Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

infobpomAvatar border
TS
infobpom
16 Tahun Kiprah BPOM Untuk Indonesia, Yuk Cari Tahu Tentang BPOM
Ngomongin obat dan makanan, pernah ga sih kalian perhatiin labelnya? Sadar ga sih kalo kita ini sering banget asal minum obat, asal minum jamu, asal minum suplemen, asal pake kosmetik, asal makan? terutama makanan nih, yang penting asal enak aja kan di lidah. Belum lagi obat kuat yang katanya bikin tokcer semaleman. Para wanita juga nih yang hobi dandan pake kosmetik dan pengen tampil cantik bling-bling kaya artis Korea gitu. Padahal tuh produk belum tentu terjamin aman, bahkan bisa membahayakan kesehatan.

Kalian perlu tau lho bahwa pemerintah terus ngawasin peredaran obat dan makanan di Indonesia. Tahu gak lembaga apa yang melakukan pengawasan obat dan makanan? Coba deh perhatiin di kemasan obat ada tulisan DBL/DTL/dll. kemasan jamu ada tulisan POM TR/HT/dll. Kemasan kosmetik ada tulisan NA/NB/NC/ND/NE. Kemasan suplemen ada tulisan POM SD/SI/SL atau kemasan pangan ada tulisan BPOM RI MD/ML. Nah Badan POM atau BPOM lah lembaga yang bertugas ngawasin obat dan makanan kita. Yuk cari tau banyak hal tentang BPOM biar kita makin peduli sama obat dan makanan yang kita konsumsi.

Badan POM hadir melayani dan melindung masyarakat

Halo Gan and Sis... tau ga sih.. ternyata sudah 16 tahun lho BPOM hadir melayani dan melindungi masyarakat.. Sejarah lembaga ini sudah cukup panjang.. semula di bawah Departemen Kesehatan (sekarang Kemenkes) dengan nama Ditjen POM, kemudian pada tahun 2001 menjadi Badan POM atau BPOM sebagai lembaga pengawasan independen. Sejak berdiri sampai saat ini BPOM sudah melewati 6 kali periode kepemimpinan nih mulai dari Dr. H. Sampurno, Apt., M.B.A.; dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, M.S., M.Kes., Sp.FK.; Dra. Kustantinah, Apt., M.App.Sc.; Dra. Lucky S. Slamet, Apt., M.Sc; Dr. Ir. Roy A. Sparringa, M.App.Sc, dan sekarang dinahkodai Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP.







Tepat 20 Juli 2016 di Istana Negara, Presiden Joko Widodo resmi melantik Penny Kusumastuti Lukito sebagai Kepala BPOM. Pengalamannya di bidang pengawasan pembangunan membuat presiden menunjuk Penny dengan tugas khusus untuk memperkuat posisi BPOM. Perempuan lulusan doktor pada Departement Civil and Environamental Engineering dan minor pada City and Regional Planning, University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat ini memiliki strategi jitu untuk semakin memperkuat BPOM. Pengawasan semesta merupakan konsep besar yang ditransformasikannya dari Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM) 3 lapis, yaitu pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

Hari ini, 31 Januari 2017, tepat 16 tahun kiprah BPOM untuk Indonesia. Apa aja sih yang dikerjakan BPOM? Pernah lihat di berita kan, BPOM keluar masuk pabrik, gudang, toko, supermarket, pasar? itulah salah satu kerjaan BPOM dalam mengawasi produk di pasaran, menyita produk ilegal atau palsu, dan menindak tegas oknum pelaku usaha yang bandel melanggar aturan. BPOM juga sering dateng ke sekolah, kampus, dan komunitas untuk edukasi cara memilih obat dan makanan yang aman. BPOM bahkan peduli lho pada UMKM, buktinya BPOM ngajarin cara produksi makanan atau jamu yang aman.. dan masih banyak lagi upaya BPOM untuk lindungi kita semua.



Kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab kita bersama

Nah semua yang dikerjain BPOM ternyata ga akan berdampak optimal lho tanpa bantuan kalian sob.. Kalo mau sehat, mulailah hidup sehat dari diri sendiri. Jangan hanya ngandalin pemerintah ya....karena pemerintah kan cuma segelintir orang....gak mungkin bekerja sendiri.



Masyarakat harus menjadi konsumen obat dan makanan yang cerdas, karena kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab kita bersama. Gampang ko caranya..salah satu caranya simak terus tulisan ini ya.

Cek KLIK

Gan n Sis, penting nih buat kita.. gimana sih cara memilih obat dan makanan aman.. gampang ko ga pake ribet. Yuk peduli sama kesehatan sejak dini.. Ada tips sederhana nih dari BPOM untuk dapetin obat dan makanan yang aman, yaitu dengan “Cek KLIK”..Apa sih ituu?? Yuk cekidot.. Pertama cek “Kemasan”.. harus dalam kondisi baik ga boleh rusak, bolong, penyok, atau bocor. Ke-dua cek “Label” perhatiin informasi nama produk, nama dan alamat produsen, komposisi, berat bersih, nilai gizi, logo halal, dll.



Ke-tiga cek “Izin edar” pastikan ada Nomor Izin Edar nya dari BPOM.. mana sekarang gampang banget kita tinggal donlot CEK BPOM di playstore trus masukin aja nama produk atau nomor izin edarnya, langsung keliatan deh terdaftar ato gak nya di BPOM. Ke-empat cek “Kedaluwarsa” .. jangan sampai produk yang kalian konsumsi melebihi masa kedaluwarsa, kedaluwarsa itu adalah batas waktu jaminan keamanan produk, jadi kalo lewat masa kedaluwarsanya jelas gak kejamin deh keamanannya.

Perkuatan Badan POM

Nah semua upaya yang dikerjakan BPOM tersebut gak akan maksimal kalo BPOM tidak bisa menindak secara hukum para pelaku usaha nakal yang memproduksi obat dan makanan palsu bahkan mencampur produk mereka dengan bahan berbahaya.. belum lagi cakupan pengawasan wilayah Indonesia yang luas sekali dengan ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke dengan begitu banyaknya pintu masuk perbatasan yang memungkinkan produk obat dan makanan ilegal masuk ke Indonesia.



Maka dari itu diperlukan perkuatan mulai dari perkuatan dasar hukum, kelembagaan, kewenangan, SDM, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling penting, BPOM harus punya UU Pengawasan Obat dan Makanan biar semakin kuat dalam melakukan pengawasan di seluruh Indonesia.

Yuk kita dukung upaya BPOM dengan mengonsumsi obat dan makanan aman dan jangan lupa Cek KLIK sebelum membeli produk ya Gan n Sis.. emoticon-Shakehand2
Diubah oleh infobpom 02-02-2017 04:11
0
5.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan