shellysimAvatar border
TS
shellysim
Cara Komplain Di Tokopedia
Hai gan, belakangan ini saya lagi hobi belanja di tokopedia, So far barang selalu nyampe dengan selamat. Namun kali ini saya mendapatkan kendala kerusakan barang yang entah dari pihak ekspedisi atau memang dari sana yang cacat. Pastinya kita sebagai pembeli sedih dong sudah beli malah dapet barang rusak. Lantas gimana caranya supaya kita dapet barang pengganti di tokped ?

Simple banget gan, Setelah penjual memasukan no. resi dan kita lacak terus barang sudah ditangan otomatis agan akan diarahkan pada konfirmasi barang sudah sampai. Bila barang anda bermasalah, dan memang kesalahan dari seller (bukan karna ga suka barangnya trus minta dibalikin) setelah tekan tombol konfirmasi muncul dua pilihan review atau complain...

Saya sarankan buat yang barangnya cacat jangan ragu tekan complain. Nanti muncul form yang harus diisi seperti pesan kepada sellernya, lampiran foto dari barang yang anda bilang cacat/rusak, dan solusi yang anda inginkan tukar barang, kembalikan uang full atau yang lainnya.

Apa sih keuntungan anda complain ?
Agan" perlu tahu klo agan klik tombol complain tersebut, uang tidak akan masuk ke seller sampai permasalahan antara agan dan seller selesai. Jadi, seller akan rugi sendiri bila tidak menanggapi complain anda. Nah yang perlu agan" perhatikan pada saat complain adalah :

1. Bila seller menanggapi complain anda (sebelumnya bisa kasih tau dulu bahwa anda telah melakukan complain lewat message atau diskusi produk) maka di bagian pusat resolusi akan ada notif dimana seller menerima permintaan komplain anda dan bila retur akan muncul tombol dan isiian bagi anda untuk memasukan nomor resi untuk pengembalian produk, dan setelah si seller terima, sellerpun akan memasukan noresi pada isian tersebut. Bila barang retur telah sampai di anda, maka akan muncul tombol komplain selesai. BIla memang barang retur sudah sesuai dengan yang anda inginkan anda bisa klik tombol tersebut.

2. Jangan sekali-kali mengcancel komplain anda atas suruhan seller. Cukup lakukan prosedur nomor 1 sampai selesai karena bila anda mengcancel komplain anda, yaa uangnya akan lgsg masuk ke seller dan tidak bisa menjamin seller memenuhi janji yang disepakati untuk retur, jadi alangkah baiknya mengikuti prosedur yang ada sampai selesai biar lebih aman.

3. Bila tidak ada tanggapan dari seller ? setelah 3 hari akan muncul tombol bantuan tokopedia pada bagian pusat resolusi. klik tombol tersebut untuk mendapat bantuan dari tokopedia. Tokped akan memberikan bantuan dengan cara menghubungi pihak seller dan apabila seller tidak bisa diajak kerjasama, tokped akan mengambil keputusan pengembalian uang kepada pembeli dengan pertimbangan dari foto dan keluhan yang memang sepatutnya dikembalikan.

4. Sebelum membeli lihat dulu kebijakan penjual tersebut. Kebijakan tersebut bisa anda liat di bagian ketentuan toko masing2. Bila terdapat ketentuan barang yang telah dibeli tidak bisa retur, anda tidak bisa melakukan complain, jadi jangan terburu-buru klik tombol beli atau tergiur dengan rating dari penjualan produk toko tersebut.

well saya melakukan langkah nomor satu dan berhasil, barang saya dapat diretur dengan yang baru dan pada saat itu saya membeli barang elektronik yang tidak menggunakan asuransi. Akhirnya pada bagian pusat resolusi dimana saya bisa berdiskusi dengan penjual, saya jelaskan bahwa untuk pengiriman elektronik dilapisi bubble warp yang banyak terutama dibagian gagang, dan seller memenuhi instruksi yang saya minta. Alhasil barang sampai dengan selamat dehhh dan baik seller dan buyer sama2 tidak merasa dirugikan kan ? hehe sekiann semoga bermanfaat
Diubah oleh shellysim 16-10-2015 06:24
0
75.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan