bayspeedAvatar border
TS
bayspeed
[REVIEW] MIFI 4G HUAWEI E5577 FREE TELKOMSEL 14GB UNLOCK VERSION GARANSI 3 TAHUN
Hai hai hai.. ane muncul (lagi) dengan review MIFI (modem wifi/mobile wifi) yahud yg baru saja diluncurkan TELKOMSEL yaitu HUAWEI E5577 free 14GB UNLOCK VERSION dengan garansi 3 tahun! Garansi resmi nasional tentunya yg mana bisa diurus di buanyaak service center HUAWEI se Indonesia! Kehandalan mifi 4G ini sudah terbukti karena operator2 seluler lain juga menjual paket mifi bundlingan HUAWEI E5577, tetapi tentu saja bundlingan dari TELKOMSEL ini memiliki keunggulan yg berbeda.. emoticon-Big Grin mau tau? Lanjut dibaca yaa reviewnya emoticon-Cool

pengen mifi ini GRATIS?
ikuti kuis di forum mobile broadband berhadiah mifi huawei e5577




Beberapa hari setelah diluncurkan di Jakarta, sampel mifi ini akhirnya ane terima di rumah ane di Semarang, mifi yg ane terima berwarna hitam!! Berikut adalah penampakan box mifi yg ane terima..
Spoiler for MIFI HUAWEI E5577 TELKOMSEL:

Kemasan box mifi kental dengan warna2 khas TELKOMSEL yaitu merah putih, di bagian muka langsung bisa dilihat gambar mifi dan paket internet gratis bawaannya juga adanya voucher belanja dari salah satu olshop.. pada bagian bawah box terdapat stiker imei mifi dan nomor perdana yg diperoleh.

- SPESIFIKASI
Spesifikasi mifi terdapat di bagian belakang box, selain spesifikasi, hal yg menarik dilihat adalah adanya informasi UNLOCK VERSION dan GARANSI RESMI 3 TAHUN
Spoiler for spesifikasi:


- PAKET PENJUALAN
Paket penjualan mifi ini terdiri dari unit mifi, baterai, kabel data/cas, manual, kartu garansi serta bonus perdana internet dan voucer belanja.. cukup minimalis karena tidak adanya adaptor charger, juga kabel yg disertakan termasuk pendek.. untungnya mifi ini dapat dicas dengan adaptor 1A dan kabel cas yg biasa dipakai di hape android dengan ujung microusb, tentunya gunakan yg berkualitas jangan yg abal2 emoticon-Big Grin
Spoiler for paket penjualan:

Perlu dicatat untuk pemilik mifi ini agar menyimpan dengan baik kartu garansi, box dan menjaga kondisi mifi tetap mulus karena durasi garansi MIFI E5577 TELKOMSEL ini adalah 3 tahun bukan 1 tahun seperti pada MIFI lain. Ketiga hal tadi (kartu garansi, box bawaan dan kondisi kemulusan mifi) kadangkala ditanyakan oleh seller (nota juga harus disimpan) ataupun service center pada saat pengajuan garansi.

- DESAIN
Mifi yg ane terima adalah berwarna hitam, warna hitamnya biasa saja enggak kilap, istilahnya apa ya.. hitam doff kalo ga salah.. body mifi dan tutupnya terbuat dari plastik keras.. tekstur permukaan terasa keset tidak licin, apalagi di sisi samping memutari body mifi terdapat grip area yg lebih kasar dengan motif polkadot jadi lebih aman dan nyaman saat dipegang. Ukuran dan bobot mifi biasa saja, ringan dan tipis jadi cocok dimasukin kantong.
Spoiler for tampak depan:

Pada bagian muka mifi, terdapat tombol power dan layar lcd 1.4inch yg sangat informatif. Kita bisa mengetahui operator seluler yg digunakan, kuat sinyal, jumlah user, kondisi inbox sms, status baterai, dll.. layar lcd itu juga interaktif karena bisa menampilkan info2 lain yg dibutuhkan yg mana pengontrolannya melalui tombol menu diatas mifi dan tombol power di sebelah layar.
Spoiler for tampak atas:

Di bagian atas terlihat ada tombol menu, yg gunanya buat mengakses info di layar lcd. Dapat dilihat juga tekstur kasar dari grip area selebar setengan cm an yg memutari mifi.
Spoiler for tampak bawah:

Di bagian bawah terdapat lobang colokan microusb untuk pengisian baterai (juga transfer data tergantung kabel yg digunakan) dan lobang pigtail antenna ekstenal (WARNING! Gunakan jika perlu saja, kerusakan (bengkok/patah) pada slot pigtail antenna ekstenal bisa menyebabkan penangkapan sinyal menjadi berkurang drastis atau lumpuh sama sekali)
Spoiler for bagian dalam:

Di bagian dalam mifi dapat dilihat slot baterai, slot simcard dengan ukuran standar (mini sim) dan slot micro sd, terdapat juga tombol reset. Identitas mifi juga dapat dibaca disini yg mana harus sama dengan identitas yg tertera pada box.

- PENGUJIAN
Sebelum pengujian dilakukan, ane aktifin dolo kuota 14GB gratis dari perdana TELKOMSEL bawaannya. Jika paket gratis 14GB sudah habis, bisa dilanjutkan dengan paket berbayar bawaan mifi yg jauh lebih murah daripada paket internet biasa emoticon-Big Grinpenjelasan paket internet bisa dibaca di post berikutnya
Spoiler for pendaftaran paket gratis:

• speedtest
untuk menguji kecepatan mifi dengan kartu TELKOMSEL 14GB ane lakukan pengujian melalui aplikasi speedtest yg terinstall di hape android redmi note 2 ane.. dan inilah hasilnya (hasil dapat berbeda lebih/kurang tergantung lokasi, device penerima, waktu, kondisi jaringan, cuaca, kegantengan, dll)
Spoiler for speedtest:

• dashboard
Akses ke dashboard dapat dilakukan melalui alamat ip 192.168.8.1 (alamat ini tertulis juga di bagian dalam mifi/di slot baterai jika lupa) yg mana user password untuk masuk dashboard secara default adalah admin, penampakan dashboard bisa dilihat di bawah ini, tampilannya cukup sederhana tetapi lengkap dengan berbagai fitur. Pada beranda dashboard dapat terlihat bar sinyal jaringan 4G TELKOMSEL, adanya tombol power juga memudahkan admin untuk mematikan mifi dari jauh.
Spoiler for beranda dashboard:

Beberapa fitur coba ane tes disini, sms adalah hal yg standar dan wajar di setiap mifi tapi bagaimana dengan ussd? Nah berikut hasil percobaan ane menggunakan ussd dari dashboar mifi E5577
Spoiler for ussd:

Untuk pengaturan, hal yg banyak ingin diketahui dari peminat mifi adalah apakah suatu mifi ada pilihan untuk lock atau mengunci jaringan di 4G/LTE only (supaya bisa mengoptimalkan kuota 4G yg biasanya lebih besar daripada kuota lainnya) dan ternyata MIFI HUAWEI E5577 ini ada pengaturannya untuk lock 4G only emoticon-Big Grin
Spoiler for bisa 4g only:

Mifi ini sudah auto setting profile koneksi, jadi walaupun gonta ganti simcard operator berbeda, profil koneksi akan tersedia otomatis ga perlu repot2 ngetik sendiri apn dll (kecuali jika memang mau buat profil custom)

Pada pengujian kualitas mifi ini, yg ane ukur antara lain speed download, ping game online, range pancaran wifi, penangkapan sinyal, daya tahan baterai, temperatur pemakaian, dan lain2. Maaf ane tidak berani lakukan tes yg agak ekstrim seperti tes jatuh, tes basah atau tes injak emoticon-Takut
• download test
Untuk ngetes kecepatan download, ane mengunduh file definition antivirus dan hasilnya bisa dilihat di bawah.. dapat 30an Mbps
Spoiler for download:

• gaming test
Untuk gaming test, ane mainkan EURO TRUCK SIMULATOR 2 MULTIPLAYER online di server europa 2 yg paling rame playernya dan hasilnya ane bisa maen nyaman (tapi hindari lokasi super lag seperti dermaga penyebrangan rotterdam-felixstowe yg sering terjadi antrian truk naik ke ferry)
Spoiler for gaming test:

Sekedar info, ane memainkan game ini menggunakan pc amd A10 ram 2x4GB ddr3 dan vga ati hd5770
• unlock dan range wifi
Mifi ini adalah unlock version seperti tertera pada bagian belakang box, dalam artian mifi ini sudah ter unlock asli bawaan pabrik dan penggunaannya tercover oleh garansi resmi, bukan seperti HUAWEI E5577 lain yg diunlock secara ilegal yg mana proses unlock ilegal itu berbahaya dan menghilangkan garansi. Untuk mengujinya ane masukkan operator seluler lain yaitu XL dan ternyata sinyal 4G muncul dengan lancar jaya. Bukti dapat dilihat di foto pengukuran range wifi dibawah.
Untuk pengukuran range pancaran wifi, mifi HUAWEI E5577 ane tempatkan di kamar ane bersebelahan ama mifi lain, lalu ane ukur pancaran wifi nya dari serambi rumah (jarak 10m terhalang 1 pintu kayu), pengukuran menggunakan aplikasi Wifi Analys di android ane
Spoiler for bukti unlock dan test range:

Hasil pembacaan kuat sinyal wifi
Spoiler for pembacaan pancaran wifi:

Dapat dilihat pancaran wifi hotspot HUAWEI E5577 dengan mifi lain sama2 menyisakan 4 bar atau separuh dari total bar (fullbar). Dengan kuat sinyal sebesar itu ane masih bisa ngenet dengan lancar di hape ane.
hape ane.
• penangkapan sinyal
Untuk penangkapan sinyal, ane ga bisa bandingkan dengan detail, yg jelas saat mifi ini ane sebelahkan ama modem 4G sejuta umat HUAWEI E3372 (logo MTC) pembacaan sinyal bar nya sama2 4bar antara dashboard mifi dengan software mobile partner bawaan modem, jadi penangkapan sinyalnya ane anggap normal.
Spoiler for komparasi penangkapan sinyal:

• temperatur mifi
pengukuran temperatur mifi ane lakukan setelah mifi dinyalakan cukup lama dengan kondisi internet aktif sehingga dianggap temperatur mifi sudah konstan. Dapat dilihat di termometer, temperatur operasional cukup dingin yaitu tidak sampai 35C
Spoiler for temperatur:

• daya tahan baterai
berdasarkan spesifikasi mifi, daya tahan baterai adalah 6 jam dengan pemakaian wajar, dan ternyata terbukti ane bisa menggunakannya selama 6 jam seperti pada foto di bawah. Perlu diketahui selam 6 jam itu ane ga menetap di satu tempat lho, tetapi membawa mifi ini menyala dengan user 2 hape android dalam perjalanan ane dari Kota Semarang ke Mranggen Kabupaten Demak bolak balik, jadi kondisi sinyal cukup fluktuatif.
Spoiler for daya tahan baterai:


- KESIMPULAN
MIFI HUAWEI E5577 TELKOMSEL ini menawarkan desain yg cakep lewat adanya layar lcd interaktif, fitur yang banyak, kemampuan yg handal, support semua operator 4G Indonesia di freq 4G LTE FDD 1800 (TELKOMSEL, XL, Indosat, Axis, Tri) dan TDD 2300 (Smartfren, Bolt). Mifi bundlingan TELKOMSEL ini juga lebih unggul dari mifi sejenis di pasaran karena sudah unlock version asli dari pabrik dan durasi garansi yg ekstra panjang yaitu 3 tahun. Untuk anda yg menginginkan MIFI 4G unlock berkualitas tinggi dengan garansi resmi yg panjang, mifi inilah jawabannya.
Diubah oleh bayspeed 18-03-2017 23:26
malekazis
malekazis memberi reputasi
1
50.8K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan