Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

averroes90Avatar border
TS
averroes90
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
INFJ adalah kependekan dari Introvert, iNtuition, Feeling, Judgment. INFJ merupakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI.

MBTI atau Myers-Briggs Test Indicator adalah psikotest yang dirancang untuk mengukur preferensi seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI dikembangkan sejak tahun 1940 oleh seorang penulis berkebangsaan Amerika, Isabel Briggs Myers. Psikotest ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian sesorang. MBTI merupakan instrumen yang paling banyak digunakan di dunia, terutama dalam dunia bisnis untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal.


4 preferensi dalam MBTI:
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial

Sumber Energi: E: Extrovert/dari luar diri I: Introvert/dari dalam diri
Cara memperoleh informasi: S: Sensing/Penginderaan N: iNtuition/Intuisi
Membuat Keputusan: T: Thinking/Logika F: Feeling/Perasaan
Bagaiman kamu memandang dunia: J: Judgment/Menilai P: Perceiving/Mengamati

Ada 16 jenis kepribadian dalam MBTI:

INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial

Kamu bisa mencoba mengikuti tes ini di link berikut https://www.16personalities.com/free...rsonality-test


INFJ merupakan jenis kepribadian yang paling sedikit populasinya dibandingkn jenis kepribadian lain, hanya sekitar 1.5 %, tidak heran mereka termasuk tipe kepribadian yang jarang ditemui.

Ciri-ciri kepribadian INFJ:

1. Mereka sering disalahpahami sebagi ekstrovert

INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Salah satu hal yang membedakan INFJ dari jenis introvert lainnya adalah mereka mudah dalam berkomunikasi. Mereka dikenal sebagai komunikator yang handal.
Untuk sebagian besar orang, jenis INFJ tampaknya sangat ramah dan terbuka. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan ketika INFJ tiba-tiba menarik diri dari kelompok. Sebenarnya, INFJ hanya seperti introvert lainnya, dalam arti bahwa mereka sangat selektif dalam memilih orang-orang terdekat.

2. Mereka sangat suka membantu orang lain
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
INFJ merasa kewajiban dan tujuan mereka adalah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Mereka sering terlibat dalam kegiatan amal dan masyarakat. Mereka dikenal sebagai pribadi yang hangat dan benar-benar peduli terhadap kesejahteraan orang lain.
INFJ adalah seorang idealis, yang berarti bahwa prinsip mereka didukung kuat oleh aksi mereka. Ketegasan mereka dalam hidup membantu mereka untuk mencapai impian mereka, dan itulah yang membuat mereka berbeda.

3. Sensitif diantara yang sensitif

INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Seperti kebanyakan introvert, INFJ sangat sensitif terhadap perasaan orang lain. Mereka berhati-hati untuk tidak melukai perasaan orang lain. Mereka akan berusaha keras untuk menghindari konflik dan kritik.
INFJ juga mempunyai daya nalar yang tinggi tetapi mereka menyadarinya. Mereka ahli dalam membaca makna-makna yang tersembunyi.

4. Ter-Alienasi

INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Seperti introvert intuitif lainnya, INFJ kadang-kadang hanyut dalam pemikiran mereka sendiri. Mereka dapat menjadi begitu asyik di dunia batin mereka yang tidak jarang membuat mereka lupa dengan dunia disekitarnya.
Kelangkaan tipe kepribadian ini membuat banyak INFJ ter-alienasi, mereka merasa terasing didunia ini. Mereka merasa tidak cocok di kutub manapun. Mungkin hal ini yang menyebabkan mereka sering meniru tipe kepribadian yang lebih umum, atau berpura-pura berperilaku seperti orang disekelilingnya.

INFJ juga disebut sebagai jenis kepribadian yang unik dan spesial. Mereka adalah pribadi yang sangat kompleks dan misterius serta sulit untuk dijumpai.

Hal-hal berikut ini yang membuat mereka unik dan spesial:

1. INFJ memiliki pemikiran yang kompleks
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
INFJ mempunyai pemikiran yang sangat kompleks. Ketika mereka mulai berbicara tentang suatu hal yang mereka anggap penting, orang lain sering gagal untuk memahami mengapa itu benar-benar penting.
Alasan banyak orang tidak berada pada panjang gelombang yang sama dengan INFJ adalah karena fungsi dominan INFJ adalah Introvert Intuisi (Ni). (Fungsi dominan adalah cara utama seseorang dalam mengambil dan memproses informasi. Ini adalah cara utama seseorang berinteraksi dengan dunia). Ni secara sadar mengetahui pola; secara khusus, INFJ melihat pola yang berkaitan dengan sifat manusia, karena fungsi sekunder, ekstrovert Feeling (Fe), mengarahkan mereka kepada orang lain. Ni bekerja secara misterius dan sadar. Hal ini memungkinkan INFJ untuk mengetahui informasi tanpa tahu mengapa atau bagaimana mereka bisa mengetahui informasi tersebut seperti layaknya "indra keenam".

INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
"Indra keenam" seorang INFJ sangat sulit mereka jelaskan kepada orang lain. Seringkali INFJ menyerah untuk menjelaskan kemampuan mereka atau tidak mencoba sama sekali, karena mereka yakin orang lain akan menganggapnya aneh. Hal in membuat mereka merasa terisolasi dan sulit dimengerti.[/size

2. INFJ mampu menyerap emosi orang lain

INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
INFJ adalah pribadi yang sangat sensitif. Oleh karena itu mereka bisa dengan mudah merasakan perubahan-perubahan yang terjadi pada orang lain dan ikut merasakan kondisi emosional mereka. Tidak ada tipe kepribadian Myers-Briggs lain yang memiliki kemampuan yang unik seperti ini. Beberapa INFJ bahkan melaporkan menyerap emosi orang yang mereka tidak kenal. Seorang INFJ mungkin tiba-tiba merasa marah, dan ketika mereka mencari tahu, mereka menemukan orang yang sedang marah baru saja lewat. Semakin dekat orang tersebut secara emosional dengan INFJ, seperti pasangan atau sahabat, semakin besar kemungkinan bahwa INFJ akan menyerap kondisi kejiwaan orang tersebut.

3. INFJ memiliki kemampuan mengesankan dalam memprediksi tindakan orang lain.
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Terkadang seorang INFJ mungkin merasa seperti peramal. Itu karena Ni (iNtrovert Intuition) membantu mereka melihat gambaran besar, pola pemberitahuan, dan membuat prediksi untuk masa depan berdasarkan pola yang mereka amati. Sebagai contoh, katakanlah INFJ menemukan orang baru yang mereka sukai. Pada saat itu juga - mungkin dalam beberapa menit - mereka mulai memprediksi kemana hubungan tersebut akan berjalan. Bisakah mereka melihat diri mereka menikah dengan orang tersebut atau ini hanya akan menjadi hubungan sesaat? Jika mereka tidak berpikir hubungan tersebut akan membawa hasil yang mereka inginkan, mereka tidak akan meneruskan hubungan tersebut. Namun, INFJ bukan benar-benar cenayang. Mereka melihat apa yang bisa terjadi- bukan yang pasti akan terjadi. Tetapi INFJ dewasa biasanya telah mengasah kemampuan peramalan mereka dengan baik.

4. Meskipun mereka Perasa (lebih menggunakan perasaan dibanding logika), INFJ memiliki kecerdasan yang tinggi.
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Seorang INFJ sering disangka sebagai INTJ, kembaran INFJ yang "Berpikir" (Lebih menggunakan logika dibanding perasaan). Meskipun INFJ memiliki orientasi terhadap orang lain, karena fungsi ketiga mereka, Introvert Thinking(Ti), mereka juga analitis dan ilmiah. Mereka dapat menikmati karir di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan penelitian. Karena Fe (Feeling) adalah fungsi dominan kedua dan Ti adalah ketiga, dua fungsi ini cukup seimbang dalam INFJ. Memang INFJ tidak terlahir sebagai seseorang yang emosional seperti ENFJ atau ESFJ, yang fungsi dominannya adalah perasaan. Seorang INFJ mungkin meratapi diri bahwa mereka "terlalu emosional untuk Pemikir tapi terlalu logis untuk Perasa" Tetapi ini sangat berguna, membuat INFJ pada umumnya memiliki keseimbangan pemikiran yang sempurna.

5. Salah satu kekuatan terbesar mereka adalah kemampuan mereka untuk menciptakan keakraban
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Pada umumnya, INFJ mungkin dikenal sebagai seseorang yang tenang dan pendiam. Mereka biasanya tidak mudah terbuka terhadap orang baru. Tetapi INFJ sebenarnya sangat mudah berhubungan dengan orang lain. Karena mereka bisa merasakan penderitaan dan kebahagiaan orang lain, mereka dapat benar-benar akrab terhadap orang tersebut, tidak ada tipe kepribadian lain yang seperti itu. Kemampuan untuk berempati menciptakan ikatan keakraban yang kuat.

6. INFJ adalah Introvert
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
INFJ terkadang disebut "introvert ekstrovert." Mereka mendapatkan julukan ini karena mereka bersemangat, antusias, dan banyak bicara ketika mereka bersama orang-orang yang mereka anggap nyaman. Demikian juga ketika mereka berjuang untuk sesuatu yang mereka yakini - seperti meminta orang untuk menandatangani petisi untuk mengakhiri penyiksaan hewan - mereka mungkin tampil sebagai ekstrovert. Namun, INFJ adalah introvert sejati yang lebih memilih untuk memiliki lingkaran kecil pergaulan. Sama seperti introvert yang lain, mereka membutuhkan banyak waktu sendiri untuk mengisi ulang baterai mereka.

7. INFJ sangat sensitif terhadap konflik
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Fe(Feeling) membuat INFJ mencari harmoni dalam hubungan mereka. Mereka berusaha untuk menciptakan perasaan yang baik setiap kali mereka berinteraksi dengan seseorang. Jadi, ketika muncul konflik - terutama dalam hubungan dekat - INFJ dapat menjadi sangat tertekan. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur atau kehilangan fokus di sekolah atau bekerja. Bahkan, mereka mungkin merasakan stres tersebut berefek terhadap tubuh mereka, seperti sakit kepala, nyeri otot, dll. Namun, ini bukan berarti INFJ menghindari konflik dengan menjadi orang yang lemah atau pasif untuk bisa menyenangkan orang lain. INFJ menetapkan batas-batas dan tetap membela kebutuhan mereka. Mereka dapat melakukan ini dengan cara yang diplomatis, menggunakan kehangatan dan pemahaman yang mengalir secara alami dari perasaan mereka.

8. INFJ mengetahui banyak hal tentang orang lain
INFJ, Salah Satu Jenis Kepribadian Langka yang Unik dan Spesial
Ni(Intuition) dan Fe(Feeling) bekerja sama untuk mengumpulkan informasi tentang orang lain. Seorang INFJ tidak hanya mengingat ulang tahun seseorang atau bagaimana mereka mengambil kopi; INFJs menggunakan Ni untuk menembus ke hal yang lebih dalam. Mereka mengamati perasaan orang lain dan mencari tahu apa yang membuat mereka seperti itu. Misalnya, mereka memahami bahwa rasa sakit hati teman mereka bukan hanya berasal dari permasalahan yang mereka hadapi saat ini, tetapi juga dari rasa takut yang mendalam dan tidak merasa dihargai yang sering mereka hadapi selama ini. Mereka tahu kapan seseorang berbohong, bahkan ketika mereka berbohong kepada diri mereka sendiri. INFJ tidak menyadari bagaimana mereka tahu begitu banyak tentang orang lain, dan mereka jarang mengungkapkan kedalaman pengetahuan mereka.


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Myers-...Type_Indicator
https://www.careerplanner.com
https://www.cppasiapacific.sg
http://introvertspring.com/
http://introvertdear.com/
http://www.jennifersoldner.com/
1
78.6K
38
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan