Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nagitacandraAvatar border
TS
nagitacandra
Cara Ampuh Mencegah Kebotakan Pada Pria
Cara Ampuh Mencegah Kebotakan Pada Pria




Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang tebal dan indah. Oleh sebab itu, upaya mencegah kebotakan rambut alami tentunya akan sangat menjadi perhatian bagi setiap orang, terlebih pada pria. Kebotakan rambut sudah menjadi masalah rambut yang umum dihadapi oleh pria. Diawali oleh rambut yang mengalami kerontokan parah terus menerus, baik dalam jangka waktu pendek hingga jangka waktu yang cukup lama.

Bagian rambut pria yang mulai botak juga beragam, ada yang mulai botak pada bagian dahi atau jidat dan membentuk M pada dahinya. Ada juga yang pola kebotakan rambutnya bergerak dari tengah-tengah kepala lalu menyebar dan meluas hingga sebagian besar rontok semua rambutnya. Lalu, sebelum kondisi rambut botak parah dan meluas itu terjadi, bagaimana cara mencegah kebotakan rambut alami pada pria?

1. Menerapkan pola makan sehat



Rambut pun memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan sehat. Biasakanlah untuk banyak mengonsumsi makanan berserat, serta sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral.

Selain itu, kurangi konsumsi gula yang dapat menjadi penyebab diabetes. Beberapa penelitian menemukan pria yang menderita diabetes dan hipertensi cenderung mengalami kebotakan.

2. Jauhi stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab kebotakan pada rambut Anda. Hal ini biasa dikenal sebagai Alopecia areata. Saat pria mengalami stres berat, sistem imun dalam tubuh akan menyerang folikel rambut. Hal ini membuat rambut rentan untuk rontok.

Meski demikian, gejala ini tidak permanen. Biasanya rambut akan kembali tumbuh saat stres teratasi.

3. Tidak merokok dan menjauhi sinar matahari



Sebuah studi yang dilakukan terhadap 66 pasangan pria kembar di American Society of Plastic Surgery menemukan bahwa merokok serta terkena paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab kebotakan pada rambut.

Sinar UV serta zat-zat kimialah yang membuat rambut rentan rontok untuk kemudian menjadi botak.

4. Ketombe


Ketombe pun dapat menjadi penyebab kebotakan pada pria. Masalah ketombe membuat rambut menipis yang berujung pada kebotakan. Atasi ketombe dengan menggunakan obat atau sampo yang banyak dijual di pasaran

5. Jangan mewarnai rambut

Study juga menunjukkan bahwa pewarna yang diisi dengan bahan kimia bisa mengakibatkan reaksi alergi kronis serta dermatitis yang bisa mengakibatkan rusaknya pada folikel kulit kepala serta rambut.

Sumber :
https://inti-kesehatan.blogspot.co.i...usia-muda.html
http://citizen6.liputan6.com/read/22...ut-kepala-pria

Sumber Gambar :
http://perawatankulitmu.com/wp-conte...tak-rontok.jpg
http://cdn.klimg.com/vemale.com/head...-kebotakan.jpg
http://static.republika.co.id/upload...095301-424.jpg
Diubah oleh Kaskus Support 15 08-02-2017 03:56
0
2.5K
20
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan