ansman900Avatar border
TS
ansman900
Hoax Uang Palsu, Menurut BI Uang Rupiah Baru Sulit Dipalsukan
Kemaren beredar kabar di sosmed kalau ada uang palsu edisi baru yang beredar.

BI Pastikan Kabar Uang NKRI Palsu Hoax



Jakarta - Belakangan ini marak informasi mengenai beredarnya uang palsu NKRI. Bahkan di beberapa media sosial, seperti Twitter dan Facebook sudah banyak unggahan rupiah baru yang diduga dipalsukan.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, Bank Indonesia (BI) memastikan hingga saat ini tidak ada uang baru yang dipalsukan.

"Enggak ada, kan sudah ada keterangan dari BI," kata Mirza di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Menurut dia, kabar adanya uang NKRI palsu ini hanya isapan jempol belaka alias hoax.

"Jadi itu hoax yang bilang uang NKRI ada yang memalsukan," tambahnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat juga untuk tidak menyebarluaskan mengenai kabar hoax tersebut.

"Jangan ikut nyebar-nyebarin yang itu," tandasnya. (ang/ang)

sumber

Heboh Rupiah Baru Dipalsukan, Ini Respons BI



Jakarta - Netizen digegerkan dengan kabar adanya rupiah baru yang dipalsukan. Uang NKRI palsu itu diunggah di jejaring sosial Facebook. Bank Indonesia (BI) pun merespons peristiwa ini.

"Sehubungan dengan informasi yang beredar di masyarakat mengenai adanya pemalsuan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016, Bank Indonesia menegaskan bahwa hingga saat ini Bank Indonesia tidak menerima pengaduan masyarakat yang membawa bukti fisik uang TE 2016 yang diragukan keasliannya," tulis keterangan Departemen komunikasi BI seperti dikutip, Rabu (5/4/2017).

Menurut BI, Uang TE 2016 telah dilengkapi penguatan unsur pengaman untuk menghindari upaya pemalsuan. Dengan penguatan unsur pengaman, bank sentral meyakini bahwa uang Rupiah TE 2016 telah memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali masyarakat dan sulit dipalsukan.

Untuk memastikan mengenai keaslian uang Rupiah kertas, salah satu cara yang mudah untuk dilakukan adalah dengan metode 3D (dilihat, diraba, diterawang).

Baik metode 3D maupun metode lain untuk mengenali keaslian uang, seperti dengan sinar UV dan kaca pembesar, memerlukan fisik uang kertas secara langsung dan tidak dapat dilakukan melalui foto atau gambar.

Selanjutnya, BI mengimbau masyarakat untuk berhati-hati memilah informasi yang beredar mengenai uang rupiah, khususnya yang berpotensi menimbulkan keresahan.

Sebagai lembaga yang berwenang mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah, BI telah menyediakan informasi mengenai ciri-ciri keaslian uang Rupiah yang dapat diakses secara bebas.

Apabila masyarakat menemukan indikasi adanya pemalsuan terhadap uang rupiah, masyarakat dapat mendatangi Kantor BI terdekat untuk memastikan keaslian uang rupiah. (ang/mkj)

sumber

Menurut BI uang rupiah yang baru sulit dipalsukan Gan. Material dan desainnya sudah dibuat sedemikian rupa.

Ini Alasan Uang Rupiah Baru Sulit Dipalsukan

Jakarta - Netizen digegerkan dengan kabar adanya rupiah baru yang dipalsukan. Uang NKRI palsu itu diunggah di jejaring sosial Facebook oleh salah satu netizen.

Rupiah baru ini diluncurkan akhir 2016 lalu. Kabar ada uang palsu ini jadi geger karena uang NKRI ini baru diluncurkan beberapa bulan lalu.

Bank Indonesia (BI) langsung merespons hal ini. Menurut BI, Uang TE 2016 telah dilengkapi penguatan unsur pengaman untuk menghindari upaya pemalsuan.

Dengan penguatan unsur pengaman, bank sentral meyakini bahwa uang Rupiah TE 2016 telah memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali masyarakat dan sulit dipalsukan.

"Sehubungan dengan informasi yang beredar di masyarakat mengenai adanya pemalsuan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016, Bank Indonesia menegaskan bahwa hingga saat ini Bank Indonesia tidak menerima pengaduan masyarakat yang membawa bukti fisik uang TE 2016 yang diragukan keasliannya," tulis keterangan Departemen komunikasi BI seperti dikutip, Rabu (5/4/2017).

Apa saja unsur pengaman yang dipakai BI dalam uang rupiah baru? Ini daftarnya.

Pengaman ini terdiri dari color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso.



Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal.





Sedangkan dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang.



Sementara dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

Tak hanya itu, desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.





sumber

Lebih teliti lagi gan, jangan asal percara berita-berita ala fesbuk. Dilihat diraba diterwang dulu emoticon-Ngakak
0
17.7K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan