mrifaiAvatar border
TS
mrifai
Augmented Reality vs Virtual Reality, Agan yang Mana?
Augmented Reality? Virtual reality?

Kayaknya yang reality-reality lagi hits banget nih di era sekarang. Tapi, apakah agan sudah akrab dengan kedua teknologi ini? Kali ini ane mau membahas mengenai perbedaan kedua teknologi ini. Meskipun beberapa thread sudah pernah membahasnya, tapi apa yang mau ane bahas di sini untuk memperjelas perbedaan dan keunggulan keduanya, biar Agan juga bisa memanfaatkan teknologi ini dengan lebih maksimal. Kita bahas dulu sekilas satu persatu ya,

Augmented Reality (AR)



AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Semacam penambahan konten virtual ke dunia nyata, sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan konten virtual secara langsung di dunia nyata.

Virtual Reality (VR)



Virtual reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, virtual reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang. Seperti hal virtual yang terasa nyata.

Sudah lihat bedanya Gan? Mudahnya, pada Augmented reality, Agan bisa melihat dunia nyata dengan tambahan si objek virtualnya. Tapi dalam Virtual reality, dunia nyata nya hilang sama sekali dan diganti dengan gambaran virtual.

Oke, biar makin jelas ane kasih contoh beberapa perangkat yang sudah menggunakana teknologi ini.



Perangkat yang menggunakan teknologi VR salah satunya adaah Google Cardboard. Ini salah satu yang cukup sederhana, karena dibuat menggunakan kertas. Dengan menggunakan Google Cardboard kita bisa merasakan pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyroscope dengan Google Cardboard. Beberapa perangkat lainnya cukup populer adalah Oculus Rift, Samsung Gear VR, PlayStaion VR, HTC Vive, dan produk lokal seperti Octagon VR pun ada Gan. Alat-alat ini buat apa? Mostly sih untuk main game, terutama game-game FPS (first person shooter) bakal terasa lebih hidup di mana Agan terasa hidup di dalam game terebut. Fungsi lainnya, untuk menonton video, karena beberapa video sudah menyediakan fitur VR, paling mudah Agan bisa cari di youtube. Efeknya, berasa nyata banget di mata. Secara luas teknologi ini bisa dipakai untuk bidang medis, arsitektur, penerbangan, dan hiburan.



Sementara itu, deretan teknologi AR juga udah banyak Gan. Salah satu yang terkenal misalnya, Microsoft HoloLens. Perangkat ini berfokus pada penggabungan hologram tiga dimensi yang bersifat augmented reality dengan dunia nyata. Dengan bentuk semacam kacamata, Agan bisa melihat visualisasi dari berbagai hal diwujudkan di dunia nyata. Misalnya memunculkan tampilan tv di tembok, menampilkan hologram dari desain yang dibuat, dan hal-hal bermanfaat lainnya. Seperti gambaran di film-film masa depan gitu Gan

Perangkat AR lainnya itu seperti Google Glass. Secara luas, teknologi AR ini biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, dan manufaktur.

Udah makin kenal kan sama AR dan VR? Biar makin dapat gambaran jelas, ane mau cerita beberapa game atau aplikasi yang memakai teknologi ini.

Quote:




sumbernyadari sini dan dari sana

Polling
Poll ini sudah ditutup. - 183 suara
Mana Teknoogi yang lebih Agan Sukai?
Augmented Reality
21%
Virtual Reality
24%
Lari dari reality
55%
Diubah oleh mrifai 10-02-2017 04:59
0
25.8K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan