let.me.thinkAvatar border
TS
let.me.think
Sejarah Toyota Kijang di Indonesia

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan

Spoiler for NoRepost:


Semenjak kelahirannya di tahun 1977 , Toyota kijang menjadi cikal bakal Mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle ( MPV ) di Indonesia. Kisah asal mula Toyota Kijang sendiri sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari peran dan himbauan pemerintah untuk mengembangkan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) di era 1970-an untuk menjadi kendaraan serbaguna tapi terjangkau oleh rakyat.



Ada kemiripan dengan kisah mobil VW yang legendaris yakni kebijakan pemerintahan soal ekonomi (economic policy governance) ketika pemerintah Jerman mengeluarkan kebijakan, kala itu, “ Hitler,” memerintahkan pada pengusaha otomotif Amerika ,” Henry Ford untuk memproduksi mobil yang bisa terjangkau oleh semua lapisan rakyat di dunia.

Banyak cerita nostalgia tentang sosok mobil KIJANG ini, lalu bagaimana bermacam sisi kisah itu menjadi cerita panjang sebuah nama “ Toyota Kijang ”. Yang masyarakat tahu Kijang itu hanyalah kendaraan, mobil atau hanya benda mati yang dijadikan alat transportasi lalu , titik !! ”tanpa persepsi lainnya.” Kijang, baru akan terasa ketika dia menjalani fungsinya. pada level permukaan berfikir mungkin Kijang seperti itu, namun akan berbeda ketika Kijang hadir pada situasi sosial manapun, maka eskalasi berfikir kita akan mengarah dan meningkat maju pada suatu sikap kultural lalu melahirkan dan tumbuh perspektif di mata masyarakat Indonesia, Kijang dipandang sebagai sosok pahlawan yang lincah di jalanan.




Jika bisa di ilustrasikan dengan sederhana kehadiran Toyota Kijang di keseharian lingkungan masyarakat baik itu kelompok bisnis, kaum pedagang, pegawai kantor pemerintahan dan swasta, di sekolah dan kampus atau kijang pick up yang ada di pasar atau di toko material bahan bangunan sampai bisnis jasa rental atau di sendi kehidupan lain kehadiran kijang begitu guna, tapi yang paling dominan, peran Kijang ada begitu melekat di ruang lingkup sosial terkecil yakni “ Keluarga “, Toyota Kijang seakan telah menjadi bagian dari keluarga non biologis dan non struktural pada skala sosial di masyarakat Indonesia , awalnya Kijang pun muncul sebagai kebutuhan penunjang dan alat sekunder namun seiring waktu Toyota Kijang mampu mengubah dirinya menjadi faktor utama sekaligus syarat primer alat transportasi keluarga pada akhir dekade 1977 hingga era kendaraan MPV terdepan saat ini.




Sejarah Toyota Kijang emoticon-Cool

Spoiler for 1977:

Spoiler for 1981:

Spoiler for 1984:

Spoiler for 1986:

Spoiler for 1992:

Spoiler for 1995:

Spoiler for 1997:

Spoiler for 2000:

Spoiler for 2002:

Spoiler for 2004:



All New Innova

Akhirnya kita bisa mengatakan seperti ini ,“Pola produksi rintisan untuk mengembangkan lambat laun menjadi watak serta pola produksi Toyota. Kesuksesan Toyota Kijang terdahulu dan Kijang Innova Generasi ke enam ini tak lepas dari kebaikan persambungan nilai dan manfaat antara Toyota dan konsumen setianya



Saat itu hingga kini atau nanti sosok Kijang telah menjadi bukti yang panjang dan teruji Toyota Kijang memiliki level relevansi yang tinggi dengan zaman dan sanggup menjadi Instrument Social Need bagi keluarga Indonesia, Kehadirannya menghantarkan pada kebutuhan saling mengunjungi, saling interaksi, berbagi sesama keluarga , sanak saudara, tetangga, kolega bisnis dan lain-lainnya, benang merahnya yakni diantara sesama manusia.

kalaulah kita melihat pada sisi kultur masyarakat Indonesia “ Paling bisa dirasakan saat moment besar Hari Raya seperti hari Mudik Lebaran,atau suasana Natal dan tahun baru Kijang ikut merayakannya. tanpa sadar kehadirannya menjadi penunjang makna sosialisasi atau menjadi instrument yang mendatangkan rejeki dan kegembiraan, walau masyarakat sendiripun faham dan sadar bahwa sebenarnya Kijang berkaki bulat ini adalah benda mati. Idiom makna sebenarnya dari seekor kijang yang berada dimana saja karena kebaikan alam dan flora nya hingga bisa bertahan lama di habitatnya.” mungkin saja memiliki kesamaan pada konteks penamaan yakni Toyota Kijang yang bisa berada dimana- mana.”

Seperti yang dikatakan Hiroyuki Fukui, Managing Officer,Toyota Motor Corporation President dalam pidato resminya, Dia memaparkan Sosok Toyota Kijang Di Indonesia, Mengapa legendaris ? Embrio Innova terlahir dari Kijang yang telah menjalani karir selama 38 tahun dan telah membentuk industri otomotif di Indonesia. Toyota Kijang Innova itu dibuat oleh orang Indonesia oleh TMMIN di Karawang Plant sesuai kebutuhan dan kondisi pasar Indonesia. Itulah salah satu alasan mengapa Kijang Innova sangat diterima masyarakat.




Sekian Thread dari Ane,semoga bermanfaat emoticon-Toast

0
5.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan