siipungaskusAvatar border
TS
siipungaskus
Nabung nikah VS beli mobil?


Gak cuma nikah aja yang harus dibuatin tabungan ‘khusus’, kalo mau beli mobil juga harus nyiapin tabungan khusus, Gan. Banyak artikel-artikel tentang persiapan pernikahan yang isinya adalah : sesuaikan ide pernikahanmu dengan budget nikahmu. Dengan kata lain, kalau punya tabungan lebih, silakan bikin pesta meriah. Tapi kalau uangnya segitu aja, ya jangan muluk-muluk, adain acara resepsi sesederhana namun tetap bermakna. Apalagi sampe ngutang-ngutang demi acara pernikahan, jangan sampe deh Gan. Kan yang paling penting adalah kehidupan setelah nikahnya harus terencana dengan baik. Apalagi buat agan-agan sekalian nih, harus punya rencana setelah acara resepsi mau kasih makan anak orang pake apa….. karena dia sudah menjadi tanggung jawab kita, jangan sampai uang habis hanya untuk resepsi dan ‘gengsi’ semata emoticon-Big Grin
Ngomong-ngomong soal nikah dan mobil, ane mau share pengalaman ane soal rencana beli mobil yang akhirnya kebeli juga 1,5 tahun lalu. Pas banget saat itu ane juga lagi nabung buat nikah yang sudah dimulai sejak 4 tahun lalu.
“Waduuu puyeng gak?”
Nggak!
“Kok bisa?”
Karena sama halnya dengan menikah, kita mesti sesuain keinginan kita punya mobil dengan budget yang kita punya. Bukan cuma bayar mobilnya, tapi hal-hal ini perlu dipikirin juga Gan sebelum kita putusin untuk beli mobil.

1. Merk, Warna, Tahun & Tipe Mobil

Kalau agan juga lagi nyiapin nikah, pasti agan dipusingin sama yang namanya ‘konsep’ acara. Kita mau bikin acara temanya apa sih, konsepnya gimana, bagus gak ya kalo diliat orang, dll. Nah, milih mobil juga gitu! Kita pasti bakal dipusingin oleh banyak pilihan tipe, tahun keluar, warna mobil, dan pastinya merk yang kita mau. Tahun keluar itu jadi pertimbangan penting kalo agan berniat beli mobil second (bekas). Kita juga harus cari rekomendasi dan referensi merk-merk mobil tertentu mana yang lebih terpercaya, lebih bagus, lebih mudah servicenya. Kalo nentuin warna, itu selera banget ya Gan. Ane saranin, setelah nanya dari satu showroom ke yang lainnya, warna paling aman buat dibeli itu warna item. Selain harga jualnya gak jatoh, perawatannya juga gampang, kalo kotor gak terlalu keliatan. Cocok banget deh buat yang gak ada waktu buat nyuci-nyuci mobil emoticon-Stick Out Tongue eh tapi jangan sampe kebangetan ya kotornya…… Gimanapun mobil bersih itu bikin sedap dipandang. Kayak cewek atau cowok aja, gak penting cantik/ganteng, yang penting good looking, enak diliat. *Curcol*
Terlepas dari tampilan luar itu, jangan sampai kita hanya ingin gengsi-gengsian milih tipe mobil paling bagus dan keluaran terbaru, tapi untuk perawatannya bikin tabungan ngos-ngosan.
Nah lho..

2. STNK & Pajak Kendaraan

Ketahuilah, Gan… Ini adalah hal-hal yang nampak sepele namun butuh perhatian lebih. Ngurusin perpanjang STNK dan bayar pajak kendaraan kita bukan satu hal yang harus dihindari karena itu adalah kewajiban kita sebagai pemilik mobil (kecuali tuh mobil atas nama orang tua agan ya).
Coba browsing-browsing berapa sih biaya perpanjang STNK (+SIM kalo perlu) serta pajak kendaraannya.
Ngeluh karena ternyata biayanya mahal?
Pikir ulang deh tabungan agan cocoknya beli mobil atau naik alternatif kendaraan lain. Kurang lebih di pernikahan juga gitu, Gan, jangan dipikir semuanya akan berjalan enak aja, kita udah harus siap sama kewajiban-kewajiban biaya yang mesti dikeluarin setelah nikah.
So, be prepared! B-)


3. Bensin

Perjalanan dari mobil gak cuma sampe “bayar dan bawa pulang mobilnya”. Tapi, ada bensin yang harus kita beli tiap hari tergantung kebutuhan. Jangan ngeluh kalo bensin naik, tau kewajiban setelah punya mobil akan seperti apa. Berdoalah semoga kondisi perkenomian bangsa ini stabil jadi bensin (siapa tau) bisa turun. Aamiiin emoticon-Big Grin *loh jadi ngarepin turun*
Jangan kasih mobil kita bahan bakar yang gak sesuai cc-nya, Gan. Rusak malah bikin berabe!
Sama banget kayak pernikahan, Gan! Nikah itu gak selesai pas saksi dan hadirin bilang “SAH!”.
Setelah tamu pulang, yang cowok harus kasih makan istrinya, dan kemudian anaknya, sampai tua, begitu seterusnya. Kalo udah nikah masih tinggal sama orang tua? Ya nafkahin orang tuanya juga dong kalo bisa mah emoticon-Big Grin

Ane gak setuju kalo dibilang beli bensin buat mobil dan beli makan buat istri itu adalah konsekuensi, karena konsekuensi itu terkesan ‘hukuman’ atau akibat dari suatu sebab. Kalo beli mobil dan menikah kan itu emang keputusan yang agan pilih sendiri, jadi itu adalah kewajiban. Jalani kewajiban dengan senang hati, maka semuanya akan dimudahkan.

4. Manfaat Mobil

Sebelum beli mobil, tanya ke diri agan, “ini mobil bakal ane pake buat apa ya”. Apakah dipake untuk transportasi antar barang (usaha dll), pergi ke kantor sehari-hari, kuliah, untuk dikoleksi, atau cuma dipake buat pergi sama keluarga pas Sabtu-Minggu?
Ketika kita udah tau fungsinya untuk apa, itu akan mempermudah kita buat milih tipe mobil yang kita mau. Kalo tipe agan tipe yang suka hangout sama temen-temen deket, atau keluarga kecil (1-2 anak), cari yang 4 seater. Kalau keluarga besar? Yaaa disesuaikan kebutuhannya kira-kira mana yang cocok.
Kalau di pernikahan, kita bukan cuma nyari pernikahan yang menghasilkan manfaat buat kita, tapi justru kita harus cari cara gimana caranya bikin pernikahan kita menjadi pernikahan yang bermanfaat, baik untuk pasangan, maupun untuk sekitarnya, Gan. Jadi, pastikan kalau kita telah menemukan pasangan dengan visi misi yang sama dan memiliki nilai (value) yang sama dalam hidup agar tetap sejalan dan bermanfaat hubungannya. Yuhuuu! emoticon-Big Grin

5. Cash atau Credit?

Ada 2 cara untuk membeli mobil : cash atau credit (kalo dapet doorprize atau mungkin hadiah dari kantor mah rezeki di luar yang ini ya Gan hehe). Ada 2 saran ane :
Kalo credit, hitung berapa pendapatan dan pengeluaran agan sebelum nyicil mobil dalam sebulan. Bagi yang udah nikah dan apalagi udah punya anak, buat ane biaya pendidikan anak lebih prioritas daripada nyicil mobil. Jadi pikirin mateng-mateng ya gan. Jangan sampe gaji <7 juta, buat nyicil mobil 5juta per bulan, sisanya 2juta buat biaya operasional + nafkahin anak istri.
Kalo cash, targetin agan mau beli mobil di tahun berapa, dengan biaya perkiraan berapa.
Misal : Agan targetin tahun 2020 udah punya mobil sendiri dan gak masalah kalau beli mobil bekas (misaaaal). Mobil bekas yang mau dibeli kemungkinan harganya 120juta.

Hitung mundur dari sekarang ke tahun 2020 tuh berapa bulan lagi. OKE 36 BULAN LAGI!
Berarti target nabung agan tiap bulan adalah : 120juta dibagi sisa bulan menuju target (36 bulan) = 3,333,333 rupiah/bulan. Kiranya segitulah agan harus nabung agar bisa cash nanti.
Banyak hal yang bisa dilakuin untuk dapetin mobil murah, ya balik lagi ke point 1, sesuaikan keinginan mobil agan dengan budget yang agan punya. Ane saranin kalo bis ajangan sampe ngutang-ngutang deh kalo mau beli mobil.
Pernikahan juga demikian, usahakan jangan menjadi orang yang punya banyak utang, karena, dari banyak cerita yang ane tau, masalah uang itu masalah sensitif banget di pernikahan, apalagi kalo sampe ada utang. Hadeeeh.

6. Hal-Hal Tak Terduga

Banyak hal-hal tak terduga yang terjadi setelah kita beli mobil. Misalnya : tabrakan. Udah 2 kali mobil ane tabrakan dalam 1 tahun kemarin. Bukan lecet lagi, rontoook pintu samping. Ini ceroboh banget sih. Ane ngerasain dari awal gimana waktu itu ane bayar tabrakan yang pertama, habis 3,5juta sendiri untuk 1 kejadian! Pas yang kedua, ane udah nyari-nyari cara biar bikin jadi lebih mudah untuk kedepannya, browsing-browsing, ane nemu asuransi a*toc*llin khusus buat mobil ane. Sebelum deal buat daftar, ane coba-coba ngecek preminya, di sini cuma masukin tipe mobil tahun, dll bisa ngecek online gitu perkiraan preminya berapa per bulan. Buat ane sih itu worth the price banget, daripada ane mesti keluarin biaya-biaya tak terduga yang langsung bikin finansial bulan itu gak stabil kalo sampe lebih dari budget maintenance.
Yah, di pernikahan kita juga harus siapin hal-hal tak terduga lainnya, baik itu masalah keuangan, masalah kesehatan, dll. Yang penting, gimana caranya kita dan pasangan tetep bersama menghadapi badai di depan sana. Setuju? Ane sih yes!


Ini semua adalah pengalaman pribadi dari jerih payah menabung beli mobil dan menabung untuk menikah. Jangan dikeluhin, tapi dijalanin. Rezeki gak akan kemana kalau kita mau berusaha. Tapi kita harus pinter-pinter nentuin prioritas. Setuju? Yuk dicoba, Gan!

PS : Semoga mobil dan pernikahannya sama-sama memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita.

0
74.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan