Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Pembuat Hoax akan Dikejar di Dunia Nyata


Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menyatakan 'perang' terhadap berita bohong alias hoax di dunia maya. Bila berita yang dibuat sudah keterlaluan, pembuatnya pun bakal diusut di dunia nyata.


"Ke depan, kita akan lebih dalam, bukan hanya menutup. Kalau sudah tendensius kita akan kejar, upayanya lebih, sampai ketahuan orangnya mana," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Semuel A. Pangerapan kepada Metrotvnews.com, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2017).


Dia pun bercerita, aparat di Indonesia sudah berpengalaman dalam menangani kasus-kasus yang melibatkan dan terjadi di dunia siber. Salah satu contohnya, kata dia, pengejaran pedofil asal Surabaya pada 2014.


"Dia pura-pura jadi orang lain, perdaya anak-anak. Dia foto dan di-upload. Kita kejar, ketemu sampai alamat rumahnya," papar dia.


Bila nantinya ada pengejaran pembuat hoax, dia hakul yakin tidak menjadi perkara sulit. Kemkominfo pun sudah sering bekerja sama dengan Kepolisian, operator, serta instansi terkait lainnya.


Mantan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menuturkan, penanganan berita hoax akan dilakukan secara cepat. Hal ini untuk mencegah beritanya tidak menyebar ke mana-mana.


Kendati bakal bertindak tegas, Semuel menekankan masyarakat umum tidak perlu khawatir. Pemerintah. kata dia, hanya akan mengawasi pihak-pihak yang 'bermain' dalam bisnis berita hoax maupun kejahatan siber lainnya.


"Kami awasi yang bermasalah supaya masyarakat hidup dengan aman. Anaknya nyaman, dia transaski juga nyaman karena dilindungi. Kalau ada orang jahat ambil data-data, nanti ada kerugian ekonomi. Yang tidak punya kegiatan jahat jangan takut," papar dia.


 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...di-dunia-nyata

---

Kumpulan Berita Terkait HOAX :

- Kemkominfo Terima 732 Aduan Hoax dalam Sepekan

- Menkominfo: Pemerintah Tak Bisa Mengatasi Hoax Sendirian

- Empat Jenis Pembuat Hoax

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
15K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan