Kaskus SportAvatar border
TS
Kaskus Sport
Radja Nainggolan, Evolusi Baru Pesepak Bola
November, 2016. Sesuatu terjadi di lapangan Trigoria. Pertama, pelatih Luciano Spalletti mencoba formasi 3-4-3 dalam laga uji coba tim utama AS Roma menghadapi tim Primavera. Formasi itu akhirnya benar-benar diterapkan pada Derby Della Capitale, awal Desember. Roma sukses membungkam Lazio dan sejak saat itu Spalletti nyaris selalu menggunakan formasi tiga bek tengah.

Kejadian kedua, Radja Nainggolan mengenakan kaus latihan bernomor punggung 10. Ini bak penghinaan besar di mata Romanisti yang paling setia. Bukankah nomor itu sudah lekat pada sosok sang pangeran, Francesco Totti? Tidak pantas ada pemain lain yang mengenakan nomor keramat itu. Setelah mencetak lima gol dalam empat pertandingan secara beruntun di Serie A selama Februari, Nainggolan menjadi sosok yang paling dikagumi seantero Roma.



Spalletti pernah mengungkapkan keheranan ketika Belgia tidak dapat memaksimalkan kemampuan Nainggolan. Saat itu, Belgia baru saja dikalahkan Italia 2-0 pada laga pembuka Grup E Euro 2016. Menurut Spalletti, alih-alih Nainggolan, malah Marouane Fellaini yang dijadikan andalan Belgia dalam membongkar pertahanan lawan.

"Kenapa memakai Fellaini sebagai striker? Dari posisi tersebut Radja bisa melesakkan bola, menyelesaikan pergerakan, dan memberi tekanan kepada pemain belakang Italia sampai waktunya dia kembali ke posisi sebagai gelandang," ujar Spalletti kepada Sky Sport Italia.

Dengan komposisi lini tengah Roma yang diperkuat Kevin Strootman dan Daniele De Rossi, formasi baru 3-4-3 sungguh memaksimalkan peran Nainggolan. Berada lebih dekat dengan pertahanan lawan, Nainggolan mampu menggunakan kekuatan fisiknya untuk mencari celah di antara pertahanan lawan sekaligus memberikan tekanan di lini serang.

Formasi tersebut tidak menggunakan dua penyerang sayap murni, melainkan dua gelandang serang yang bergerak di area half space. Peran ini memberi keleluasaan bagi Nainggolan. Apalagi pemain 28 tahun itu memiiki kemampuan tembakan jarak jauh yang sangat baik.

"Dia mungkin evolusi dari spesies pesepakbola," puji Spalletti awal pekan ini.

"Jika Anda memiliki sepuluh Nainggolan, Anda akan memiliki tim yang sangat kuat. Tak peduli apa pun perannya. Nainggolan akan beradaptasi dengan segalanya."

"Jika Anda menempatkannya di depan bek, dia menggandakan kualitas di sana. Dia bisa menembak, seperti yang kita saksikan Minggu lalu [melawan Inter dan menang 3-1], begitu pula dengan mengejar lawan di sudut lapangan. Biasanya jika seorang pemain bisa melakukan satu hal, dia tak bisa melakukan hal lain. Dia bisa mendribel, bisa melewati sepuluh pemain... Dia seorang monster langka."

Supported by:





www.kaskus.co.id
0
4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan