yotkcAvatar border
TS
yotkc
Rahasia Pola Bicara Persuasif Tokoh Bisnis dan Presiden


ORIGINAL POST BY YOUNG ON TOP - youngontop.com
-----------------------------------------------------------------------------------

Kenapa ada orang-orang yang lebih didengarkan dan diperhitungkan ketika bicara?

Bahkan ketika bicara tentang sesuatu yang terdengar kurang logis, orang tetap larut dengan ide-ide mereka. Ternyata mereka menggunakan formula dan pola tertentu ketika berbicara.

Pola bicara persuasif ini sering digunakan oleh figur kharismatis dunia mulai dari tokoh bisnis, tokoh spiritual, hingga presiden.

Coba bandingkandua kalimat berikut, dan tentukan mana yang lebih menarik?

Yang pertama:
“Kami membuat smartphone berkualitas tinggi. Produk kami mudah dioperasikan dan desainnya indah. Tertarik untuk membeli?”

Yang kedua:
“Kami selalu menantang diri sendiri agar tidak terjebak dengan produk yang fiturnya itu-itu saja. Kami terus berpikir untuk melalukan sesuatu yang berbeda. Itulah kenapa produk-produk kami didesain dengan indah, dibuat sedemikian rupa agar lebih mudah digunakan oleh pelanggan kami. Produk kami adalah smartphone yang berkualitas tinggi. Tertarik untuk membeli?”

Kalau Agan lebih tertarik dengan kalimat yang kedua, sangat wajar dan Agan termasuk orang pada umumnya.


Mulai Dengan Why
Meskipun kalimat pertama dan kedua memiliki esensi yang sama tapi urutan kerangka komunikasinya berbeda.

Kalau Agan perhatikan di kalimat pertama, komunikasinya dimulai dengan “What”atau apa yang sedang dibicarakan, yaitu smartphone berkualitas tinggi. Lalu diikuti dengan “How” atau bagaimana produk smartphone itu telah dibuat. Kemudian diakhiri dengan pertanyaan untuk memancing Agan merespon.

Sementara di kalimat kedua, komunikasi dilakukan dengan menjelaskan “Why” atau alasannya dulu, yaitu “…menantang diri sendiri agar tidak terjebak dengan produk yang fiturnya itu-itu saja. Kami terus berpikir untuk melakukan sesuatu yang berbeda.”, diikuti dengan “How”, yaitu bagiamana produk itu disajikan (sesuai dengan alasan sebelumnya), lalu disebutkan “What” yaitu apa produknya. Kemudian ditutup dengan pertanyaan untuk memancing Agan merespon.

Urutan komunikasi “Why-How-What” inilah yang membuat Agan dan banyak orang lainnya lebih memilih membeli produk tersebut. Why diletakkan di depan untuk memberikan alasan kuat dan menciptakan rasa penasaran ke orang lain. Why juga membangun kesamaan dengan orang lain, sehingga orang lain akan berpikir “ini gue banget nih..!”. Why adalah konteksnya. How dan what diletakkan kemudian untuk menjelaskan kontennya.

Why First – How & What Next
Seringkali kita bicara dengan acak tanpa urutan dan pola yang jelas, sehingga pendengar menjadi kurang yakin dan bingung karena pesan kita loncat-loncat sehingga tidak bisa menembus logika dan emosi mereka.

Simon Sinek, seorang leadership expert yang kerap tampil di TED Talks, memberikan formula komunikasi “Why-How-What” ini dalam konteks bagaimana perusahaan bisa meningkatkan bisnisnya dengan signifikan. Dalam konteks pengajaran seperti pelatihan atau workshop, Agan bisa membalik What dan How sehingga uturannya menjadi “Why-What-How”, karena umumnya pembicara mengatakan apa yang akan dilakukan dulu baru kemudian menunjukkan bagaimana cara melakukannya. Yang peru disimak adalah Why-nya tetap diletakkan di depan.




Top Leaders Use The Formula and You Can Use It Too
Kalau Agan perhatikan, para tokoh bisnis dunia seperti Steve Jobs, Jack Ma, Richard Branson atau Bill Gates banyak menggunakan formula ini ketika melakukan presentasi. Begitupula para Presiden dunia juga menggunakan pola yang sama ketika bicara di depan publik terutama ketika sedang menjual ide dan pemikirannya.

Ngomong-ngomong, dua kalimat di atas adalah contoh dari iklan Apple yang sedikit saya modifikasi agar Agan tidak segera tahu kalau itu adalah iklan Apple. Apple menjadi perusahaan besar dan terbaik dalam bidangnya salah satunya karena teknik komunikasi ini.

So, coba gunakan hari ini dalam komunikasi Agan dan buktikan hasilnya.

Salam Kharisma,

Fay Irvanto
www.fayirvanto.com

Sumber: http://www.fayirvanto.com/2017/04/06...-dan-presiden/

Mau belajar dengan saya mengenai "Becoming Charismatic Young Leader"di Connext Online Mentoring?

Daftar Sekarang di www.youngontop.com/connexthanya 60rb untuk mentoring ini dan 37 mentoring lainnya.

Bonus: 17 Video mentoring sebelumnya >1000 Menit, GRATIS!


Diubah oleh yotkc 06-04-2020 04:04
0
38.2K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan