sprinter.mouseAvatar border
TS
sprinter.mouse
(Share) Mengenali JATHILAN
PEMAIN JATHILAN





Jatilan adalah sebuah kesenian yang menyatukan antara unsur gerakan tari dengan magis. Jenis kesenian ini dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau kepang. Kesenian yang juga sering disebut dengan nama jaran kepang ini dapat dijumpai di daerah-daerah Jawa.

SESAJI PERLENGKAPAN


Dalam pertunjukan jatilan juga disediakan beberapa jenis sesaji antara lain pisang raja satu tangkep, jajanan pasar yang berupa makanan-makanan tradisional, tumpeng robyong yaitu tumpeng robyong yang dihias dengan kubis, dawet, beraneka macam kembang, dupa Cina dan menyan, ingkung klubuk (ayam hidup) yang digunakan sebagai sarana pemanggilan makhluk halus dan lain-lain.

KERASUKAN

Pertunjukan Kesenian Jathilan ini selalu terjadi adanya kerasukan baik dari dalam pemain maupun dari penonton sendiri, bahkan tak luput penabuh gamelan pun kadang ada juga yang ikut terasuki oleh jin itu sendiri.




PENONTON KERASUKAN



PAWANG JATHILAN



Untuk menyadarkan para pemain diperlukan pawing khusus yang menangani masalah ini, sehingga permainan bisa terselesaikan hingga akhir permainan.



PERTANYAAN
Suatu pertanyaan.. Knapa yak lo Ilmu Hikmah aliran Wiridan/amalan dzikir yang didapat dari wirid yang dari fungsinya bisa mengusir/mengeluarkan jin dari tubuh orang/orang yang kerasukan Jin, ketika digunakan di pertunjukan Jathilan kok tidak fungsi, alias tidak manjur.

Adakah yang bisa member gambaran dan wawasan? Yang paham masalah ini agar dishare pengalaman dan pengetahuannya.

Terimakasih.
[/youtube]
Diubah oleh sprinter.mouse 08-06-2013 18:07
0
10.3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan