sengkulaiAvatar border
TS
sengkulai
Tembus Gunung dan Sungai, Ini Penampakan Jalan Trans Papua


Jakarta - Jalan Trans Papua sepanjang 4.330,07 kilometer (km) terus dibangun. Infrastruktur ini akan menyambung dari Sorong di Provinsi Papua Barat, hingga Meauke di Provinsi Papua.

Dari data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (7/2/2017), total panjang Trans Papua di Provinsi Papua adalah 3.259,45 km, sedangkan yang di Provinsi Papua Barat panjangnya 1.070,62 km.

Dari total panjang tersebut, ada 231,27 km jalan baru yang dibangun di 2016, sehingga total Trans Papua yang tembus hingga saat ini sebesar 3.851,93 km, dan yang belum tembus sebesar 479,04 km.



Untuk tahun ini, ditargetkan 143,35 km jalan baru akan dibangun, sehingga total yang akan tembus menjadi 3.995,28 km. Ini berarti sisa jalan yang belum tembus sepanjang 334,79 km akan dirampungkan hingga 2019.

Ada berbagai wilayah pegunungan yang ditembus hingga sungai, sehingga harus dibangun jembatan agar jalan bisa tetap tersambung. Salah satu kendala dalam melakukan pembangunan jalan Trans Papua adalah keterbatasan informasi saat membuka lahan baru.



Selain itu, kendala pembangunan jalan Trans Papua adalah mobilisasi peralatan, di mana sangat sulit membawa alat-alat berat ke daerah yang terpencil atau bahkan terisolasi.

Kemudian, tak jarang pihaknya juga mendapat gangguan keamanan dari warga setempat. Hal ini membuat pihaknya melakukan kerja sama pengamanan dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar kejadian penculikan atau penyanderaan pekerja yang sempat terjadi tak terulang lagi.

Sumber : https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3415742/tembus-gunung-dan-sungai-ini-penampakan-jalan-trans-papua

Terima kasih presiden
Terima kasih mentri pupr
Terima kasih TNI
0
12.8K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan