zam2017Avatar border
TS
zam2017
Haruskah Menggunakan Cloudflare ?
Apa Itu Cloudflare?

Sejak adanya layanan gratis dari cloudflare, saat ini cloudflare sudah banyak digunakan oleh ribuan situs, baik itu situs dalam negeri maupun luar negeri.
Cloudflare adalah sebuah layanan yang dapat mempercepat loading dan sebagai security bagi website Anda dengan cara bertindak sebagai proxy, antara pengunjung dan server cloudflare yang tersebar dibeberapa negara. Dengan CloudFlare, Anda dapat melindungi situs Anda terhadap pengunjung berbahaya, menghemat bandwidth dan mengurangi rata-rata load halaman.

Keuntungan menggunakan Cloudflare

1. Membuat para pengunjung dapat lebih cepat terkoneksi ke website anda

CloudFlare jaringan Anycast global yang mengarahkan rute pelanggan ke data center cloudflare terdekat, sehingga memuat website Anda dua kali lebih cepat

2. Melindungi website dari pengunjung berbahaya.

CloudFlare menerima dan menganalisa mereka untuk menentukan apakah pengunjung tersebut dianggap sebagai ancaman, yaitu spam, sehingga cloudfare dapat memblokir pengunjung melaui IP yang mereka gunakan secara otomatis.

3. Memberikan tempat ruangan Cache untuk website anda.

Dimana dapat menghemat kapasitas hosting anda, dan tentunya mepercepat loading website, karena website disimpan sementara di cache cloudflare yang tersebar diseluruh dunia dan dapat mengurangi beban server.

4. Mengoptimalkan konten web Anda
Dengan Teknologi Loader Rocket CloudFlare, membantu website Anda untuk lebih efisien memproses permintaan untuk script pihak ketiga seperti aplikasi, widget dan tag, sehingga website berjalan lebih cepat.


Apakah Cloudflare sekarang Gratis?

Cloudflare sekarang ada yang gratis, dan tentunya ada pula yang premium dimana masing – masing memiliki kinerja yang berbeda. Tetapi menggunakan layanan gratis pun cloudflare masih dikatakan memiliki layanan dan keamanan yang bisa dikatakan bagus.

Cara install cloudflare sudah banyak tersedia dibeberapa artikel, anda bisa googling, dimana langkah - demi langkah dapat anda praktikan nantinya.



Mengapa setelah Instal Cloudflare website saya kok malah lebih lambat?

Ini dari pengangalaman saya pribadi, sebagai penyedia jasa pembuatan website, dimana semua website client, saya arahkan ke server cloudflare tersebut. Ternyata tidak mempercepat kineranya, bahkan waktu buka website tersebut tambah lama.
Iya, tidak semua cloudflare dapat mempercepat kinerja website. Kecuali anda berada diluar negeri, Loh, kok bisa begitu? Ini dikarenakan cloudflare tidak memiliki cabang server di Indonesia untuk dapat mendristibusikan konten anda ke server terdekatnya. Sementara pengguna di Indonesia diarahkan ke server terdekat yaitu di Singapura. Sehingga website anda akan terkoneksi ke server singapura dahulu baru akan diteruskan ke server aslinya. Tentunya ini sangat mepengaruhi kinerja website anda.

sehingga website tersebut bukannya akan lebih cepat tetapi bisa – bisa putus hubungan alias server down.

Itulah sebabnya memasang Cloudflare diwilayah Indonesia sangat tidak direkomendasikan.
1
3.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan