Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mivintageAvatar border
TS
mivintage
[FR] Malang (Batu) dan Bromo 26 - 29 Okt 2016 (Edisi Solo Traveller)
Halo semua,

Saya mau cerita tentang perjalanan saya ke daerah Malang dan sekitarnya akhir bulan Oktober kemarin.
Jadi dari dulu saya kepengen banget ke Bromo buat liat sunrise di sana.
Mulailah buat itinerary selama 1 bulan terakhir, browsing2 bwt cari data dan info seputar Malang dan Bromo.

Rencana awal sempet mau mampir ke Semarang karena tripnya pake kereta tapi mempertimbangkan waktu dan biaya akhirnya di skip aja rencana ke Semarangnya.

Tahap Persiapan:
1 minggu sebelumnya udah disipain semua yang dibutuhkan:
- Booking kereta PP (naik kereta matarmaja dari stasiun Senen) @210rb PP
- Booking hotel (Pohon Inn) Rp. 750rb
- Booking tour untuk trip Bromonya (supaya lebih efisien jadi pake tour aja khusus untuk trip di Bromo nya) Rp. 300rb

Hari H:

Day 1 (26 Oktober 2016)
JKT – Malang 15:15 to 07:50

Jadi sampe di stasiun Senen jam 2 siang, cari makan siang di warteg luar stasiun sama beli roti bwt bekal di kereta,
Asli deh karena pergi sendiri di kereta selama 16 jam gak enak banget. Ditambah kereta matarmaja ini kan kelas ekonomi jadi duduknya tegak bgt, bikin badan pegel2 bok. Untung udah bawa novel jadi ada kesibukan selama perjalanan.
Kereta ini berenti di beberapa stasiun (Cirebon, Semarang, Kediri, Madiun, dll)

Day 2 (27 Oktober 2016)
Sampe Malang jam 7an, sebelum sampe stasiun Malang coba nengok ke arah luar ada kampung warna warni (gw jg baru pas bocah depan gw nunjuk2 ke luar). Lucu2 warna rumahnya.

Spoiler for VIEW:


Turun dari kereta langsung cus buat cari makan, katanya ada tempat makan yang enak deket stasiun namanya warung Buk Matirah.
Di sini jual nasi campur yang katanya enak, saya pesen pake tambahan empal daging. Jd kl nasi campur isinya nasi dgn sayur nangka, krecek dan ikan kering.

Beres makan lanjut ke toko oen yg legendaris. Toko Oen ini sdh berdiri dari 1930, suasanya tempo doeloe bgt. dan biasanya turis asing pasti diajak makan di sini. Di sini saya pesen ice cream dengan nama yg susah diucapkan. Oiya sblmnya saya sempat mampir dl ke alun-alun MLG krn jlnnya 1 arah.

Spoiler for VIEW:


selesai makan ice cream saya mau langsung ke Batu, awalnya mau pesen taxi saja, tp baca2 kl ngangkot jg dekat dan murah ya udah ngangkot deh. Di MLG ini angkot bukan dikasih kode angka tp kodenya berupa singkatan rute angkot tsb. ada ADL, LDG GML dll. Karena saya ke tujuan saya ke Batu jadi haris naik angkot ke terminal Landungsari baru lanjut angkot ke Batu. kode angkotnya ADL dan BJL.

Hari pertama di Batu dihabiskan dengan jalan2 ke Museum Satwa dan Secret Zoo. Ini keren banget sumpah. Zoo nya bener2 bersih, terawat dan terkonsep. Gak rugi ngeluarin uang 75rb (weekdays). Mlmnya ada rencana ke Batu Night Spetaculer. Tp apa mau dikata, badan udah capek bgt gara2 gak enak duduk 16 jam di kereta. akhirnya tepar istirahat buat besok lanjut ke Museum Angkut.

Spoiler for VIEW:


Spoiler for Sarapan sama jaguar:


Spoiler for VIEW:


Pas istirahat di hotel gw mikir kayanya gak bakal kuat kl pulang ke JKT naek kereta lagi. Akhirnya booking pesawat dari SBY dan pesen travel bwt dianter dari MLG ke bandaranya,

Day 3 (28 Oktober 2016)
Siang langsung check out dan titip tas di concierge untuk jalan2 ke MUSEUM ANGKUT (buka jam 12), ke sana naik ojek dari depan hotel, kl naek angkot musti ke terminal Batu dulu.

Di Museum Angkut ini koleksinya keren, alat transportasi dari seluruh dunia ada di sini (kebanyakan mobil) dan museumnya terkonsep dengan baik. Ada zona pesawat, China town, Eropa, Amerika dll. Dan tiap hari ada beberapa show di zona2 tsb.

Spoiler for Mobil Presiden 1 RI:


Spoiler for VIEW:


Puas di museum angkut, mau balik lg ke Jatim Park 2 (Pohon Inn itu masih 1 area) kata security ada shuttle bus nya tp ditungguin 1 jam gak ada jg ya udah naek ojek lagi.

Beres ambil tas, langsung cabs ke Malang kota. lagi2 naek angkot buar irit, Sesuai rencana nanti akan dijemput sama tour Bromo jam 12 mlm di MLG kota. karena masih banyak waktu gw sempet2in nonton bioskop di Dieng Plaza. sekalian beli novel lg bwt temen nunggu.

skip2 sampelah jam 12 mlm dan dijemput sama jeep bwt ke Bromo. Waktu tempuh ke Bromo dari MLG sekitar 2,5 jam. selama itu bs dimanfaatin bwt tidur (walau gak ada enak2nya emoticon-Big Grin). Jadi kl ikut tour ini kita akan digabungin sm orang lain. (waktu itu dibarengin sm 5 orang lain, cewe semua. Bayangin aja 1 mobil Hardtop diisi sama 7 orang. hahahaha)

Spoiler for VIEW:


Day 4 (29 Oktober 2016)
Spot 1: Penanjakan 1

Akhirnya sunrise yang ditunggu2 dateng jg. Sumpah ini best sunrise ever. Langit cerah, cuaca gak dingin2 amat (karena musim hujan, kl musim kemarau bs sampe ada butir2 es di rumput)

Spoiler for VIEW:


Spot 2: Bukit Kingkong dan Bukit Cinta
Best spot lain dari Bromo, ketemu sm bule Kanada cewe sendirian ke Bromo naek motor. cadassss

Spoiler for VIEW:


Spot 3: Kawah Bromo
Musti siapin tenaga, tips dari gw adalah ke atas kawah naik kuda aja bayar 50rb. Turunnya baru jalan.

Spoiler for VIEW:


Spoiler for VIEW:


Spot 4: Pasir Berbisik


Spot 5: Padang savanna aka bukit teletubbies

Spoiler for VIEW:


Selesai dari Bromo jam 12an cuss ke MLG kota dan sampe sana jam 3an langsung dijemput sm travel bwt ke SBY.

Damage Cost sekitar 2jtan (biaya paling mahal ada di hotel (750rb) dan pesawat (450rb), selebihnya biayanya masih affordable lah)



tata604
angraic
angraic dan tata604 memberi reputasi
2
7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan