Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mtx98Avatar border
TS
mtx98
Kecil-kecil, Otong Rajin Ikut Demo Ahok, Dia Alumni 411 dan 2


Suara.com - Beberapa anak terlihat asyik mengibar-ngibarkan bendera yang diberi kaligrafi Arab di tengah demonstrasi di sekitar Patung Kuda, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2017), siang.

Demonstrasi tersebut dimotori oleh Forum Umat Islam. Isu utama yang diangkat yaitu mendesak Presiden Joko WIdodo menurunkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan gubernur Jakarta karena sudah berstatus terdakwa perkara dugaan penodaan hukum.

Saat ditemui Suara.com, anak-anak tersebut ikut-ikutan menirukan ucapan orator.

"Tangkap Ahok, tangkap si Ahok sekarang juga," kata anak-anak.

Salah satu anak bernama Otong (9). Dia mengaku senang bisa ikut demonstrasi. Kecil-kecil begitu, ternyata dia alumni demonstran 4 November dan 2 Desember 2016 yang tuntutannya juga untuk menurunkan Ahok.

"Pengin ikut, karena seru ikut aksi," ujar Otong.

Subhan (11) menambahkan ikut demo agar Ahok segera ditahan. Subhan mengaku sudah sering mengikuti aksi massa untuk menuntut Ahok diturunkan dari jabatan gubernur.

"Saya sering ikut aksi biar Ahok dipenjara," kata Subhan.

Sebenarnya pengetahuan mereka tentang kasus Ahok yang sekarang sedang diproses di pengadilan sangat terbatas. Tapi, mereka ikut-ikutan saja apa yang disampaikan orang dewasa.

Selain ikut meneriakkan tuntutan agar Ahok ditahan, mereka juga meminta polisi segera membebaskan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam Muhammad Al Khaththath yang kini ditahan dengan tuduhan terlibat kasus dugaan makar.

"Penjarakan Ahok. Lepaskan Kyai Haji Muhammad Al Khaththath sekarang juga. Allahu Akbar," katanya.

Presiden tak bisa temui demonstran

Presiden Joko Widodo sedang sibuk dan tidak bisa menemui 15 tokoh perwakilan aksi bertema Bela Al Quran itu. Presiden hanya mengutus Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menerima mereka di kantor Menkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Usai pertemuan, Wiranto menyelenggarakan konferensi pers. Dia menekankan Presiden bukan bermaksud tidak mempedulikan perwakilan demonstrasi yang digalang Forum Umat Islam.

"Presiden menugaskan kepada saya untuk menerima utusan demonstrasi. Untuk mendengarkan aspirasi yang mau disampaikan kepada pemerintah. Presiden tidak menerima langsung, bukan berarti beliau kemudian menganggap remeh. Bukan, bukan tidak mau terima," kata Wiranto didampingi beberapa tokoh agama yang menemuinya tadi.

Wiranto menambahkan Istana Merdeka hampir setiap hari didemo massa. Presiden, katanya, tentu tidak bisa menerima semua demonstran saban hari.

"Kalau tiap hari diterima Presiden, pasti nggak bisa kerja. Maka Presiden mengutus perwakilan. Saya diutus untuk menerima perwakilan demonstrasi, hari ini," katanya.

Setelah itu, Wiranto menjelaskan apa saja yang tadi disampaikan perwakilan massa dalam pertemuan.

Sementara itu, di sekitar Patung Kuda, saat ini masih berlangsung demonstrasi. Mereka tidak diizinkan melintasi Jalan Medan Merdeka Barat untuk menuju ke depan Istana Merdeka.

Mereka hanya berorasi di sekitar patung yang terletak di depan gedung Indosat.

Tuntutan utama mereka yaitu mendesak Jokowi mencopot Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan gubernur karena sudah berstatus terdakwa kasus dugaan penodaan agama.

Demonstrasi ini berlangsung di tengah masa kampanye pilkada Jakarta putaran kedua.

http://www.suara.com/news/2017/03/31...ni-411-dan-212
0
5.8K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan