bareksa.comAvatar border
TS
MOD
bareksa.com
Agan Mau Beli Reksa Dana? Pahami Risk & Return Dari Jenis-Jenis Reksa Dana Ini Dulu


Bareksa.com- Bang Joni lagi kebingungan mau beli reksa dana. Bang joni mau coba katanya kalau investasi di reksa dana bisa untung. Tetapi bang Joni sadar kalau untung yang besar pasti punya risiko yang besar juga. Akhirnya bang Joni mencari tahu di Bareksa soal investasi reksa dana dan ternyata ada produk investasi yang menghasilkan return tinggi, tapi ada juga yang returnya rendah.

Biasanya, apabila seseorang akan memulai investasi, hal pertama dilihat adalah angka perkiraan return yang didapat dari investasinya tersebut. Jadi semakin besar perkiraan return yang diperoleh, maka investasi itu akan semakin menarik.

Tapi, setelah membaca Bang Joni jadi tahu jika setiap investasi pasti memiliki risiko. Bang Joni bilangnya "high risk high return". Artinya tingginya return yang dihasilkan oleh suatu instrumen investasi, sebanding dengan risikonya.

Tapi sebelumnya, ada alasan khusus kenapa bang Joni memilih investasi di Reksadana. Alasannya reksa dana merupakan alternatif investasi yang murah. di Bareksa, investasi bisa dibeli cuma dengan Rp100 ribu dan gak dikenakan biaya transaksi. Duit segitu sih biasanya buat dipake bang Joni buat ngopi-ngopi cantik emoticon-Big Grin

Balik lagi ke risiko reksa dana. Risiko di reksa dana tergantung jenisnya. Walaupun ada banyak jenis reksa dana, kita bahas jenis yang umumnya dibeli saja ya. Ada empat jenis reksa dana yakni reksa dana saham, pendapatan tetap, campuran, dan pasar uang. Keempat reksa dana tersebut memiliki tingkatan risiko dan return berbeda-beda. Supaya ga bingung, bang joni mau jelasin soal jenis-jenis reksa dana.


Quote:



Quote:


Quote:



Quote:


So, setelah memahami tingkat risk dan risiko dari jenis-jenis reksa dana tersebut, jenis reksa dana mana yang harus kita pilih?
Selain dengan melihat tujuan investasi, entah itu untuk jangka waktu panjang atau pendek, tentunya juga harus disesuaikan dengan profil risiko kita sendiri gan, sampai sejauh mana batas toleransi agan dalam menerima risiko, baru kemudian pilih jenis reksa dana yang agan mau. Agan tipe risk taker? atau tipe yang alon alon asal kelakon? semua tergantung pilihan agan emoticon-Shakehand2




Quote:


Diubah oleh bareksa.com 29-03-2016 07:56
0
19.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan