atandiAvatar border
TS
atandi
Mengenal WannaCry dan Cara Kerja Ransomware
<>
JAKARTA - Serangan siber melalui virus ransomware merajalela ke seluruh dunia. Ribuan komputer di 99 negara dilaporkan telah terinfeksi dan menuntut pembayaran bitcoin untuk membuka kembali akses file.

Ransomware yang menuntut pembayaran setelah meluncurkan serangan siber menjadi tren yang meningkat di kalangan hacker. Lalu apa sebenarnya ransomware?

Bagi yang tak tahu tentang ransomware, ini merupakan sejenis serangan siber yang melibatkan hacker yang mengendalikan sistem komputer dan memblokir akses sampai uang tebusan yang diinginkan dibayarkan.

Untuk mendapatkan akses ke sistem yang mereka butuhkan, penjahat siber men-download jenis software berbahaya ke perangkat dalam jaringan. Hal ini sering dilakukan dengan meminta korban mengklik link atau men-download-nya secara tak sengaja. Setelah software berada di komputer korban, hacker bisa meluncurkan serangan yang mengunci semua file yang bisa ditemukannya dalam jaringan. Ini cenderung menjadi proses bertahap dengan file yang dienkripsi satu per satu.

Penjahat siber sering menuntut pembayaran sebagai imbalan untuk membuka arsip. Hal tersebut biasanya dalam bentuk bitcoin.

Wanna Decryptor

Disitat dari The Telegraph, Sabtu (13/5/2017), Wanna Decryptor atau juga dikenal sebagai WannaCry atau wcry merupakan program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan pengguna hanya memiliki dua file, instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Saat software dibuka, komputer akan memberitahukan pengguna bahwa file mereka telah dienkripsi dan memberi waktu beberapa hari untuk membayar dengan memberi peringatan bahwa file akan dihapus. Sebagian besar perusahaan keamanan komputer memiliki alat deskripsi yang bisa melewati software.

(din)

Sumber : http://m.okezone.com/read/2017/05/13/207/1690192/mengenal-wannacry-dan-cara-kerja-ransomware?utm_source=techno_bt

.?????.??.????????????????????????? ????.??????????.???????.??.????.??.?????????.?.??????????

jumat kematian banyak negara di serang heker, semoga aja informasinya ini berguna ya
0
6.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan