mtx98Avatar border
TS
mtx98
Kapolri ingatkan Rizieq tak bawa massa saat diperiksa soal palu arit
Merdeka.com - Polda Metro Jaya segera memanggil Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab terkait ucapannya yang menyebut adanya logo palu arit dalam uang Rupiah baru. Rencananya, Rizieq akan diperiksa Senin (23/1). Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyarankan, pentolan FPI itu tidak mengerahkan pengikutnya saat pemeriksaan di Polda Metro. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Dan sebetulnya saya berharap kalau ada pemanggilan, tolonglah jangan ada mobilisasi massa. Karena kalau ada mobilisasi massa akan terbentuk psikologi massa. Psikologi massa berbeda dengan psikologi individu. Kalau psikologi individu bersifat rasional dan logis. Tapi kalau psikologi massa itu kadang-kadang irasional. Kita susah mengendalikan massa," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/1).

Tito mengingatkan, pemanggilan hanya perlu didampingi kuasa hukum. Dalam pemeriksaan disarankan untuk mengatakan yang sebenar-benarnya. Lagipula pemanggilan ini masih tahap awal pengungkapan kasus, masih ada proses-proses yang mesti dijalani. Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan, penyelidikan bisa saja dihentikan dan tidak dinaikkan statusnya jika tidak memenuhi fakta.

Terperiksa tidak perlu khawatir sehingga mengerahkan massa yang justru menggambarkan mereka ingin memberi tekanan pada penyidik polisi.

"Jangan menggunakan dan tidak perlu kalau dipanggil ada pengerahan massa. Karena pengerahan massa dapat diartikan seolah akan menekan. Akan melakukan penekanan terhadap penyidik tidak objektif. Dan harus mendikte penyidik dan lain-lain. Kita minta penyidik independen," imbuhnya.

Kapolri menambahkan, pengerahan massa justru akan memancing situasi menjadi tidak kondusif. "Apalagi ini isunya pancasila sensitif karena ideologi negara. Pasti ada pro dan kontra. Oleh karen itu untuk menghindari itu jangan dipancing pengerahan massa. Bisa timbul pengerahan massa yang lain," katanya.

https://www.merdeka.com/peristiwa/ka...palu-arit.html
0
4.3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan