setanblink182Avatar border
TS
setanblink182
Asal Usul superhero memakai celana dalam di luar
Bismilah, threat newbie, mohon jgn di bata emoticon-Malu (S)


Pernah bingung kenapa Superman (dan banyak superhero lainnya) memakai ‘celana dalam’ di luar?


here 3 reason about that:

1 Berawal dari Pegulat dan Pemain sirkus.

Menurut Julius Schwartz (editor terkenal dari DCS E N S O Rics 1944-1986), yang kita sangka sebagai ‘celana dalam’ itu sebenarnya adalah celana pendek ketat yang sering dipakai oleh para pemain sirkus dan pegulat dari era dimana superhero-superhero awal diciptakan. Pada jaman itu, pegulat dan pemain sirkus dianggap sebagai karakter yang macho, kuat, jagoan dan lincah, cocok untuk menggambarkan karakter seorang pahlawan.


Karakter superhero pertama dalam komik yang mengadaptasi pakaian pegulat/pemain sirkus adalah Flash Gordon (1934) dan Superman (1938). Dan superhero lainnya hanyalah terinspirasi oleh mereka (terutama oleh Superman) sehingga kostum superhero identik dengan ‘celana dalam’ di luar.



2. Supaya Tidak Terlihat Seperti Telanjang

Pada awal tahun 30-an dan 40-an, percetakan komik punya dua bentuk: hitam putih dan empat warna. Waktu itu, buku komik dibuat semurah mungkin, karena belum banyak orang suka membaca komik. Karenanya komik menggunakan kertas yang murah dan cara cetak yang cepat dan murah, yang hasilnya sering bleber (bleeding keluar garis) dan kurang adanya shading atau gradasi atau bayangan. Karenanya outline hitam dan tegas sering digunakan oleh komikus, termasuk garis pada selangkangan agar tidak terlihat telanjang (karena berkostum ketat). (Gambar dibawah: bahkan Mr.Fantastic terlihat memakai ‘celana dalam’ di luar karena outline).



3. Lebih Terlihat Artistik dan “Heroik”

Memang subyektif, tapi banyak yang berpendapat dengan aksen celana merah (atau warna mencolok lainnya) pada kostum akan menambah rasa artistiknya dan juga menambah kesan heroik-nya. Inilah yang mungkin juga dipertimbangkan oleh kreator/komikus masa itu. Coba kita bandingkan:



Tapi kini tiga alasan diatas tentunya sudah tidak berlaku lagi. Para seniman komik (dan film) sudah mulai meninggalkan alasan-alasan tersebut. Superhero tidak perlu lagi menggunakan ‘celana dalam’ di luar. Bahkan sejak 2011, ketika DCS E N S O Rics me-reboot komik-komiknya di New52, Superman sudah melepaskan celana merahnya.


yang keren waktu berubah nih kaya di manga2


Dan yang paling menghebohkan adalah ketika tahun 2013, sutradara Zack Snyder memutuskan untuk menghilangkan celana merah tersebut di film Man of Steel. Fans Superman yang terbiasa melihat versi Christopher Reeves awalnya berang. Tapi menurut Zack, celana merah Superman sudah tidak konsisten dengan dunia yang ia buat. Meski sebagai fans Superman, Snyder juga sudah berusaha tidak menghilangkannya. “Soal kostum adalah hal yang penting buat saya. Saya berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan celana merahnya, sementara semua orang bilang “kamu tidak bisa memakaikan celana itu pada Superman”. Saya sampai harus mempelajari hampir 1,500 versi kostum Superman dengan celana merah.”



Kita masih hidup di generasi transisi, dimana kostum superhero dengan ‘celana dalam di luar’ masih dianggap sebagai ikon, tanpanya rasanya ada yang hilang. Generasi anak cucu kita di masa depan mungkin sudah akan melupakannya dan melihat kostum masa lalu tersebut sebagai sesuatu yang menggelikan.emoticon-Ngakak

harap cendol ya emoticon-Blue Guy Cendol (L)
tien212700
kakekane.cell
kakekane.cell dan tien212700 memberi reputasi
2
12.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan