Kaskus SportAvatar border
TS
Kaskus Sport
Ketika Wenger Terjangkit Fenomena 3-4-3
Arsenal berhasil membawa pulang kemenangan tipis 2-1 atas tuan rumah Middlesbrough di pekan ke-31 Premier League, Selasa (18/4) dini hari WIB. Di balik kemenangan itu, ada eksperimen sukses Manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Kalau agan lihat, Arsenal bermain dengan fomasi 3-4-3. Buat yang cukup lama ikutin Wenger dan Arsenal, mereka tahu Wenger jarang sekali pakai formasi tiga bek di belakang. Manajer berjuluk The Professor itu lebih sering pakai formasi 4-4-2, atau 4-2-3-1, atau 4-3-3.



Tapi di pertandingan ini, Wenger coba pakai formasi tiga bek. Kapten tim, Laurent Koscielny dipasangkan dengan Gabriel dan Rob Holding. Untuk bek sayap kanan, Wenger menaruh Alex Oxlade Chamberlain, sementara bek sayap kiri diperankan Nacho Monreal.

Wenger jelas bereksperimen dalam formasi ini. Sebab, dia sebetulnya bisa tetap pakai formasi empat bek lantaran Hector Bellerin ada di daftar pemain. Namun Wenger sepertinya memang nekat pakai formasi yang sebetulnya jarang dia pakai.

Hasilnya tidak buruk-buruk amat. Selain menang 2-1 berkat gol Alexis Sanchez dan Mesut Ozil, Arsenal ternyata tetap dominan seperti biasanya. Khusus untuk Chamberlain, pemain berusia 23 tahun ini terpilih jadi pemain terbaik di pertandingan itu oleh Whoscored. Chamberlain dapat skor tertinggi 7,9. Maka tidak menutup kemungkinan, Wenger akan tetap memakai formasi 3-4-3 dengan Chamberlain sebagai bek sayap kanan.

Dibawa Conte

Sejatinya formasi 3-4-3 bukan barang baru dalam sepak bola. Namun di Inggris, formasi ini belakangan populer setelah Antonio Conte jadi manajer Chelsea.

Conte yang sebelumnya sukses dengan formasi tiga bek di Juventus, menularkan formasi ini di Chelsea. Kekalahan 0-3 dari Arsenal di awal musim jadi titik balik Conte untuk memilih formasi ini.

Conte memilih Gary Cahill, Cesar Azpilicueta, dan David Luiz sebagai trio di lini belakang. Sementara untuk posisi bek sayap kanan dan kiri, Conte mengandalkan Victor Moses dan Marcos Alonso.

Hasilnya, Chelsea saat ini bertengger di posisi pertama klasemen sementara dengan 75 poin. Formasi 3-4-3 pun mulai ramai dibahas lagi. Dan sekarang, formasi itu sepertinya sedang latah ditiru Wenger, bukan begitu Profesor?

---

MAU UPDATE TERUS SOAL PREMIER LEAGUE PLUS IKUT NGERASAIN SERUNYA TEBAK SKOR? KLIK DI SINI AJA GAN SIS!
0
3.9K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan