mejasempitAvatar border
TS
mejasempit
Bom ISIS Meledak di Baghdad dan Menewaskan 35 Orang Saat Ramadan


ISIS beraksi lagi. Bomnya meledak lagi di tengah-tengah kerumunan keluarga saat Ramadan. Setelah Manchester, Filipina, Kampung Melayu-Jakarta, dan kini kelompok radikal tersebut menyerang ibukota Irak, Baghdad.

Pasti Agan akan berpikir, "ah udah biasa itu mah kalo di Irak". Tapi menurut ane, berita kayak gini tetap gak boleh diabaikan agar kita makin waspada akan langkah-langkah yang dilakukan ISIS sekarang, siapa yang mereka tuju, di mana saja ISIS menyerang?

Jangan karena ISIS berasal dari perbatasan Irak dan Suriah, terus seluruh masyarakat Irak dan Suriah yang tidak bersalah diabaikan. Bila berita di negara lain mendapat simpati kita, kita juga seharusnya bersimpati akan yang terjadi di wilayah Irak.

Tiga Bom Meledak di Baghdad Menewaskan 35 Orang

Dua bom mobil dan seorang pelaku bom bunuh diri meledak dan menewaskan 35 orang di Baghdad dan di dalam kota menuju ke arah Barat, dan melukai lebih dari 100 orang hari di hari Selasa malam (30/05). Bom meledak di tengah-tengah tipikal kebiasaan muslim Ramadan di Baghdad,menyasar anak-anak dan keluarga yang pergi keluar malam hari setelah waktu buka puasa dan cari makan untuk sahur.

ISIS, grup Sunni garis keras yang mengontrol bagian Irak dan Suriah, mengklaim ketiga serangan tersebut dalam sebuah pernyataan di kantor berita Amaq, milik kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Dikabarkan bom bunuh diri itu menargetkan sebuah perkumpulan umat Syiah.

Sebuah mobil yang penuh dengan bahan peledak, meledak di dekat toko es krim terkenal di distrik komersial Karrada, membunuh setidaknya 13 orang dan melukai 40 orang sesaat setelah tengah malam.

Spoiler for Foto-foto setelah ledakan:


Beberapa jam kemudian, sebuah bom kedua menewaskan 10 orang dan melukai 44 lainnya di dekat kantor pemerintah di distrik Karkh.

Dan di malam hari, seorang pria meledakkan sebuah rompi peledak di sebuah tempat pemeriksaan militer di sebuah jalan komersial Hit, sebuah kota Sunni di sebelah barat Baghdad, menewaskan 12 orang, termasuk tujuh anggota militer, dan melukai setidaknya 24 orang.

VIDEO DETIK-DETIK BOM (Detik 0:13):



Data terbaru itu dikeluarkan pihak rumah sakit dan otoritas terkait yang dikutip kantor berita Associated Press, Selasa (30/5/2017).

Pejabat Irak mengatakan bahwa bom tersebut meledak dengan pengendali jarak jauh.

Namun pejabat yang memberikan keterangan itu menolak identitasnya diungkap kepada publik, sesuai aturan yang berlaku.

Selama Ramadhan, warga Irak biasa berada di luar rumah hingga larut malam, setelah melaksanakan buka puasa. Kebanyakan umat Muslim bangun hingga larut malam, pergi keluar untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya, pergi ke toko dan makan sebelum Subuh untuk berpuasa setelah matahari terbit.

Serangkaian foto yang tersebar di dunia maya memperlihatkan dampak dari ledakan tersebut yang menghancurkan kawasan ramai di sekitar toko es krim Al-Faqma.

Salah satu foto memperlihatkan sebuah kerucut wadah es krim yang tergeletak di jalanan yang berlumuran darah.

Brett McGurk, utusan khusus AS untuk koalisi anti-ISIS, mengecam keras serangan itu dan menyampaikan solidaritasnya untuk warga Irak.

"Teroris ISIS malam ini menyasar anak-anak dan keluarga yang sedang menghabiskan waktu di gerai es krim," kata McGurk lewat akun Twitter-nya.

"Kami berdiri bersama warga Irak untuk memerangi kejahatan ini," sambung dia.

Teroris ISIS menguasai sebagian wilayah Irak pada 2014, tetapi tentara Irak yang dibantu serangan udara Amerika Serikat perlahan-lahan merebut kembali wilayah itu.

Sedangkan, pada Juli 2016, Karrada diserang oleh bom truk dengan ledakan sangat besar yang membunuh setidaknya 324 orang, serangan paling mematikan di Irak sejak Amerika Serikat menginvasi negara tersebut di tahun 2003.

Kini, pasukan Irak sedang melakukan serangan akhir terhadap Mosul, kota kedua terbesar di negeri itu yang juga diklaim ISIS sebagai ibu kota kekalifahannya.

Buat Agan yang pengen lihat video setelah bom, cek di Youtube "Isis Car Bombing At Ice Cream Shop In Baghdad". Itu disturbing picture, tapi kasihan banget. Ada ibu-ibu jadi korban.

Sumber:
https://www.reuters.com/article/us-m...-idUSKBN18Q0KF
http://www.rudaw.net/english/middlee.../iraq/30052017
http://internasional.kompas.com/read...nggut.13.nyawa
Diubah oleh mejasempit 31-05-2017 10:02
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
27.2K
321
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan