reybridgeAvatar border
TS
reybridge
Curhatan seorang developer aplikasi android one-man show
;;;;;;Bekerja Sendiri;;;;;;

Pertama-tama ane mau mengingatkan kalau thread ini akan penuh dengan tulisan dan mungkin tidak ada gambar 1,2,3.. dsb. Ane mau share pengalaman ane dalam membuat aplikasi dari nol sampai sekarang. Ane membuat aplikasi ini sendirian. Gimana rasanya? Sepi. Sangat sepi, seolah-olah aplikasi yang ane buat ini cuma buat ane pakai sendiri. Untungnya memang itu tujuan pertama ane membuat aplikasi. Semua ane lakukan dari ane, oleh ane, untuk ane (kayak demokrasi aja, hehe). Tapi masalah sepi itu benar adanya. Ketika ane butuh seseorang untuk mereview desain logo yang ane buat, nggak ada yang bilang logo itu bagus atau jelek. Ketika ane butuh seseorang untuk mereview kode program ane, nggak ada yang bilang kode program ane kurang efisien. Saat ane butuh seseorang untuk memberikan saran tentang fitur aplikasi, ane cuma bisa tanya ke diri ane, "kalau ane jadi pelanggan, apa yang ane mau dari aplikasi ini?". Tidak ada satu orang pun yang peduli dengan apa yang ane lakukan. Hanya user-user aplikasi ane yang bisa ane ajak ngobrol. Karena itulah ane sangat sangat menghargai mereka. Karena hanya mereka yang bisa secara fisik dan mental memberikan feedback membangun (beberapa tidak membangun sih, hmm..). Hanya mereka lah yang bersedia menyempatkan waktunya hanya untuk menulis hal-hal semacam "crash, uninstall" (ini contoh tidak membangun) setelah berpuluh-puluh jam ane membangun aplikasi ini emoticon-No Hope . Tidak apa-apa, bagi ane semua masukan itu bernilai satu suara seseorang yang kalau ane hire konsultan mungkin biayanya bisa sampai beberapa juta rupiah. Sayangnya, user-user kritis baru bermunculan setelah 7 bulan publish aplikasi. Terus, selama 7 bulan pertama ane ngapain aja? Berpkir gan. Ane terus berpikir, nggak terus-terusan 24jam per hari sih, bagaimana caranya ane mendapatkan pelanggan tanpa mengeluarkan banyak uang, karena memang ane punya keterbatasan finansial pada waktu itu. Karena nggak ada jawaban yang bagus untuk ini, ane bosan memikirkan ini dan mulai ada perasaan putus asa dengan apa yang ane kerjakan selama ini. Cita-cita ane pada saat itu cuma ingin jadi customer service melayani pelanggan. Sayangnya yang mau dilayani nggak dateng-dateng emoticon-Frown .

;;;;;;Titik Balik;;;;;;

Tidak ada pelanggan dan ane pun mulai bosan dengan omong kosong situs-situs marketing aplikasi yang mengatakan ane bisa dapat user dengan 1 dollar per install. Gila aja gan, 1 dollar = 13 ribu per install artinya 1000 dollar atau 13 juta rupiah untuk mendapatkan 1000 user yang bisa aja mereka uninstall aplikasinya. Ane gak mau ambil resiko tak terkalkulasi, ane pun istirahat untuk aplikasi ane. Ane beralih ke hobi ane yang lain, yaitu menulis. Ane menulis thread di kaskus (yup, di sini) yang berjudul "Harta VS Ilmu", mungkin ada yang ingat. Nggak disangka thread itu jadi hot thread. Otak ane pun melaksanakan tugasnya dengan baik, tiba-tiba saja ane terpikir untuk memasang link aplikasi ane di sana. Dan benar saja, dalam waktu 1 hari app ane pun mendapat instalasi sekitar 400an. Cita-cita ane untuk menjadi customer service tercapai di sini, hehe. Semenjak itu semangat ane mulai muncul kembali. Ane mulai sering melakukan update update update. Tetapi perkembangan jumlah user tidak semulus yang ane bayangkan. Hype hanyalah hype yang terjadi sesaat, setelah itu semuanya kembali stagnan. Pada bulan Desember 2015, entah bagaimana (mungkin karena update-update yang ane lakukan), aplikasi ane masuk 10 besar aplikasi untuk kata kunci populer. Alhasil, jumlah user pun meningkat drastis, yaitu 2500an instalasi dalam waktu 1 hari. Semenjak hari itu peningkatan jumlah user per harinya menjadi lebih cepat. Hasil revenue ane gunakan untuk men-translate bahasa dalam aplikasi dan membuat video promosi sederhana sekedar untuk pajangan play store.

;;;;;;Menjual Portofolio Aplikasi;;;;;;

Pada bulan April 2016, aplikasi ane kembali pada posisi stagnan. Mungkin karena user awal-awal mulai uninstall app. Udah setahun, nggak mungkin semua user bertahan. Jadi ane memaklumi hal itu. Setidaknya jumlah install per harinya tetap sama. Pada saat itu ane juga sudah bekerja, ane tidak memiliki banyak waktu mengurusi aplikasi. Akhirnya ane pun berniat menjual portofolio aplikasi ane melalui situs jual beli portofolio aplikasi. Aplikasi ane berhasil mendapat penawaran tertinggi 3900USD. Tetapi ane menolak untuk menjual dengan harga segitu di saat-saat terakhir dengan alasan personal, yaitu nggak rela menjual hasil jerih payah selama setahun lebih. Pokoknya nggak deh (terus buat apa ane jual ya? hehe). Ya seenggaknya ane tahu harga portofolio bisnis ane. Ane juga agak males mengumpulkan materi-materi apa aja yang perlu diberikan ke pembeli nantinya, hehe #alasan.

;;;;;;Saat Ini;;;;;;

Saat ini aplikasi ane sudah memiliki jumlah total download lebih dari 50rb dan mulai mendekati check point berikutnya (100rb) di play store emoticon-Smilie . Yah, walaupun revenue app ane tidak seberapa per bulannya, tapi ane bangga bisa menghasilkan uang cukup lah buat nambah-nambah uang jajan sebulan.

Sekian cerita dari ane, ane juga gak suka baca artikel yang kelewat panjang. Kalau ada yang mau ditanyakan atau dibahas, silakan meninggalkan komen asal jangan komen "crash, uninstall" ya gan. Terima kasih atas pengertiannya.

Komen-Komen Kaskuser

Quote:


Quote:


Gak nyangka sampe pada ke playstore buat ngerate bintang 5 emoticon-Mewek Thanks kaskuser udah support app ane!!
Diubah oleh reybridge 27-12-2016 06:38
rajabebek
c4punk1950...
999999999
999999999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
11.7K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan