c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Arti Gelar Nama RORO



Gelar Roro adalah Gelar Resmi Bagi Cucu Perempuan Susuhunan dalam darah ningrat atau bangsawan dari keturunan para raja di Pulau Jawa yang menyebar di seluruh Indonesia.

Gelar roro mulai berlaku sejak masa kerajaan (dibawah abad 18) sampai sekarang.
gelar ini diberikan untuk keturunan keenam (cucu dari cicit susuhunan). Gelar ini biasa diawali atau dilengkapi dengan Raden sehingga menjadi Raden Roro. Dalam penulisan nama di identitas misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) Raden Roro biasa disingkat Rr.

Gelar Roro dalam tradisi susuhunan dapat berubah apabila yang bersangkutan sudah menikah. Apabila sudah menikah maka gelarnya menjadi Raden Nganten yang kemudian di singkat R.Ngt.

gelar keturunan itu penting dipertahankan sebagai simbol sejarah bahwa pernah ada nama-nama istimewa untuk orang istimewa di zaman tertentu.

Perkembangan Gelar Seiring waktu berjalan gelar keturunan ini biasanya disebut lebih khas. Ada yang menyebutnya rara, ada juga lebih menyembunyikannya dengan sebutan riri. Tapi untuk sebutan riri, walau bukan darah ningrat ada juga yang menggunakan nama itu. Tapi khusus terkait gelar keturunan ini, dari berbagi sumber disebutkan banyak berlaku dikalangan keturunan bangsawan Jawa yang diakui di seluruh Nusantara agar dapat diturunkan terhadap anak cucunya tanpa batas.

Gelar Putri khusus Rara (Rr.) dapat diturunkan sampai generasi keberapapun dengan catatan Trah Pihak Wanita memiliki kedudukan bangsawan yang kuat, terstruktur dan menghargai pemberian nama dan gelar untuk mengingat asal-usul keturunan.


Referensi

Viva.co.id
Detik
Wikipedia
b4perman
b4perman memberi reputasi
1
68.4K
232
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan