metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Antasari: Hary Tanoe Diutus Cikeas, Minta Aulia Pohan tak Ditahan


Metrotvnews.com, Jakarta: Bekas Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar menyebut Hary Tanoe pernah menemuinya pada Maret 2009. Hary, kata Antasari, memembawa misi dari Cikeas.


"Hary Tanoe, dia diutus oleh Cikeas. Beliau meminta agar saya jangan menahan Aulia Pohan," kata Antasari di sekitar kantor Badan Reserse dan Kriminal Polri, gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Selasa 14 Februari 2017.


Cikeas merujuk pada tempat tinggal Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.


"Saya diperintah untuk meminta bapak jangan menahan Aulia. Nanti keselamatan bapak bagaimana?" Antasari menirukan pernyataan Hary Tanoe.


KPK menetapkan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Pohan sebagai tersangka dugaan korupsi dalam aliran dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) sebesar Rp100 miliar yang digunakan oleh Bank Indonesia. Pada November 2008, ia ditahan.


SBY dan Aulia Pohan berbesan. Putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono menikahi putri Aulia Pohan, Annisa Pohan pada 2005.


Antasari mengaku tidak menuruti permintaan SBY melalui Hary Tanoe. "Untuk apa dia suruh Hary Tanoe ke rumah saya malam-malam. Apa masih bisa saya katakan SBY tidak intervensi perkara, ini bukti. Tapi saya tidak bisa (tidak menahan Aulia Pohan), inilah yang terjadi," papar Antasari.


Pada 2009, Antasari mengaku sedang mengumpulkan data terkait pengadaan IT KPU.


Pengadilan memvonis Antasari sebagai otak pembunuhan bos PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen. Pesan singkat atau SMS berisi ancaman yang masuk ke telepon genggam Nasrudin disebut dikirim Antasari.


Pada 25 Januari 2017, Presiden Joko Widodo mengabulkan permohonan grasi Antasari. Secara keseluruhan, Antasari menjalani delapan tahun hukuman dari vonis 19 tahun. Antasari bersikeras bukan pengirim pesan singkat berisi ancaman ke Nasrudin.


Pada 2011, melalui kuasa hukum, Antasari melaporkan masalah pesan singkat misterius tersebut ke Markas Polda Metro Jaya, namun hingga kini prosesnya mandek. Pagi tadi, Antasari ditemani Andi Samsudin, adik Nasrudin, mengadukan pesan singkat misterius ke Badan Reserse dan Kriminnal.


Antasari tentu berharap laporannya ditindaklanjuti. "Kalau (proses hukum) tidak bergerak, saya ungkap ke media," ujar Antasari.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...an-tak-ditahan

---

Kumpulan Berita Terkait ANTASARI AZHAR :

- Antasari: Hary Tanoe Diutus Cikeas, Minta Aulia Pohan tak Ditahan

- Antasari Azhar Singgung Nama Hary Tanoe

- Antasari Minta SBY Jujur

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
37.3K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan