sino.aryanAvatar border
TS
sino.aryan
Sadarkah Agan Ada yang Aneh dari Borgol yang Dipakai Pelaku Persekusi Cipinang Muara?
Tersangka kasus persekusi Cipinang Abdul Majid (22) dan Mat Husin alias Ucin di Mapolda Metro Jaya, Jumat (2/6/2017). | (Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)


Dua orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus persekusi terhadap M (15) oleh kepolisian,yaitu Abdul Majid (22) dan Mat Husin alias Ucin (57).Polisi juga sudah menampilkan keduanya di hadapan umum saat menggelar konferensi pers.

Ada hal yang menarik dari atribut yang dikenakan kedua tersangka tersebut saat dibawa oleh Polisi.Bukan pakaian yang digunakan atau pun gaya rambut.Apabila diperhatikan,kedua tersangka tersebut mengenakan borgol yang berbeda dari borgol yang umumnya digunakan pihak kepolisian.



Jika biasanya polisi menggunakan borgol yang terbuat dari logam baik yang berwarna hitam ataupun berwarna perak,kali ini polisi menggunakan borgol berwarna putih.Selain itu,tidak terlihat adanya rantai kecil yang menghubungkan kedua tangan tersangka.Borgol tersebut seperti dibuat sebagai satu kesatuan.
Lalu,borgol jenis apakah itu?

Setelah melalui penelusuran di dunia maya,ditemukan bahwa borgol berwarna putih (kadang ada pula yang berwarna hitam) tersebut dinamakan plastic handcuffs alias borgol plastik (kadang juga disebut
PlastiCuffs,FlexiCuffs,flex cuffs atau Double Cuffs).

Secara harfiah,dengan mudah kita langsung mengerti bahwa pada dasarnya itu adalah borgol yang menggunakan bahan dasar plastik,bukan logam seperti borgol pada umumnya.Borgol ini lebih ringan,lebih murah serta lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan borgol yang terbuat dari bahan logam.

Sayangnya,borgol yang pertama kali ditemukan pada 1965 tersebut tidak dapat digunakan ulang,alias hanya sekali pakai.

Pada dasarnya,cara kerja dari borgol ini sangat mirip dengan cable ties yang biasa digunakan di rumah tangga.Hanya saja,secara teknis borgol ini dapat mengikat dua benda secara terpisah,tidak disatukan seperti cable ties pada umumnya.

Biayanya yang murah dan ringan dari borgol plastik telah membuat mereka populer di kalangan pasukan polisi dan militer saat mereka mengantisipasi penangkapan dalam jumlah besar,seperti dalam demonstrasi atau huru hara.

Keuntungan dari borgol sekali pakai ini adalah menghindari penularan penyakit menular.Tidak seperti borgol logam yang dapat menyebarkan penyakit melalui penggunaan ulang,baik itu dari darah atau cairan tubuh lainnya yang mungkin belum dibersihkan.

Lalu bagaimana cara mengenakan borgol ini? Simak saja video di bawah ini:



Source: http://intisari.grid.id/Techno/Techn...g-Muara?page=1
Diubah oleh sino.aryan 03-06-2017 23:30
0
12.3K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan