Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gdotidAvatar border
TS
gdotid
4 Fakta Mengapa Tokoh Kartun Berwarna Kuning, Fakta Baik Untuk Penderita Buta Warna


Grid.ID - Apakah kamu penyuka tokoh kartun? Jika diperhatikan, tokoh kartun banyak yang berwarna kuning mulai dari SpongeBob, Tweety, Winnie the Pooh, Minions, Pikachu, The Simpsons, dan Pluto.

Dikutip Grid.ID dari Buzzfeed, ada beberapa alasan mengapa tokoh kartun itu berwana kuning.

1. Teori warna

Warna kuning adalah warna primer yang merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning. Warna kuning termasuk warna pengganti biru untuk memunculkan warna lain.

Jika warna ini adalah warna yang jika dipadukan akan terlihat kontras. Oleh sebab itu, kuning sering dipadukan dalam warna kartun seperti kartun Spongebob dan Simpsons.



2. Psikologi warna

Psikologi warna adalah alasan lain mengapa warna kuning dipilih untuk beberapa tokoh kartun. Setiap warna memiliki makna dan dapat dikaitkan dalam ilmu psikologi untuk menjelaskan karakter seseorang berdasarkan warna kesukaan. Arti setiap warna mencerminkan sisi emosi yang mundul.

Lois B.Wexner (1954) pernah melakukan penelitian tentang keterkaitan warna dengan suasana hati (mood).

Jacob dalam video ChannelFrederator menggunakan contoh karakter dari film animasi Inside Out, menyoroti bahwa warna seperti merah dan biru cenderung negatif dan menyebabkan stres mental.

Sedangkan warna kuning memberi arti dan makna kehangatan dan rasa bahagia. Warna kuning menimbulkan hasrat seolah ingin untuk bermain. Secara psikologi, makna warna kuning mengarah pada warna yang paling bahagia, menyolok dan juga menyatu dengan ekstrovert.

Dengan demikian, warna kuning pada karakter kartun seolah-olah ingin mencerminkan kebahagiaan. Dalam karakter kartun Minions contohnya. Karakter yang ingin dibangun adalah karakter yang melambangkan kegembiraan dan periang.

3. Spektrum warna

Warna kuning adalah warna yang paling terlihat pada spektrum dan menyebabkan sel kerucut di mata dalam memproses cahaya. Warna kuning lebih cepat ditangkap oleh mata karena semakin terang maka akan semakin cepat tertangkap.

4. Warna Kuning adalah warna buta warna

Berita baik untuk kamu yang buta warna. Warna kuning adalah warna yang masih bisa dilihat oleh penderita buta warna.

Jadi, wajarlah jika karakter kartun menggunakan warna kuning supaya masih bisa dilihat oleh kamu yang buta warna.


(*)



sumur: grid.id
0
3.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan