kurt.cob41nAvatar border
TS
kurt.cob41n
SBY Gundah akan Kondisi Saat ini, PDIP: Negara Baik-baik Saja
Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono gusar akan kondisi negara saat ini, terutama karena maraknya berita hoax. PDIP menyebut keadaan negara baik-baik saja.

"Negara baik-baik saja. Saya mengatakan negara baik-baik saja bukan tanpa argumentasi," ungkap Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait saat berbincang dengan detikcom, Jumat (20/1/2017) malam.

Ada beberapa landasan yang membuat Maruarar menyatakan kondisi Indonesia baik-baik saja. Pertama, kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sangat tinggi. Itu, menurutnya, terbukti dari hasil-hasil survei yang ada.

"Rakyat percaya pemerintahan sekarang berjalan di jalan yang benar. TNI/Polri solid dan tugas mendukung penegakan hukum. Tiga lembaga yang dipercaya publik adalah Presiden, KPK, dan TNI," jelas pria yang akrab disapa Ara ini.

Dia juga mengingatkan pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang tegas setia mendukung pemerintahan Jokowi serta akan mengatasi pihak-pihak yang mengganggu jalannya pemerintahan, termasuk ormas-ormas anti-Pancasila. Ara mengatakan pula, sejak Kapolri dijabat Jenderal Tito Karnavian, kepuasan masyarakat semakin meningkat.

"Setelah Pak Tito menjabat juga sangat dipercaya publik. Saya berbicara dengan ukuran jelas. Kepercayaan publik ke Polri meningkat, Presiden Jokowi memilih orang yang tepat," sebutnya.

Tak hanya itu, negara, menurut Ara, juga menjamin kebebasan berekspresi bagi rakyatnya. Demokrasi dikatakannya sudah sangat terjamin di era Presiden Jokowi.

"Demokrasi juga terbuka, demo di depan Istana boleh saja asal tidak anarkis. Tapi negara demokrasi juga berarti negara yang berlandaskan hukum. Negara ini sangat stabil, tapi stabilitas itu bukan berdasarkan tekanan," urai Ara.

"Tapi hukum di depan. Tidak semua happy, Pak Jokowi bisa melakukan konsolidasi pemerintahan. Terbukti TNI dan Polri solid. Coba kalau TNI dan Polri tidak kompak. Sekarang mereka bekerja sama menegakkan hukum," imbuh anggota DPR itu.

Mengenai kegundahan SBY soal banyaknya hoax, Ara mengatakan pemerintah sekarang juga tak main-main dalam penegakan hukum. Siapa pun yang melanggar hukum dipastikan akan mendapat ganjaran.

"Kalau ada terbukti hoax diproses hukum, diproses. Tapi jangan jadikan hukum sebagai instrumen politik. Pak Jokowi tidak melakukan itu," kata Ara.

Sebelumnya, SBY menyampaikan kegundahannya akan kondisi negara saat ini. Lewat Twitter, SBY mengaku heran atas maraknya berita hoax.

"Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah dan penyebar 'hoax' berkuasa dan merajalela. Kapan rakyat dan yang lemah menang? *SBY*," cuit SBY lewat akun Twitter @SBYudhoyono, Jumat (20/1).

https://news.detik.com/berita/3401913/sby-gundah-akan-kondisi-saat-ini-pdip-negara-baik-baik-saja
0
5.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan