Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Eli Aliyah, petaka Titanic kapal Zahro Express

Petugas gabungan mengevakuasi korban yang terbakar di dalam kapal motor Zahro Express di dermaga Muara Angke, Jakarta, Minggu (1/1/2016). Kapal tersebut mengalami kebakaran saat berada di laut pada jarak 1 mil sebelah Barat Muara Angke.
Tragedi terbakarnya kapal motor Zahro Express menyisakan cerita tragis dari penumpang selamat dan keluarga korban.

Kisah paling mengharukan datang dari Hermawati, keluarga dari korban bernama Eli Aliyah, 42 tahun. Media Tribunnews menyebut kisah Eli mirip film Titanic, karena Eli mengorbankan diri seperti Jack Dawson untuk Rose DeWitt Bukater--sang kekasih.

Bedanya, Eli mengorbankan dirinya untuk Elsa Maritza, buah hatinya yang berusia 10.

Liburan tahun baru 2017 memang berubah jadi bencana bagi Eli dan dua ratusan penumpang lain. Mereka naik Zahro dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, yang kemudian terbakar di tengah laut, Minggu pagi (1/1/2017).

Ketika kapal terbakar itu Eli sebenarnya sudah memegang satu pelampung. Tapi karena berpikir pelampung tidak kuat mengapungkan dua orang, Eli kemudian menyerahkannya ke Elsa.

Hermawati bercerita, Elsa saat itu diminta Eli lompat lebih dulu ke laut--sebelum dirinya. Keduanya, kata Hermawati, sempat berpegangan tangan. Tapi, Elsa terus menjerit dan menangis di tengah laut. "Sementara Eli lama-lama terlihat lemas dan akhirnya tenggelam," kata Mila Hanifah, Kakak Eli, yang menceritakan kronologinya ke Hermawati.

Eli tercatat pergi dengan kakak dan adiknya yang juga membawa anak, yaitu bersama Mila dan juga adiknya bernama Megantri. "Eli perginya dadakan tadi pagi (1/1/2017)," kata Hermawati kepada TribunnewsBogor.com. "Sementara suaminya enggak ikut karena ada acara," ia menambahkan.

Eli, yang merupakan warga Karadenan, Cibinong, Bogor, terpisah dengan keluarganya ketika lompat ke laut. Dari tujuh anggota keluarganya yang ikut di atas kapal, hanya Eli yang jadi korban. Sementara sang putri, Elsa, diketahui selamat.

Elsa kini sudah berada di kediamannya, di Perumahan Puri Nirwana, Bogor. Ia datang diantar saudaranya sekitar pukul 21.00 WIB, Minggu malam (1/1/2017). Kondisinya masih trauma dan jika ditanya hanya menganggukkan kepala saja.

Siswi kelas 4 sekolah dasar itu masih belum mau bercerita apa-apa. "Nanti ya jangan diganggu dulu, biar istirahat dulu Elsanya," ujar Hermawati kepada awak media.

Salah satu korban selamat Muhabar menceritakan suasana 15 menit setelah Zahro Express terbakar. Ia mengatakan semua penumpang panik, sehingga yang selamat pun jadi trauma. "Bayangkan, yang di dalam kapal itu tidak bisa keluar. Sementara di depan juga tidak bisa turun," ujarnya.

Menurutnya sebagian penumpang memang berhasil lompat ke laut, tapi ada juga yang tetap berada di kapal--karena mungkin takut. "Saya lompat pakai pelampung. Lebih banyak orang yang enggak pakai," kata warga Kebon Jeruk Jakarta Barat ini kepada Detikcom.

Yang jadi sorotan media, saat Zahro Express terbakar, kapten kapalnya justru juga ikut menyelamatkan diri, bahkan paling pertama. Hal itu dikonfirmasi pihak pemadam kebakaran Jakarta. "Kapten kapal nyebur (ke laut) duluan, loncat," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Satriadi Gunawan.

Loncatnya sang kapten bisa jadi karena dia berada paling dekat dari lokasi sumber kebakaran. Diduga, awal mula kebakaran dari area sekitar aki, tepatnya di sebelah bawah bagian depan kapal.

Untuk sementara, Kementerian Perhubungan menduga penyebab terjadi kebakaran adalah akibat korsleting listrik. "Dugaan sementara akibat korsleting di ruang mesin," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono melalui keterangan tertulis, Minggu (1/1/2017).

Jenazah Eli Aliyah kini sudah diambil sang suami, Aris Hartanto (51) di Rumah Sakit Polri Kramatjati. Aris mengaku ingin secepatnya mengebumikan jasad Eli di pemakaman Pondok Rajab, Cibinong. "Saya langsung ambil. Menurut Islam batasnya jangan sampai lewat satu hari," ujar Aris.

Tragedi terbakarnya Zahro Express ini telah memakan 23 korban jiwa.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-zahro-express

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kapal Zahro Express tidak kelebihan penumpang

- Pengakuan pelaku perampokan di Pulomas

- Cara Jokowi melewati momen pergantian tahun

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
8.8K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan