Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

finansialku.comAvatar border
TS
finansialku.com
Jenis-Jenis Investasi Perak yang Perlu Anda Pahami


Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi? Jenis-jenis investasi perak apa yang perlu Anda pahami?Pernahkah Anda mendengar mengenai investasi perak. Berikut pemaparannya yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan investasi perak.



Investasi Perak yang Perlu Anda Pahami

Investasi menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan di dalam keuangan, sebab kegiatan ini akan menjadi salah satu upaya yang bisa dijalankan untuk menjamin keuangan tetap berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa orang bahkan mempelajari investasi secara mendalam, mengingat kegiatan ini sangat penting dan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan mereka di masa yang akan datang.



Ada banyak jenis investasi yang dapat dijadikan sebagai pilihan, baik itu dalam bentuk investasi jangka panjang maupun investasi jangka pendek. Pemilihan jenis investasi ini tentu sangat penting untuk dipahami sejak awal, mengingat setiap investasi akan memiliki sejumlah risiko yang terkandung di dalamnya. Setelah emas, investasi dalam bentuk perak menjadi pilihan banyak orang, sebab jenis investasi yang satu ini dianggap mampu memberikan keuntungan yang cukup besar, bahkan sebagian orang percaya bahwa investasi yang satu ini lebih menjanjikan daripada investasi emas itu sendiri.

Namun, pembelian investasi ini tentu harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, mengingat di Indonesia sendiri perak belum begitu banyak dipilih sebagai investasi. Hal ini jugalah yang membuat akses penjualannya juga tidak semudah ketika Anda akan menjual emas, sebab informasi terkait penjualan ini juga tidak begitu banyak terdengar. Selain hal tersebut, tingkat kesulitan dalam merawatnya juga terbilang lebih sulit, karena perak dapat beroksidasi (bereaksi dengan oksigen)sehingga menjadi berubah warna menjadi kusam dan bernoda. Jika sudah dalam kondisi kusam dan bernoda, harga jual perak bisa turun drastis atau bahkan tidak laku dijual lagi. Investasi yang tidak bisa diuangkan, tentu akan menghasilkan sejumlah kerugian, bukan?



Pilihan Jenis Investasi Perak

Sebagaimana investasi lainnya, perak juga bisa Anda akses dalam dua bentuk investasi, yakni dalam bentuk nyata (fisik) dan dalam bentuk sertifikat (surat berharga). Hal ini akan menjadi kemudahan tersendiri bagi Anda, dimana Anda bisa lebih mudah memilih dan membeli bentuk investasi yang paling sesuai dan cocok bagi kebutuhan Anda.

Jika dilihat dari harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan emas, maka Anda tentu bisa saja mengalami kesulitan dalam menyimpan sendiri investasi yang satu ini di rumah, terutama jika Anda membelinya dalam jumlah yang besar. Hal-hal seperti inilah yang patut menjadi sebuah pertimbangan awal, sebab berbagai biaya yang akan Anda keluarkan untuk investasi tentu akan sangat berpengaruh pada imbal hasil yang akan diberikan oleh investasi itu sendiri.

Simak beberapa jenis investasi perak berikut ini yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan:

#1 Koin dan Batangan

Bentuk koin dan batangan menjadi jenis investasi yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, terutama bagi Anda yang memang hanya memiliki sejumlah dana investasi yang tidak begitu besar. Di Indonesia sendiri, koin perak dan batangan ini secara resmi dijual oleh PT ANTAM dalam beberapa bentuk. Anda bisa leluasa memilih jenis perak yang Anda inginkan di perusahaan resmi milik pemerintah ini. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan biayanya sejak awal, sehingga investasi Anda memang menguntungkan.



#2 Exchanged Trade Funds (ETF) Perak

Jika ingin berinvestasi dalam bentuk perak yang lebih praktis, maka Anda bisa menggunakan ETF ini sebagai solusinya. ETF memungkinkan Anda untuk menginvestasikan sejumlah dana Anda ke dalam bentuk saham, dimana produk yang satu ini memang dapat diperdagangkan di dalam pasar modal. Ini akan lebih menguntungkan bagi keuangan Anda, terutama jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam mengawasi pergerakan harga investasi tersebut dengan baik. Anda tidak akan dipusingkan dengan proses pembelian, penjualan, atau bahkan penyimpanan sebagaimana yang dibutuhkan dalam investasi koin perak/batangan.

#3 Kontrak Perak Berjangka

Anda juga bisa memilih investasi yang satu ini sebagai pilihan, terutama bagi Anda yang memang tidak ingin mengalami kerepotan untuk menyimpan dan juga mengurus investasi perak Anda dalam bentuk fisik. Investasi berjangka ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar, sebab investasi ini memang memiliki leverage yang cukup tinggi. Namun, sangat penting bagi Anda untuk memahami dan memiliki kemampuan yang baik terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda terjun ke dalam instrumen investasi yang satu ini, sebab risiko yang terkandung di dalamnya juga terbilang tinggi.



#4 Perusahaan Pengolahan Perak (Silver–Streaming Companies)

Jika memiliki kemampuan yang cukup baik, Anda juga bisa berinvestasi pada perusahaan perak seperti ini. Sebagian besar perak dunia memang dihasilkan sebagai hasil tambang sampingan (bukan hasil utama) dari sejumlah penggalian yang dilakukan terhadap berbagai logam lainnya. Di dalam perusahaan ini, berbagai pengolahan logam dilakukan, bahkan mereka bisa mengubah timah menjadi emas dan perak dengan melakukan sejumlah proses pengolahan tertentu. Namun jangan lupa untuk tetap mempertimbangkan risiko yang harus Anda tanggung di dalam investasi ini, sebab aksi mogok tenaga kerja pertambangan dan juga berbagai risiko lainnya juga terbilang sangat besar, pasti akan mempengaruhi kinerja investasi Anda.

#5 Perusahaan Pertambangan

Anda juga bisa menginvestasikan dana Anda pada perusahaan pertambangan perak. Sebagaimana jenis saham lainnya, saham perusahaan perak juga bisa saja mengalami masalah yang kemudian menimbulkan turunnya harga secara signifikan. Jika ingin berinvestasi di perusahaan seperti ini, pastikan Anda memiliki sejumlah dana cadangan yang memadai, sebab terlalu berisiko bagi Anda untuk menjual/melepas saham Anda secara terburu-buru ketika kinerja pasar sedang lesu.



Pahami dan Kelola Investasi Perak Anda

Apapun jenis investasi perak pilihan Anda, pastikan Anda memahami dengan baik semua risiko yang terdapat di dalamnya, sehingga Anda bisa mengelolanya dengan sebaik mungkin dan mendapatkan imbal hasil yang paling maksimal.


Apakah Anda tertarik dengan investasi perak? Menurut Anda, tantangan apa yang dihadapi setelah memilih investasi melalui perak? Apabila Anda memiliki saran, tanggapan ataupun pertanyaan, silakan mengisi kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan setiap informasi yang Anda dapatkan melalui setiap artikel dari Finansialku.com kepada teman-teman atau kenalan Anda. Terima kasih.
emoticon-Jempolemoticon-Toast


Sumber:
Jenis-Jenis Investasi Perak yang Perlu Anda Pahami

Baca Juga:
5 Cara Ini Akan Melipatgandakan Hasil Investasi Anda
Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Perak atau Investasi Emas?
Yuk Kenali Karakteristik Logam Mulia Terlebih Dahulu
Sudah Tahu Untung Ruginya Invest Koin Emas dan Dinar?
Sebelum Memulai Investasi Logam Mulia Antam
5 Cara Investasi Logam Mulia Antam




Tentang Finansialku:
Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
Website: Finansialku.com
Facebook: @Finansialku
Twitter: @Finansialku
Google+: +Finansialku
0
5.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan