Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seher.kenaAvatar border
TS
seher.kena
40 Persen Jalan Nasional di Jawa Barat Rusak


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pengelolaan jalan nasional di Jawa Barat diharapkan bisa melibatkan banyak pihak. Hal itu dirasa penting untuk mempercepat perbaikan jalan nasional yang rusak.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa menambah jumlah balai pemeliharaan jalan di Jawa Barat.

Pasalnya, saat ini terdapat 40 persen jalan nasional yang kondisinya rusak parah dan membutuhkan perbaikan segera.

Namun, berdasarkan kewenangan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak bisa melakukan apa pun untuk memperbaikinya.

“Jalannya banyak yang rusak, silakan keliling, ke Cirebon, di Pelabuhan 2, Sumedang atau tempat lainnya,” sebut Daddy di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dirinya menilai, untuk mengatasi ini harus ada solusi agar kerusakan jalan bisa segera ditangani. Terlebih, banyak masyarakat yang tidak memahami bahwa jalan tersebut jalan nasional.

Untuk mengatasi ini, lanjut Daddy, seharusnya pemerintah pusat menambah jumlah balai yang ada di Provinsi Jawa Barat agar kondisi jalan nasional yang rusak bisa terawasi.

“Masa jalan nasional yang rusak dibiarkan sampai berbulan-bulan, masyarakat kan tahunya itu jalan ada di Provinsi Jabar,” sesalnya.

Selain itu, pemerintah pusat bisa memberikan kewenangannya melalu dana hibah ke balai-balai milik provinsi agar bisa dilakukan swakelola pada pemeliharaan jalan. Daddy menambahkan, usulan ini sudah disampaikan Komisi IV ke pemerintah pusat.

“Tetapi saat evaluasi laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) tadi sudah disampaikan kembali ke Kepala Dinas Bina Marga agar ditindak lanjuti keinginan ini,” ujarnya.

sumber

payah rusak mulu


Spoiler for mulustrasi:
0
2.8K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan