opik074Avatar border
TS
opik074
Pesan di AirBnb, Harus Bayar Penuh Walau Booking Dibatalkan



semoga bermanfaat dan jadi bahan pertimbangan bagi teman-teman yang ingin menggunakan airbnb. Terimakasih.

CANCEL BOOKING TETAP HARUS BAYAR. yakin mau pakai airbnb?

Tanggal 3 maret 2017, saya liburan di Kota Bandung. Karena mengejar waktu dan atas rekomendasi teman, saya putuskan untuk booking melalui AirBnb.

Setelah mencari-cari tempat yang tepat, saya memutuskan untuk menginap di Cozy 2br Apartment in Cihampelas.

Setelah booking, host atas nama Pak Rahmat merekomendasikan unit lain yang sejenis. Mungkin dikarenakan unit tersebut tidak available.

Setelah berdiskusi, keluarga tetap ingin di lokasi awal (Cozy 2br Apartment in Cihampelas). Saya langsung menghubungi Pak Rahmat untuk membatalkan booking. Saya juga membatalkan booking melalui aplikasi Airbnb.

https://www.dropbox.com/s/mua5wujpfm...0chat.jpg?dl=0

TETAP HARUS BAYAR
https://www.dropbox.com/s/jyjbod4f13...3g7/airbnb.jpg
Namun saya terkejut saat menerima billing tagihan kartu kredit saya. Di billing tagihan yang saya terima tanggal 20 maret 2017, tercatat tagihan sebesar $52 (Rp. 717,543).

Pertanyaan saya adalah, kenapa saya tetap harus membayar? Padahal saya jelas-jelas tidak telah membatalkan pesanan dan sama sekali tidak menginjakan kaki di lokasi.

Untuk menjawab pertanyaan itu saya berusaha mencari kontak airbnb. Email, telepon, chat, Apapun! agar saya bisa mendapatkan keterangan yang jelas mengenai masalah ini dan resmi dari airbnb.

Namun, Mencari kontak service airbnb bukan hal yang mudah!

Normalnya, penyedia jasa layanan akan menampilkan kontak atau cara menghubungi mereka di website. apalagi airbnb merupakan perusahaan yang "jualan" melalui website, maka adalah hal wajib bagi mereka untuk mencantumkan email, telepon atau live chat sebagai salah satu layanan mereka.

tidak bagi airbnb!

Di website airbnb, Berkali-kali saya mencari halaman kontak, namun tetap tidak ada. saya hanya diarahkan ke halaman FAQ dan berkali-kali saya hanya di arahkan ke halaman ini.
saya tidak menginginkan halaman FAQ, saya ingin menghubungi langsung.


GOOGLE ADALAH CARA SELANJUTNYA
berbagai macam kata kunci saya masukan agar bisa menemukan cara mengkontak airbnb. sama seperti di atas, saya kembali tidak menemukan bagaimana cara menghubungi airbnb.

Facebook! sepertinya ini adalah cara terakhir. Dan saya pun mengirimkan chat melalui facebook airbnb yang tidak bisa dikembalikan!

AKHIRNYA DIJAWAB!!!
"Hi Taufik, Ini adalah respon otomatis. Silahkan hubungi kami di www.airbnb.com/contact.Untuk urusan penting, hubungi kami di +65-6622-7306. Tim kami akan membantu Anda. Terima kasih!

.......MELALUI BOT OTOMATIS!!! 😅

menghubungi lewat facebook pun tidak membuat masalah saya teratasi. halaman www.airbnb.com/contact telah saya buka di awal & tidak ada kontak dihalaman itu.

Dan menghubungi nomor telepon +65-6622-7306 bukan solusi yang lebih baik. Jika saya menelpon ke nomor tersebut, mungkin biayanya akan lebih besar dari biaya yang sudah saya keluarkan. nomor tersebut adalah nomor telepon singapore.

Luar biasa! Perusahaan ini sudah menjadkan Indonesia sebagai market, namun tidak ada nomor telepon lokal yang bisa di hubungi.

REFUND
Setelah beberapa lama dipusingkan dengan pencarian kontak center, akhirnya saya menemukan tautan resolution https://www.airbnb.co.id/resolutions. Di halaman ini saya menemukan fasilitas untuk pengembalian uang!

Sayangnya dari total $52 yang ditagihkan, saya hanya bisa meminta pengembalian $46. Menurut informasi Pak Rahmat selaku host, hal tersebut dikarenakan adanya biaya admin untuk airbnb.

walaupun saya kecewa karena harus membauat $6 untuk tempat yang sama sekali tidak saya tempati (bahkan tidak saya lihat), namun ini lebih baik daripada saya kehilangan $52.

Siapa yang akan mengembalikan uang saya. Airbnb atau Pak Rahmat?
itu jawaban yang sekarang saya tunggu. Pak Rahmat belum merespon pertanyaan saya.
dan Airbnb tidak bisa dihubungi sama sekali.

Quote:
Diubah oleh opik074 05-04-2017 08:33
0
64.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan