ohtidakadayaAvatar border
TS
ohtidakadaya
Unik! Usia 10 Negara ini Gak Lebih Tua dari Usia ABG Tanggung!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)dulu ya gan/sist emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Star Juga Boleh Ko Gan / Sis emoticon-Rate 5 Star

Hai Gan Sist Ketemu Lagi Dengan ane hehehe Apakabar Semoga Kalian Sehat Selalu Ya Gan Sist Ngemeng-Ngemen Kalo Post Thread Ane Repost Ane Minta Maap Ye ye ye .. Langsung aja deh emoticon-Cool





Pasti bangga dong rasanya kalau tinggal di suatu negara yang sudah merdeka. Iyalah, mau ngapa-ngapain udah enak gak terkekang lagi dengan suatu keadaan yang gak sesuai dengan standar kehidupan bernegara kita. Ya ibaratnya masih dijajah gitu. Eits, negara merdeka bukan hanya berdasarkan atas lepas dari penjajahan. Tapi bisa juga karena memisahkan diri dengan negara induknya karena satu dan lain hal. Kira-kira masih ada gak ya negara yang sampai saat ini masih dijajah?

Kali ini mau bahas tentang 10 negara termuda yang ada di dunia. Maksudnya termuda adalah negara-negara ini baru memisahkan diri dengan negara induknya. Tapi ternyata gak semudah itu loh. Membentuk suatu negara itu ternyata gak semudah kamu memiliki masa yang banyak aja. Syarat membentuk suatu negara adalah adanya rakyat, adanya wilayah, adanya juga pemimpin yang berdaulat, dan yang lebih penting adalah adanya pengakuan dari negara lain.

Penasaran kan sama negara-negara termuda ini? Berapa usianya? Langsung aja yuk Gan Sist


1. Bosnia dan Herzegovina


Bosnia dan Herzegovina baru aja merdeka dari Yugoslavia pada tanggal 1 Maret 1992. Negara yang beribukota Sarajevo ini memiliki luas wilayah sekitar 51.197 km persegi. Yugoslavia memang saat ini sudah tidak ada karena memang dilebur menjadi beberapa negara di daratan Eropa seperti, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kroasia, Makedonia, Montenegro dan Slovenia.

2. Slowakia


Slowakia baru bisa merdeka dari Cekoslowakia pada tanggal 1 Januari 1993. Wah, pas banget dengan perayaan tahun baru ya. Cekoslowakia sendiri terbagi menjadi 2 negara yaitu Ceko dan Slowakia. Slowakia yang beribukota Bratislava memiliki luas wilayah sekitar 49.035 km persegi. Lumayan luas juga ya.

3. Republik Ceko


Republik Ceko awalnya bergabung dengan Negara Slowakia sehingga membentuk Negara Cekoslowakia. Bersamaan dengan Slowakia, Republik Ceko juga mendeklarasikan kemerdekaannya berbarengan dengan Slowakia yaitu pada tanggal 1 Januari 1993. Berbeda sedikit dengan Slowakia, Republik Ceko yang beribukota Praha memiliki luas 78.867 km persegi.

4. Eritrea


Negara Eritrea berhasil memisahkan diri dari Ethiopia pada tanggal 27 April 1993. Lucunya, nama ibukota negara ini adalah Asmara. Wow, bisa jadi penduduknya pada kasmaran nih ya. Eritrea memiliki luas wilayah 117.600 km persegi. Luas juga ya untuk sebuah negara baru.

5. Palau


Tenyata ada juga negara yang mau merdeka dari negara adidaya Amerika Serikat. Negara Palau namanya. Baru pertama kali denger ya? Sama. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1 Oktober 1994. Negara yang beribukota Melekeok ini termasuk kecil lho, pasalnya negara ini hanya memiliki luas 459 km persegi. Mungkin cuma cukup buat satu kecamatan kali ya.

6. Timor Leste


Pasti kamu udah pernah denger kabar dari negara tetangga ini. Timor Leste resmi berpisah dari Indonesia dan mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 20 Mei 2002. Negara yang beribukota Dili ini memiliki luas 14.874 km persegi.

7. Montenegro


Negara ini mungkin hampir sama dengan Ceko dan Slowakia. Negara ini awalnya bernama Serbia and Montenegro. Keduanya memutuskan untuk berpisah. Hingga pada akhirnya Montenegro duluan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 3 Juni 2006. Negara yang beribukota Podgrorica ini memiliki luas wilayah 13.812 km persegi.

8. Serbia


Nah, kalau ini adiknya Montenegro. Setelah keduanya berpisah, selang 2 hari dari kemerdekaan Montenegro, Serbia pada 5 Juni 2006 juga mendeklarasikan kemerdekaannya. Serbia yang beribukota Belgrade memiliki luas wilayah yang jauh lebih luas dari Montenegro yaitu sekitar 77.474 km persegi.

9. Kosovo


Sebelum berpisah, negara ini termasuk dalam wilayah Serbia. Kosovo resmi memerdekakan diri dari Serbia pada tanggal 17 Februari 2008. Negara yang beribukota Pristina ini memiliki luas wilayah 10.887 km persegi. Baik juga ya Serbia kasih luasnya segitu.

10. Sudan Selatan


Sudan Selatan mungkin menjadi negara yang paling bontot. Pasalnya, Sudan Selatan baru resmi memisahkan diri dari Sudan pada 9 Juli 2011. Negara dengan Ibukota Juba ini memiliki luas yang lumayan besar lho, 644.329 km persegi.

Kalau disamakan dengan usia manusia mungkin di antara mereka yang paling tua adalah Slowakia dengan usia 24 tahun. Soalnya Bosnia dan Herzegovinia kan sudah dilebur menjadi beberapa negara. Lucu ya, masih muda-muda usia mereka.


SEKIAN DAN TERIMA KASIH GAN / SIST KALO BERKENAN BOLEH KASIH ANE
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ATAU BOLEH KASIH ANE
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
SUMBER
0
48.3K
258
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan