Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Ragam Pendapat Netizen soal Proyek 'Kanibalisme' #Makanmayit yang Gegerkan Linimasa



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jejaring sosial media tiba-tiba diramaikan dengan hashtag #makanmayit.

Seperti diketahui, Makan Mayit merupakan salah satu proyek seorang seniman bernama Natasha Gabriella.

Dalam proyek yang dihelat di Jakarta, Natasha menyuguhkan jamuan makan dengan tema bayi.

Mencoba mengenalkan budaya kanibalisme, Natasha menyajikan menu tersebut di sebuah toko di Jakarta Selatan.

Penampilan menu-menu pun cukup membuat bergidik, sebut saja puding berbentuk bayi, makanan yang disajikan di dalam boneka berbentuk bayi, atau makanan berbentuk otak.

Siapa nyana, proyek tersebut menuai kontroversi di masyarakat.

Ada yang memaklumi dan memandangnya sebagai karya seni belaka, tak jarang pula yang mengecamnya.

Salah satu pendapat dilontarkan oleh netizen pengguna jejaring sosial Instagram dengan nama @why.andrian.

Berikut curhatan @why.andrian:

"Saya bener2 ga habis pikir, bahkan sampai ga berani bayangin, apa yang ada di pikiran dan hati orang2 yang berada di balik event 'dinner' #makanmayit. Event ini udah 2x ternyata digelar di Jakarta, tapi saya baru tau kejadian yang kemarin. Gegara melihat postingan teman saya di Instagramnya yang menggambarkan sederet piring dengan boneka bayi plastik 'dibedel' jadi tempat makanan. Pertama ga ngeh saya pikir cover album musik, sampai teman2 di grup Whatsapp membahas event gila ini. Diskusi sana sini, baca ini itu, termasuk membaca hasil wawancara Vice.com dengan si seniman bernama Tontey ini, saya tetap ga paham, tetap ga masuk akal waras saya, dan tetap sedih atas kejadian ini."

"Sang seniman, yang saya tangkap, sebenarnya ingin menyampaikan pesan (entah apa) tentang kanibalisme terutama di Indonesia, menggunakan boneka bayi dibolongin sebagai 'piring' isi makanan, pudding fetus bayi, dan yang paling menyedihkan adalah mereka state kalau menggunakan ASI dan ekstrak keringat bayi di menu 'dinner'nya."

"Terlepas dari kalimat hiperbola, entah benar atau tidak, tindakan mereka2 itu SANGAT TIDAK SENSITIF dan kebablasan. Memang saya bodoh tentang seni, ga mendalami ilmu filsafat, but I have common sense, dan semua hal yang terkait dengan kejadian itu sangat tidak pantas. Kalau mereka bawa2 kebebasan berekspresi, it's actually their rights mau memandang hidup seperti apa, tapi kalau sudah dibuat jadi konsumsi publik, apalagi orang2 yang ikut dalam pengalaman #makanmayit malam itu justru public figure, lain ceritanya. Sepertinya mereka lupa, di antara pengikutnya mungkin saja ada anak di bawah umur, remaja yang sedang mencari pegangan hidup, ibu yang berkali2 mengalami (maaf) keguguran, ibu yang bertahun2 mendambakan seorang anak, atau seorang ayah yang baru saja kehilangan anaknya yang masih bayi. Ini harus diSTOP! THIS IS SO WRONG! "

Postingan @why.andrian pun mendapat respon dari para netizen.

Sebagai wujud protes terhadap event tersebut, mereka mengunggah ulang postingan @why.andrian.

Pendapat serupa digelontorkan pengguna Instagram dengan akun @jembayu.

Berikut pendapat @jembayu:

"Ga abis pikir. Cuma tiga kata itu sih yang ada di kepala gue sama konsep artsy #makanmayit."

"Memang gue bukan lah penikmat seni, atau ahli seni, atau anak artsy yang kehipster-hipsteran. But this art concept is just a total mess, ignorant, and idiotic! That's not even an art anymore, it's a mental issues! Not only by the artist herself, tapi juga orang-orang yang pengen ikut dibilang 'artsy, gaul, kekinian' whatevs. This is disgusting af, sorry to say!"

"Bagian mana sih letak seninya elo makan beralaskan boneka bayi yg didedel bagian tengkorak dan perutnya, atau puding berbentuk fetus bayi (ini konon bentuknya sama dengan bentuk bayi yang keguguran), atau makanan berbentuk otak bayi, atau makanan yang diklaim memiliki ingredient real breastmilk dan ekstrak keringat ketiak bayi?!?! WTF!!! Disgusting!"

"Mungkin para penikmat kegilaan-ketidakwarasan ini tidak tau bahwa di luar sana, banyak ibu-bapak yang begitu mendambakan kehadiran bayi, atau ibu-bapak yang sedang berduka karena janin yang mereka dambakan menjadi bayi kecil mungil lucu untuk lahir ke dunia gugur, atau ibu-ibu pejuang asi yang empot-empotan minumin segala jenis booster asi demi menghasilkan asi yang berlimpah untuk anaknya."

"ART, seharusnya adalah sesuatu yang indah dan mendalam dan filosofis. Ini? #makanmayit??? Disgusting!"

"Maka dengan ini, saya sebagai manusia yang masih waras otak dan jiwanya, MENOLAK adanya konsep art seperti ini. Semoga si artis dan para hipster-yang-pengen-dibilang-gaul-kekinian diberikan petunjuk bahwasanya isu #makanmayit ini tidak ada waras-warasnya sama sekali."

Sementara, musisi Kartika Jahja menanggapi berbeda proyek tersebut.

Tanggapan terhadap hebohnya tagar #mayatmayit tersebut dilontarkan melalui akun Instagram miliknya @kartikajahja.

Seperti diketahui, Kartika merupakan salah satu orang yang menikmati makan malam ala kanibalisme tersebut dalam foto yang beredar di dunia maya.

Dalam tulisannya, Kartika membeberkan alasannya kenapa tertarik menghadiri event seniman tersebut.

Kartika pun meminta maaf jika foto-foto yang dipublik oleh proyek #Makanmayit tersebut memicu orang-orang yang memiliki trauma.

Berikut tanggapan Kartika:

"Menanggapi ramainya respon tentang performance Makan Mayit karya Natasha Gabriela Tontey."

"Saya tertarik menghadiri karena narasi yg ditawarkan Tontey adalah soal propaganda. Masyarakat modern dikemudikan oleh propaganda: mulai dari film G30S PKI hingga penggambaran siksa neraka dalam komik Tatang S. Kita digiring untuk mempercayai tiap detil yg dipresentasikan sang seniman sebagai kebenaran."

"Dengan datang ke Makan Mayit, saya ingin menguji diri saya; seberapa jauh saya bisa tergiring oleh propaganda meski saya datang dengan kesadaran penuh bahwa semua adalah rekayasa. Kebetulan, tema kanibalisme juga salah satu ketakutan terbesar saya. Hiii. Tapi kan saya tau bahwa kita tak akan benar2 makan orang."

"Rupanya Tontey dan tim begitu mahir membangun atmosfer sehingga saya pun perlahan tergiring propagandanya bahwa saya sedang makan yg tabu-tabu meski sebenarnya makan tahu. Di situ saya belajar tentang efektifnya propaganda -audio visual khususnya- dalam membentuk opini dan perspektif."

"Namun to be fair, saya paham bila foto2nya terasa shocking bagi yg tidak hadir atau belum memahami konteksnya. Saya dan peserta lainnya memang memilih utk datang, dan kami siap dengan shockers yg dihadirkan. Namun ketika foto2 dipublikasikan di medsos, mungkin bisa jadi triggering untuk beberapa orang yang memiliki trauma."

"Bila demikian, saya sampaikan maaf saya dengan tulus. Seharusnya saya memberi semacam Trigger Warning atau penjelasan dalam caption yang lebih jelas. Oleh sebab itu, video dan foto perjamuan saya hapus untuk menghindari trauma trigger, namun bukan sebagai bentuk penyensoran terhadap karya Tontey."

"Setiap orang punya kebebasan untuk menginterpretasikan karya seni, boleh suka boleh tidak. Kritik sangat penting bagi seniman, tapi buatlah sedikit effort untuk memahami sebelum berpendapat. Dengan berdialog, mungkin kita bisa berubah pikiran, atau sebaliknya si seniman yg mendapatkan perspektif baru. Kalo menghujat, ya gak dapat apa2. Hehehe."

Sumber : http://www.tribunnews.com/metropolit...erkan-linimasa

---

Baca Juga :

- Inilah Bripda Hongcin yang Hebohkan Dunia Maya, Sosoknya Cantik

- Kata Ahmad Dhani Soal Alasan Unggah Foto Pernikahan Dirinya dan Maia Estianty

- Prilly Latuconsina Mengaku Dapat Teror dari Empat Hantu

0
32K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan