan konsentrasi yang ekstra saat berkendara," ucap A.M. Fikri sebagai pemerhati transportasi bus saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (15/6/2017).Menurut Fikri sampai detik ini aksi pelemparan dari oknum tidak bertanggung jawab masih banyak terjadi, untuk daerahnya bukan hanya di lintas Sumatera saja, tapi di pulau Jawa, dan Bali. Hal ini dinilai sangat merugikan untuk PO bus, karena tidak jarang dalam satu bulan ada yang bisa mengganti kaca depan sampai dua kali akibat pelemparan tersebut.
Sedangkan untuk solosinya, sampai saat ini belum ada kejelasan, karena dari pihak kepolisian pun tidak ada respon meski sudah berkali-kali dilaporkan."Diharapkan ada respon yang serius dari pihak Kemenhub dan kepolisian, karena kejadian-kejadian ini sangat merugikan, baik dari PO bus maupun untuk keselamatan penumpang busnya juga," ucap Fikri.


http://otomotif.kompas.com/read/2017/06/16/082200315/tameng.kawat.bukan.tren.tapi.terpaksa


Ane liat di wilayah pantura jawa timur an. Masih blm liat bus ada tamengnya gt
0
2.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan