cherryllinAvatar border
TS
cherryllin
Pengangguran yang menanti visa
Halo agan sista semua. Kenalin ane sista umur 18. Ane mau curhat tentang penantian visa studi ane yg panjang šŸ˜…
Jadi ane lulus SMA taun 2015. Rencana lanjut kuliah di Ausie. Kuliahnya bkn di kampus bagus kok, tpi yg biasa aja.
Waktu masih SMA, ane mulai nyari agent yg ngurus kuliah di luar negeri. Di kota ane sih ada banyak agent kyk gitu. Tapi ane nyari yg bisa ngurus visa buat anak yg blm 18thn. Kalo belum 18thn, harus ada wali yang ngejamin kita disana. Waktu itu bulan April 2015, ane mesti nunggu sampai Agustus 2016 baru genap 18thn šŸ˜Ŗ Dari semua agent yg ane tanyain, cuma ada satu yg blg mereka bisa urusin masalah wali ini. Jadi ya ane pake agent itu dong.
Bulan Juli 2015 sambil mengurus dokumen, ane kerja sama paman. Kerja nya cukup berat sih, kerja gudang. Kerjaan ane tiap hari itu naik turun tangga buat ngambil orderan, packing orderan, nyusun barang, cek stock barang, dll. Ane kerja selama setahun.
Sambil kerja sambil pantau jg nih kemajuan proses buat visa ane gimana. Pertama ditanya ke agent, katanya sebelum imlek bisa berangkat (Januari 2016). Imlek pun udah lewat. Ditanya lagi, katanya bulan depan bisa pergi (Februari 2016). Begitu terus.
Akhir Juli 2016 Ternyata ane di PHPin sama agent itu, katanya sebelum ane umur 18 uda bisa berangkat ke Ausie. Nyatanya yah hanya bisa nunggu cukup umur. Ane pun resign dari kerjaan. Alasan resign saat itu karena ane pikir kurang dari sebulan lagi ane ultah ke 18. Jadi nganggur sebentar gpp lah anggap aja lagi liburan hehe.
Akhir September 2016 ane mohon visa ke kedutaan.
Awal Oktober 2016 aplikasi visa ditolak mentah mentah šŸ˜„ Galau lah dengar kabar itu. Tapi ane mau coba apply visa lagi.. Setelah visa ditolak baru ane ngerasa galau karena nganggur. Gak ada kegiatan. Mau balik kerja, gak mungkin karena udah ada orang baru.
Awal November 2016, ane denger kuliah di New Zealand(NZ) bagus juga nih. Banyak yg visa Ausie nya ditolak beralih ke NZ. Mungkin karena populasi NZ gak sebanyak Ausie kali yah makanya imigrasi lebih welcome? Ane pun berpindah hati ke NZ. Pengurusan tetap pakai agent yg sama.
Januari 2017 Ane udah dapet surat penerimaan dari kampus buat masuk akhir Februari nanti. Tapi sampai saat ini proses buat apply visa belum kelar. Ane makin kalut.
Rasanya dilema takut di PHPin lagi. Ane udah buang banyak waktu. Disaat teman seangkatan udah masuk semester 4, ane kuliah aja belum. Kegiatan aja gak ada. Imlek yang biasanya bikin happy, kali ini malah bikin ane muram. Karena tiap silahturahmi ke rumah saudara pasti ane ditanyain kpn berangkat ke NZ? Ane capek nganggur begini. Banyak yang suruh kerja, tapi ane ini masalahnya di waktu. Kalau benar sesuai rencana ane bisa pergi akhir Februari, gak mungkin kan kerja cuma sebentar begitu. Tapi galau jg karena kalau gak sesuai rencana, ane nganggur makin lama dong.
Agan sista sekalian, kalau berkenan mohon comment ya apakah ada saran buat ane, ataupun motivasi buat ane.
Terima kasih udah mau baca thread ini.
0
5.1K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan