Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

robisky08Avatar border
TS
robisky08
Cabai Rawit Merah Rp 90.000/Kg, Mendag: Tanam Sendiri di Rumah
Rabu 04 Jan 2017, 21:28 WIB
Jakarta - Harga cabai rawit merah di Jakarta melonjak hingga lebih dari Rp 90.000/kilogram (kg). Bahkan, seperti dikutip dari situs infopangan.jakarta.go.id, rata-rata harga cabai rawit merah di Jakarta Rp 98.953/kg.

Menurut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, harga cabai rawit melonjak karena curah hujan yang tinggi. Meski harga cabai di Jakarta tinggi, Enggar mengatakan, di beberapa daerah masih terkendali.

"Kalau cabai itu (Rp 100.000) cuma di satu tempat, coba di Manado sama Gorontalo, cabai rawit cuma Rp 28.000/kg, cabai merah Rp 33.500/kg, pasar Manado, di Gorontalo juga segitu. Kenapa itu terjadi, curah hujannya kecil. Kalau hujan petani tidak mau potong langsung busuk," kata Enggar di kantornya, Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Oleh karena itu, Enggar mengimbau, supaya masyarakat dapat menanam cabai sendiri di pekarangan rumahnya, dan beralih untuk mengonsumsi cabai kering.

"Tanam sendiri cabai, kita ada solusi yang tidak ilmiah. Satu kalau mau cabai kering. Di negara yang 4 musim sudah mulai dengan cabai kering, tetapi kita terbiasa makan tahu dengan cabai. Kalau pakai cabai kering kan nggak enak rasanya ini hanya kebiasaan," kata dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan, saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan BUMN PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk dapat menekan harga cabai.

"Saya bilang itu PPI untuk berkomunikasi dimana sentral produksi yang ada, karena masalahnya itu sekarang contoh di Sumatera. Ceritanya itu jalannya rusak, gimana memasok ke sana, sampai-sampai di Sumatera Barat untuk cabai merah pakai pesawat, karena tadi jalannya rusak karena itu cuaca," jelasnya.

"Stok ada, cuma distribusinya terhambat, itu salah satunya karena cuaca, kondisi jalan nggak bagus dan sebagainya. Antrean terlalu banyak maka kemarin Pak menteri langsung mengambil langkah, karena ada pembatasan kendaraan dan untuk segera menyiapkan dari sebulan sebelumnya," tutupnya.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menambahkan, pemerintah belum ada rencana untuk memasok cabai impor untuk menekan harga cabai lokal. Namun, Darmin segera membahas masalah ini dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

"Kalau cabai enggak mudah melakukan itu. Orang Indonesia juga enggak suka dengan cabai dari Thailand, tapi apapun saya akan segera koordinasi dengan Mentan," ujar Darmin. (hns/hns)

https://m.detik.com/finance/berita-e...ndiri-di-rumah

emoticon-Leh Uga
jangan mengeluh, tanam sendiri aja

Quote:

Diubah oleh robisky08 05-01-2017 04:21
0
11.7K
207
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan