andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Ramon Navarro, Orang yang Pertama Kali Berselancar di Kutub Selatan

mpora.com


Baru Satu Orang yang Surfing di Kutub Selatan, dan Ia Adalah Seorang Anak Nelayan


Menjelajahi Kutub Selatan saja rasanya sulit terbayangkan. Apalagi main surfing di sana, nyatanya baru satu orang saja yang dapat melakukannya.

Salah satu tempat terpencil dan sulit didatangi di dunia adalah Kutub Selatan. Suhunya yang dingin, serba es dan tidak adanya fasilitas membuat kita bakal kesulitan datang ke sana. Bisa sih dengan operator-operator tur di bawah naungan International Association of Antarctica Tour Operators (IAATO), tapi harganya sangat mahal.

Situs CNN Travel pernah mengulas soal tempat-tempat surfing yang paling sulit didatangi di dunia. Kutub Selatan pun masuk dalam daftarnya!

Satu-satunya peselancar yang pernah surfing di Kutub Selatan adalah Ramon Navarro. Seorang peselancar kelas dunia asal Chile yang sudah menaklukan ombak-ombak gahar di dunia. Di tahun 2013 bersama Red Bull, dia pun mencatatkan sejarah di Kutub Selatan.


Ramon Navarro - redbull.com

Bersama tim Red Bull, Ramon Navarro terbang ke South Shetland Islands. Kepulauan paling utara di Kutub Selatan, yang berjarak 960 km dari Tierra del Fuego di bagian paling selatan (masuk dalam negara Argentina dan Chile) Amerika Latin.

Navarro pun memakai perlengkapan khusus, semacam pakaian anti dingin. Dia harus mencari waktu-waktu terbaik saat ombak sedang tinggi untuk beselancar. Selain itu, persiapan fisiknya tidaklah main-main.


Ramon Navarro dalam persiapannya untuk surfing - redbull.com

Tantangan utama surfing di Kutub Selatan apalagi kalau bukan suhu yang dingin. Jika tidak memakai perlengkapan khususnya, tim dokter meyakini Navarro akan tewas hanya dalam waktu 2 menitjika terjatuh di air!


Navarro dengan pakaian khususnya saat surfing di Kutub Selatan - redbull.com

Singkat cerita, Navarro berhasil surfing di Kutub Selatan dan menjadi orang pertama serta hingga kini masih yang satu-satunya surfingdi sana.

Ya tentu saja, apa yang dilakukan Navarro mungkin membuat peselancar lainnya iri. Namun Navarro harus bersyukur, karena dengan pengalaman dan jam terbangnya di dunia surfing membuat Red Bull meliriknya untuk surfing di Kutub Selatan.

Bagi yang surfing di Kutub Selatan, CNN Travel menulis, kita harus jago surfing dan membuat perusahaan-perusahaan semacam Red Bull mau menggelontorkan uang ribuan USD untuk mewujudkan mimpi kita itu.


Navarro berhasil menaklukan ombak ganas dan dingin di Kutub Selatan - redbull.com


"Saya telah berhadapan secara langsung dengan lautan selama hidup saya; ayah saya seorang nelayan tradisional dan saya juga menghabiskan masa kecil saya bersama ombak-ombak di Punta de Lobos, Chili. Semua itu telah menjadikan saya seorang pria laut."- Ramon Navarro


Baca juga:
Diubah oleh andrianusho 02-01-2017 06:09
0
33.3K
221
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan