potatotomato365Avatar border
TS
potatotomato365
Tolong luangkan waktu sebentar buat baca ini Gan.
Ane ada uneg-uneg yang kudu dan harus dikeluarin biar hati dan fikiran ane bisa sedikit lebih tenang.

1x gagal SNMPTN (thn pertama)
2x gagal SBMPTN (thn kedua dan tahun ketiga)
Tidak bisa masuk STAN
Banyak kesempatan yang aku lewatkan begitu saja padahal kesempatan itu hanya datang beberapa kali dalam seumur hidup.
Sekarang aku udah kerja jadi pelayan (read: bekerja di bagian pelayanan) di desa.

Entah apa yang membuat aku selalu gagal, tapi yang jelas ortu dan keluargaku tidak ada yang mendukung keinginanku ini. Namun aku coba lawan karena aku emang sangat ingin masuk kesana. Beli buku, download soal, bayar pendaftaran, sampai uang saku untuk ke lokasi ujian aku usaha sendiri. Ada berjuta-juta alas an yang membuat mereka gak setuju yang kalo diceritakan disini tidak akan cukup. Intinya masalah ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan, pengaruh sesat dari lingkungan sekitar, dan pemikiran aneh dari kedua ortuku.

Udah mencoba move-on, tapi selalu gk bisa. Karena ada saja hal yang mengingarkan aku pada semua itu. Apalagi ketika ada orang yang keadaan ekonominya dibawah keluargaku, seorang janda yang gak punya datang ke kantor untuk meminta SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) untuk anaknya yang akan/sedang kuliah.Pengen marah sekaligus nangis rasanya. Kenapa ortuku tidak seperti mereka? Bahkan yang lebih ekstrem lagi, kenapa aku tak dilahirkan di keluarga mereka saja? Durhaka? Entahlah…

Yang jelas mereka2 adalah orang tua yang mendukung 100% anaknya dan menyerahkan masa depan anaknya ke anaknya sendiri.
SHITTT!!! Apakah aku akan dihantui rasa kekecewaan dan iri seumur hidup?
-Bagaimana caranya move on yang sebenar-benarnya move on? Aku capek kayak gini terus…


Aku lagi merasakan kebosanan yang berkepanjangan. Senin-Jum’at pukul 08.00-13.00 kerjam setelah itu pulang tidur siang. Bangun2 udah sore, mandi, sholat, terus nonton tv sampai malam kemudian lanjut tidur. Dan berulang lagi pada keesokan harinya persis seperti kemarin.
Dikantor juga kebanyakan nonton tv/liat film di computer. Dikantor isinya 11 orang. Yang usia 20-an Cuma aku saja. Yang lain usianya diatas 40-an. Yang lain udah berkeluarga, yang jomblo lagi2 Cuma aku saja. Jadi dapat dipastikan saya jarang main dengan mereka dan mereka pun jarang main dengan saya. Dan diluar itu akupun gak ada temen. Karena gak kuliah dan gk ikut komunitas apapun. Weekend juga sama aja seringan ada di rumah, bedanya nonton tvnya dari pagi dan kebanyakan tidur. Mau travelling gak ada duit, gajinya pas2an. Selain itu gak enak kalo sendirian. Dan ketika itulah muncul kembali perasaan seperti diatas. Seandainya saja aku kuliah merantau ke luar kota… Banyak temen, banyak pengalaman, banyak main, dan banyak yang lainnya.
-Bagimana solusinya biar kehidupan ane gak bosan dan monoton?

Sebenernya ane masih tetp pengen kuliah cuma ane malas-malasan karena tidak di PTN dan udah kerja juga meskipun kerjanya masih gak jelas. Lho kok bisa? Nih ya: Perangkat Desa itu bukan PNS (dan gak akan bisa jadi PNS), bukan juga Pegawai Swasta, dan bukan juga Pegawai Kontrak. Gak jelas kan? Jenjang karir gak ada, gaji juga segitu2 aja (masih dibawah UMR apalagi PNS). Dan ane dikat disana sampai usia 60 tahun. Jadi kalo mau resign kayak gimana gitu…
-Tapi andaikata resign kan gpp yah? Gak ada masalah kan?
Dan males juga karena usia udah segini tapi baru masuk kuliah (kalo PTN gpp wkwkwkwk) dan malu kalo ketemu dengan temen2 SMA. Mereka udah mau skripsi eh ane masih mau ospek (dan kembali lagi kalo PTN mah gpp wkwkwk). Mungkin karena prestige kali yah?
-Dan kalo terpaksa kuliah, ane mau tanya nih. Lebih baik mana PTS apa UT (Universitas Terbuka? Apa sih +/- dari PTS dan UT? Oh ya, UT itu negeri bukan? Gak tau kenapa ane kok begitu terobsesi dengan PTN…

Terakhir ane terlalu takut dengan hal2 yang belum terjadi dan berhubungan dengan masa depan. Misal mikir gimana nanti kalo nikah? Gimana kalo punya anak? Gimana kalo udah berkeluarga? Gimana yah masa tuanya ane nanti? Gimana kalo ane ditinggal oleh orang terdekat ane? Gimana kalo ane yang meninggal? Etc.
Dan itu menganggu banget. Udah mencoba gk dipikirn, tapi fikiran2 itu suatu saat pasti kembali lagi. Alhasil kurang bisa menikmati setiap momen dalam kehidupan. Lagi seneng gitu misal dapet duit, terus tiba2 kepikiran kayak yg diatas. Yang awalnya seneng malah jadi sedih dan gk karu-karuan nih perasaan.
-Bagaimana kira2 solusinya?

Thanks all emoticon-Shakehand2
0
6.8K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan