mimimawAvatar border
TS
mimimaw
Teknologi Cloud Computing, Antara Mitos Dan Fakta







Yoo bray, salam kenal dari newbie yang coba bikin thread.
Ane mau bahas tentang teknologi komputer Cloud yang sekarang ini lagi trend dan bikin orang makin seneng nyimpen file di dunia maya. Kalau menurut laman tetangga, Cloud Storage merupakan media penyimpanan yang dalam pengaksesannya memerlukan Jaringan Internet. Tapi filenya berada dan disimpan di komputer pihak ke dua dimana kita harus membuat akun cloud storage terlebih dahulu kalao kita mau menggunakannya. Teknologi Cloud bukannlah hal yang bersifat fisik, Cloud adalah jaringan server, akan ada ratusan server tersedia untuk menyimpan data-data dan berlalu-lalang data kita disana.





[ Pake Cloud Lebih Praktis ]

Kalau elo bray biasa menggunakan transaksi online, bersosial media, main game online secara nggak sadar ente ngegunain jalur Cloud ini. Teknologi Cloud nggak cuma untuk jasa komunikasi virtual, tapi juga bisa untuk menjalankan aplikasi online, komunikasi yang berhubungan dengan smartphone, dan teknologi ini harus terhubung internet agar saling berkontribusi.




[ Presentase Pemakaian Cloud Computing ]

Kembali ke leptop, bray, sebenarnya teknologi CLoud ini mitos atau fakta sih?
Menurut sumber yang gw dapet nih ya bray rupanya lumayan mengejutkan, banyak orang ngira menggunakan email, cek status facebook, streaming video, share dokumen adalah menggunakan teknologi Cloud ini.
Sedangkan fakta sebenernya adalah teknologi Cloud ini biasa digunakan untuk transaksi bank online, belanja online, bersosial media, game online, berbagi foto online, berbagi data online (lihat gambar untuk detilnya diatas).





[ Cloud Computing Banyak Fungsi dan Kegunaan ]

Jadi sederhananya Cloud adalah jaringan server. Beberapa server menyediakan jasa layanan online. Jadi, setiap kali enye menyimpan informasi tanpa menyimpan di ponsel sesungguhnya ente secara gak sadar sudah menyimpannya di server Cloud.



[ B2B atau B2C Ready ]

Cloud bagi pebisnis besar sangat diuntungkan karena perusahaan tidak perlu membeli peralatan hardware dan server sendiri, belum lagi soal pengelolaan dan perawatan server, bayar programmer, maintenance, biaya listrik, dan banyak lagi dari waktu-kewaktu. Mungkin ente bisa menggunakan jasa server milik Biznet GIO Cloud. Intinya dengan hadirnya jaringan Cloud ini perusahaan-perusahaan diuntungkan karena bisa berhemat.




[ Level Keamanan Canggih ]

Bagaimana dengan keamanannya? Bicara soal kemanan Cloud so pastinya aman lah gan, secara para penyedia server dalam jaringan CLoud ini pastinya bertanggung jawab penuh terhadap data-data yang tersimpan dan berlalu-lalang dijagat maya. Menurut laman How Stuff Works, perusahaan penyedia layanan cloud wajib menerapkan tiga teknik keamanan enkripsi, autentikasi, dan autorisasi.


Gimana Bray, sekarang elo udah pada mudeng-kan ngebayangin teknologi Cloud Computing kek gimana, semoga aja thread gwa ini bermanfaat buat temen-temen disini. Aamiin






Diubah oleh mimimaw 29-05-2017 06:00
0
6.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan